memilih genteng rumah

Salah Beli Genteng, Fatal! Berikut Tips Memilih Genteng Rumah

Tips memilih genteng rumah – Sahabat SBJ, salah satu bagian rumah yang perlu mendapat perhatian lebih adalah genteng rumah. Sebab selain mempengaruhi keindahan dari rumah itu sendiri, kesalahan dalam memilih genteng bisa membuat rumah jadi tidak nyaman.

“Genteng kok kayak hubungan sama doi aja, gak awet!!”

Sayangnya begini, masih ada banyak orang yang menyamaratakan semua genteng yang ada di pasaran. Sehingga terkadang kita jadi asal-asalan saja dalam memilih produk genteng. Semua genteng kan sama, tinggal kita sesuaikan budget saja.

Tips memilih genteng rumah

Pemikiran seperti inilah yang kadang membuat kita menyesal di kemudian hari. Sehingga tidak heran kalau kita terkadang mendengar ada banyak orang yang mengeluhkan rumahnya bocor atau juga rumahnya jadi terasa begitu panas ketika atau pengap ketika mesin pendingin ruangan dimatikan. Bahkan ada beberapa yang mengeluhkan konstruksi rumahnya tidak tahan menahan beban genteng yang mereka pakai. Salah satu sebabnya mungkin adalah fungsi genteng tidak sesuai dengan konstruksi rumah atau tak dapat bekerja maksimal menahan suhu panas.

Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat Anda salah dalam memilih genteng sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Asal Pilih Kontraktor

Asal pilih kontraktor - tips memilih genteng rumah

Sebagai orang awam, idealnya sih, kita perlu berkonsultasi dengan kontraktor atau tukang yang akan mengerjakan rumah kita. Sebab sangat penting untuk mengetahui apa dan bagaimana tipe genteng yang kita butuhkan.

Ingat jangan juga salah dalam memilih kontraktor atau tukang. Sebab banyak kontraktor atau tukang yang mengklaim mampu menangani pemasangan genteng material apapun, padahal sebenarnya mereka belum memiliki pengalaman. Jadi sebelum Anda menggunakan jasa kontraktor atau tukang, perlu terlebih dahulu pertanyakan berapa lama mereka berkecimpung di bidang pemasangan atap dan kalau bisa ada referensi tempat mereka bekerja dan  jangan lupa tanyakan apa yang bersangkutan dapat memberi garansi pemasangan genteng serta memiliki izin resmi. Apabila jawaban mereka tak memuaskan, mungkin sebaiknya Anda cari kontraktor atau tukang yang lain saja. Karena kesalahan dalam pemasangan genteng akan membuat Anda boros dalam biaya perawatan di masa depan.

Asal Murah

Asal murah - tips memilih genteng rumah

Soal harga genteng murah biasanya menjadi pilihan bagi seorang konsumen, padahal soal harga harusnya menjadi pilihan nomor dua dalam pemilihan genteng. Kualitas genteng haruslah nomor satu, agar nanti Anda jangan kecewa ketika salah dalam memilih genteng yang kurang pas bagi kebutuhan Anda. Apalagi saat ini sangat banyaknya tipe dan jenis genteng yang ada di pasaran, tapi tak semuanya pas dengan kebutuhan Anda.

Terkadang orang hanya mempertimbangkan biaya salah satu bagian tanpa memperhitungkan biaya total anggaran termasuk biaya pengerjaan pemasangan genteng dan material pendukung lainnya. Sehingga kemudian kalau dihitung-hitung, anggarannya jadi lebih mahal dan waktu pemasangannya jadi lebih lama. Sehingga harga material genteng yang murah, harus juga memperhatikan  kualitas si genteng dan cara serta waktu pemasangannya. Dan yang terpenting adalah apakah jenis genteng yang kita pilih dapat memenuhi unsur vitalnya yakni melindungi kita dari cuaca panas dan hujan.

Perhatikan Konstruksi

Perlu Anda ketahui sebelum membeli sebuah material adalah rangkaian bangunan secara keseluruhan. Ada kalanya orang memilih material tanpa memperhatikan rangkaian bangunan lainnya, seperti konstruksi dan instalasi yang ada di rumah yang dibangun. Sehingga kita sering menemui ada bangunan yang konstruksinya melengkung karena tak mampu menahan beban dari atap atau genteng yang mereka pakai.

Hal ini terjadi karena konstruksinya kurang kokoh tapi orang memaksakan diri memasang genteng-genteng beton yang memiliki beban berat. Dalam jangka waktu tertentu, tentu konstruksi rumah yang disiapkan akan bermasalah. Jadi jika salah dalam memilih genteng, ya masalah konstruksi tak sanggup menahan beban, kebocoran atau panasnya  tinggal menunggu waktu saja.

Jadi memang Anda lebih baik banyak berkonsultasi terlebih dahulu dengan para spesialis dan penjual genteng, sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis genteng bagi rumah Anda. Apalagi kalau kemudian Anda merasa tertipu oleh penjualnya.

Klik Daftar Harga Genteng Terbaru

Tapi Anda tak perlu bingung memilih genteng/atap yang cocok untuk rumah Anda, konsultasikan saja semua kebutuhan Anda pada SBJ untuk mendapat pilihan terbaik dengan harga terbaik. Karena kami pasti siap memberikan masukan genteng yang sesuai dengan mempertimbangan masalah  ekonomis dan kualitas terbaik bagi Anda. Sehingga genteng yang Anda pilih tetap awet dan tidak bocor.

Super Bangun Jaya menyediakan berbagai macam kebutuhan bangunan. Mulai dari bangunan dasar hingga finishing, lengkap. Anda dapat mengunjungi langsung bestseller.superbangunjaya.com atau terhubung dengan CS whatsapp kami. Pasti #jaminangacurang.

Follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya agar tidak ketinggalan informasi dan promo setiap minggunya. 

RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT