mengusir hama di rumah - bestseller.superbangunjaya.com

Mengusir Hama di Rumah saat Social Distancing

Mengusir hama di rumah – Merebaknya berita virus Covid-19 yang melanda Indonesia, secara langsung berdampak pada masyarakat untuk lebih protektif pada dirinya dan orang di sekitar.

Saat ini Social Distancing alias menjaga jarak dari keramaian menjadi satu cara mudah dan sangat berguna untuk mencegah virus Korona ini semakin berkembang. Beberapa kawasan wisata ditutup, dan siswa diliburkan dari sekolah. Tak terkecuali banyak karyawan dan PNS dimandatkan untuk bekerja dari rumah. 

Ini adalah tindakan preventif yang sangat bermanfaat. Terimakasih jika Anda juga ikut melakukan social distancing untuk sementara waktu.

Berdiam di dalam rumah sesekali rasanya memang menyenangkan. Anda dapat melakukan aktivitas yang selama ini tidak bisa Anda lakukan karena sibuk bekerja. Namun karena banyaknya aktivitas yang Anda lakukan di rumah, maka Anda juga wajib sadar untuk mempertahankan kebersihan selama masa isolasi ini berlangsung.

Ingat, ada hama yang harus Anda waspadai. Sudahkah Anda membersihkan rumah dengan cermat? 

Faktanya cara paling ampuh untuk mengendalikan hama adalah dengan mencegahnya masuk ke dalam rumah Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini ada berbagai cara untuk menjaga rumah agar terbebas dari hama selama masa social distancing.

Mengusir Hama di Rumah

Teratur Bersihkan Rumah

cara menjaga kebersihan rumah - bestseller.superbangunjaya.com

Hama selalu datang dan nyaman di tempat yang kotor dan tidak higienis. Misalnya rumah yang jarang disapu, jarang dipel, sehingga banyak debunya. Oleh karena itu, teratur membersihkan rumah adalah hal utama yang bisa dilakukan agar mencegah serangan hama berdatangan. 

Selalu lap furniture rumah dengan teliti dan sapu rumah setiap hari. Kadang debu halus sulit dilihat, karena itu gunakan cairan pembersih dan basahi lap agar debu lebih mudah terangkat. Sementara itu untuk menyapu karpet, keset, dan luar ruangan yang cukup banyak debunya Anda dapat menggunakan sapu berbahan bambu ketimbang sapu lidi.

Usahakan menyapu dua kali sehari pagi dan sore hari dan lanjutkan dengan pel lantai setelah menyapu untuk menjaga lantai lebih bersih dan kinclong dan membuat rumah sederhana rapi dan bersih

Perbaiki pipa yang yang bocor

pertanda kecoa di rumah banyak - bestseller.superbangunjaya.com

Salah satu bagian rumah yang paling sering dihinggapi hama adalah pipa. Hama seperti kecoa, tikus, bahkan ular seringkali bersarang di pipa. Jika pipa di rumah Anda bocor, bisa jadi serangan hama akan datang lebih banyak. Karena itu mulailah periksa pipa yang ada di rumah Anda dan segera perbaiki jika seandainya terjadi kebocoran.

Karena selain menangkal hama, memperbaiki pipa tentu akan menghentikan kebocoran aliran air di rumah Anda. Memang tidak mudah untuk mengatur saluran pipa, namun jika Anda ingin mempelajarinya Anda dapat membuka artikel Instalasi pipa saluran air kotor dalam rumah.

Jika kondisi kebocoran pipa berukuran kecil, maka Anda hanya perlu sedikit tambalan dengan ukuran pipa yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan pipa yang bocor. Ambil sedikit potongan dan bagilah dua membentuk huruf ā€œUā€. Kemudian gunakan potongan ini untuk menambal di atas bagian pipa yang bocor dengan lem PVC untuk merekatkannya.

Periksa apakah ada lubang dan retakan pada dinding

cara mengusir kecoa di rumah selamanya - bestseller.superbangunjaya.com

Tikus tak terkecuali semut, kutu busuk, dan anak-anak kecoa dapat dengan mudah bersarang di dalam lubang dinding Anda yang mulai retak. Karena itu cermati setiap bagian dinding rumah Anda dan tutuplah semua retakan pada dinding. Gunakan lapisan dinding yang kuat atau dempul untuk menutup semua sambungan, plester, dan lubang dinding lainnya. 

Caranya adalah dengan membersihkan dahulu permukaan dinding yang retak. Lalu lapisi dengan dempul dan tunggu hingga dempulnya mengering. Amplas bagian tersebut dan lakukan pengecatan.

Rutin membuang sampah

cara mengusir hama di rumah - bestseller.superbangunjaya.com

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, mengelola sampah haruslah dilakukan untuk membuat rumah jadi nyaman. Sebab sampah merupakan sarangnya hama serangga yang membawa sumber penyakit. Apa yang bisa dilakukan? Anda perlu menutup tempat sampah dan mengatur jadwal pembuangan sampah secara teratur. 

Simpan makanan di tempat yang aman dan tepat

mengusir hama di rumah - bestseller.superbangunjaya.com

Pastikan kulkas atau lemari yang khusus untuk menyimpan makanan memiliki performa yang baik ya! Sebab tempat ini harus terbebas dari hama. Di area sekitar nya pun seperti pantry dan dapur harus terjamin kebersihannya.

Caranya tentu dengan tidak meninggalkan bekas makanan apapun di lantai. Atau langsung membersihkan sisa makanan yang terjatuh di lantai. Pilihlah makanan yang harus masuk kulkas dan yang tidak perlu. Dan perhatikan berapa lama stok makanan disimpan di dalam kulkas. Karena pada dasarnya tidak baik menyimpan makanan di kulkas terlalu lama. 

Mencuci sprei dan tirai secara rutin

mengusir hama di rumah - bestseller.superbangunjaya.com

Sarung bantal, sprei, dan tirai adalah 3 hal yang jarang dicuci bagi sebagian orang. Padahal jika tidak secara rutin diganti dan dicuci, akan ada kutu kasur alias tungau yang semakin banyak. Tungau sangat suka tinggal di sprei dan sudut-sudut kasur.

Karena itu sangat perlu mencuci dan mengeringkan sprei di suhu maksimal 120 F dan menjemur kasur secara berkala. Tips selanjutnya adalah dengan menjemur sprei dalam posisi terbalik agar warna sprei tidak mudah kusam. 

Itulah 6 cara untuk mengusir hama di rumah. Jika rumah Anda sudah terlanjur ada hama dan rayap yang sangat mengganggu, maka Anda dapat melakukan usaha yang lebih ekstra. Misalnya dengan memasang tirai dan kelambu anti lalat dan nyamuk, menyemprotkan insektisida, menaruh kamper, kapur barus, dan maizena untuk mencegah kecoa dan semut. Pilihan lain jika Anda ingin membasmi hama adalah dengan menggunakan raket listrik dan lampu sinar ultraviolet dan ultrasonik. 

toko bahan bangunan online - bestseller.superbangunjaya.com

Di Super Bangun Jaya juga dilakukan tindakan preventif untuk mencegah resiko berkembangnya virus Covid-19. Seperti menyemprotkan desinfektan ke seluruh ruang dan menyediakan handsanitizer bagi pengunjung yang berbelanja di SBJ.

Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang tidak dapat pergi ke store SBJ, kami menyediakan layanan antar dan transaksi melalui Whatsapp. Yuk bikin rumah Anda bersih dari hama dan penuhi kebutuhan rumah Anda di SBJ.

Sebagai informasi tambahan, jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya gak ketinggalan info promo dan kejutan lainnya! Selamat bersih-bersih!

1 Comments

  1. Oke setuju dan baik sekali.

LEAVE A COMMENT