manfaat kapur barus - bestseller.superbangunjaya.com

Selain untuk Ruangan, Kapur Barus Punya 6 Manfaat Ini!

Manfaat Kapur Barus – Kapur barus atau yang dikenal dengan kamper adalah pengharum ruangan yang dipercaya dapat mengusir bau yang tidak sedap, mencegah rayap dan hama, bahkan ada yang mengklaim kapur barus dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di antara semua itu biasanya kapur barus digunakan untuk mengusir serangga seperti semut, ngengat, cicak, dan kecoa. 

Kapur barus yang biasa dijual di pasaran memiliki bentuk bola-bola dalam berbagai ukuran. Karena bentuknya yang bervariatif ini, kapur barus dapat ditempatkan di berbagai lokasi. Misalnya di kamar mandi, laci, hingga lemari pakaian. 

Kapur barus merupakan padatan lilin dengan bau yang kuat aromatic dan diklasifikasikan sebagai terpenoid. Kapur barus dihasilkan dari minyak terpentin dari pohon kayu salam. Uniknya di India minyak terpentin ini digunakan sebagai bahan memasak sebagai pembalseman untuk pengobatan. 

Namun karena zaman semakin modern, bahan kapur barus alami dari kayu salam (Cinnamomum Camphora) semakin sulit ditemukan, maka pembuatan kapur barus pun diproduksi secara sintetis. Minyak sintetis ini digunakan untuk aroma yang memiliki sifat menenangkan namun beracun jika tertelan dan dapat menyebabkan kejang, kebingungan mental, iritabilitas, dan neuromuskular hiperaktif. Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa kapur barus tidak berbahaya dan aman digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapat dari kapur barus? Apakah benar bisa digunakan untuk kesehatan? Yuk baca sampai habis!

Manfaat Kapur Barus

manfaat kapur barus - bestseller.superbangunjaya.com

Untuk Mengusir Tikus

Untuk mengatasi hewan-hewan tak diundang ke rumah dan mengganggu, kapur barus adalah pilihan pertama yang bisa dicoba. Kapur barus dapat menjadi pengusir tikus yang ampuh di rumah Anda. Sebab bau-bauan yang dihasilkan kapur barus tidak disukai oleh hewan pengerat satu ini. Jika tikus sudah sangat mengganggu di rumah, maka Anda dapat menaruh beberapa kapur barus di tempat yang sering didatangi tikus. Tikus tidak akan suka betah di rumah Anda lagi. 

Untuk Lemari dan Perabot Kayu

Seiring dengan pemakaian, kayu dapat rapuh karena dirayapi. Karena itu untuk membasmi rayap kayu, Anda dapat menggunakan kapur barus. Letakkan kapur barus di dalam lemari kayu terutama di sudut-sudut lemari yang lembab. Kapur barus dengan kandungan naftalena memberikan aroma yang tidak disukai rayap sehingga rayap pun akan menjauhinya. Perlu diingat bahwa penggunaan kapur barus tidak diperuntukkan pada lemari pakaian bayi! Sebab zat kimia dalam kapur barus dapat memicu pecahnya sel darah merah dan meningkatkan kadar bilirubin dalam darah bayi. 

Untuk Membasmi Kutu Kasur

Jika Anda sering merasa gatal ketika bangun tidur, segera waspadai kasur Anda sebab bisa jadi ada kutu di kasur Anda. Kutu kasur atau yang biasa disebut tungau ini sangat kecil dan bandel bahkan tidak dapat dibasmi hanya dengan racun serangga. Bahayanya, kutu kasur sangat mudah berkembang biak dan dapat menjadi sumber penyakit. Selain itu, kutu kasur pun dapat berpindah ke pakaian, perlengkapan tidur, hingga ke perabotan rumah Anda. Untuk mencegah kutu kasur, tentunya Anda harus rajin membersihkan kasur dan mengganti cover bed. Miliki pola hidup sehat dan jangan membawa makanan dan minuman ke atas kasur. Namun jika keadaan sudah parah, Anda dapat membasmi kutu kasur dengan minyak tanah dan kapur barus.

Caranya adalah dengan mencampurkan minyak tanah dengan kapur barus yang sudah ditumbuk halus. Aduk merata dan oleskan campuran ini di sela-sela kasur, ranjang, maupun sudut-sudut kasur yang bisa menjadi sarang kutu kasur. Campuran minyak tanah dan kapur barus dipercaya dapat mampu mematikan kutu kasur bahkan sampai pada telur-telurnya. 

Untuk Mengusir Lalat Buah

Salah satu penyebab gagal panen buah yang sering dialami petani adalah karena serangan dari lalat buah (bactrocera sp.) Memang lalat buah selalu menyerang sayuran dan buah-buahan. Petani pun mengupayakan dengan menyemprotkan insektisida, bioinsektisida. Namun penggunaan insektisida tidak selalu membawa dampak positif karena dapat merugikan organisme lain. Residu dari insektisida pun dapat berbahaya jika dikonsumsi manusia. Karena itulah diperlukan pengusir lalat buah yang lebih aman dan murah, yakni dengan kapur barus. Cara menggunakan kapur barus untuk mengusir lalat buah adalah dengan memasukkannya ke dalam kantong plastik, hancurkan sampai halus, lalu lubangi kecil-kecil plastik tersebut. 

Untuk Luka Bakar

Jika mengalami luka bakar kecil pada kulit, kapur barus dapat menjadi bahan penyembuh. Caranya adalah dengan mencampurkan kapur barus pada air. Diamkan sebentar dan kapur barus akan mengental menjadi seperti krim. Dengan mengoleskan krim ini ke bagian kulit yang terbakar, kulit akan lebih cepat mengering dan membentuk jaringan kulit yang baru.

Untuk Sepatu Bau

Tak jarang sepatu yang sudah dipakai seharian terpapar bau tidak sedap. Mencuci tentu akan butuh waktu yang cukup lama untuk mengeringkannya. Karena itu dibutuhkan cara agar sepatu dapat cepat kembali dalam kondisi yang baik. Kapur barus salah satu solusinya. Selain berkhasiat sebagai pewangi, kapur barus juga dapat membunuh mikroorganisme dalam sepatu. Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan kapur barus yang sudah ditumbuk ke dalam sepatu. Biarkan dalam waktu semalam sebelum dipakai kembali. Namun perlu diingat penggunaan kapur barus ini tidak boleh terlalu sering sebab sentuhan bahan kimia dengan kulit tidak akan baik dalam jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa fungsi kapur barus yang dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Untuk penggunaan secara aman, sebaiknya selalu hindarkan dari jangkauan anak-anak, khususnya balita yang mudah menelan benda apapun. Selain itu, jangan terlalu lama menghirup aroma kapur barus. Gunakanlah sewajarnya dan jauhkan dari hewan peliharaan Anda. Jika Anda membutuhkan solusi barang-barang untuk kebutuhan bangunan dan rumah, segera kunjungi Super Bangun Jaya atau konsultasikan dengan CS Whatsapp kami. Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT