Cara Menambal Atap Dak Beton Bocor

Atap dak beton bocor – Musim hujan datang. Biasanya musim ini ada di bulan-bulan akhir tahun hingga awal tahun, bisa dibilang dari bulan Oktober hingga Februari! Apakah sahabat SBJ sudah mempersiapkannya?

Coba ditilik lagi, apakah ada retakan di dak beton yang berpotensi jadi rembes dan bocor? Yang bikin kesel kadang ketika sudah naik dan menambal bagian-bagian yang retak, tapi pas hujan tetap aja bocor lagi. 

Penyebab Atap Dak Beton Bocor

Bisa jadi ada faktor-faktor tertentu nih yang menyebabkan dak beton bocor lagi. Misalnya cuaca ekstrim di sekitar rumah, daya dukung tanah mengalami penurunan, dan kurangnya perawatan. Namun yang utama, pasti karena masalah struktural. Yuk kita bahas! 

Masalah Struktural

Ketika ada retakan pada dak beton, hal pertama yang perlu dilihat adalah masalah struktur atap dak beton. Hal ini bisa dilihat dari penyerapan air dari si dak beton tersebut. Karena sudah pasti konstruksi beton atau plesteran akan sangat rawan mengalami keretakan karena absorpsi yang tinggi.

Kondisi dak beton sendiri yang tidak merata dan berpori-pori juga dapat menyebabkan air masuk dengan mudah. Keadaan ini bisa disebabkan karena adukan cor beton yang kurang sempurna ketika diaplikasikan. Setelah mengering, barulah gelembung-gelembung dari dak yang tidak merata tersebut berongga. Air pun tertahan dalam dak beton. 

Sebenarnya cara menambal atap dak beton bocor cukup mudah. Hal ini sangat bergantung pada teknis pengerjaannya dan bahan baku yang digunakan. Untuk teknis pengerjaannya tidak hanya menambal dari atas atap, namun juga dilakukan menambal dak beton dari bawah. Karena itu perlu kita pelajari bersama bagaimana cara memperbaiki beton bocor baik dari atas dan dari bawah. 

menambal dak beton dari atas

Cara Menambal Dak Beton dari Atas

Untuk memperbaiki dak beton yang bocor, pertama-tama mari kita perbaiki bagian atas terlebih dahulu. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa kondisi dan letak terjadinya kebocoran. Setelah diketahui lokasinya, lakukan pembersihan dengan sikat atau kape. 

Setelah diketahui lokasi kebocoran tersebut, kalian dapat membersihkannya terlebih dahulu dengan sikat atau kape. Jika terjadi keretakan kalian dapat menambalnya dengan adukan semen yang ditambah dengan cairan penguat semen dan campuran pelapis anti rembes. Pelapis anti rembes yang bisa Anda gunakan misalnya New Aquagard Anti Bocor yang memiliki Flexible Cementitious Technology, ketahanan terhadap genangan air, dan pastinya kuat dan tahan lama. 

Setelah itu pastikan juga semua bagian sudah tertutup oleh campuran semen dengan cairan anti rembes. Biarkan hingga benar-benar mengering kemudian lapisi tambalan tersebut dengan waterproof dan serat fiber yang kuat. Waterproof yang bisa digunakan bisa beragam, seperti mortar hingga base dengan warna-warna juga ada. 

Setelah benar-benar kering, Anda dapat melapisi tambalan tersebut dengan waterproofing dan juga serat fiber agar benar-benar kuat.

Serat fiber sangat berguna untuk untuk menambal/menutup retakan atau lubang rembesan pada dak beton. Apalagi jika retakan atau lubang bocor atau rembesannya cukup besar. Tiap lembarnya dibungkus dengan plastik untuk memudahkan penyimpanan.

Setelah lapisan pertama selesai, lapisi kembali bagian tersebut dengan waterproofing yang merata. Barulah jika sudah kering sempurna, lakukan pelapisan sekali lagi untuk hasil yang maksimal. Beri warna cat yang senada dengan bagian lainnya untuk membuat atap dak beton minimalis.

menambal dak beton dari bawah

Cara Mengatasi Dak Bocor Bagian Bawah

Setelah mengulas cara menambal bagian atas dak beton, selanjutnya mari kita ulas bagian bawahnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah bersihkan terlebih dahulu bagian plafon dari kumpulan debu-debu yang menempel dengan menggunakan alat sikat atau kape. Perhatikan apakah ada jamur yang menempel pada plafon. Jika ada, Anda bisa menyingkirkannya terlebih dahulu dengan menggunakan cairan fungisida. 

Setelah semua dibersihkan, oleskan alkali sealer atau cat dasar permukaan tembok baru dan juga plesteran. Diamkan hingga kering atau sekitar 1-2 jam. Barulah setelah mengering lakukan kembali pelapisan cat pada plafon terutama pada bagian yang bocor. Lakukan hingga 2 kali pelapisan supaya maksimal. 

Saran kami gunakan cat dasar dengan brand dan kualitas terbaik seperti Avitex, Propan, Lenkote, Danapaint, atau Bitaprim agar terjamin hasilnya. 

Itulah beberapa tips dan cara menambal atap dak beton bocor yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Dari penyebab hingga cara menambalnya sudah dipaparkan di atas. Semoga mudah diaplikasikan oleh sahabat SBJ. Jika Anda mencari bahan-bahan dan perlengkapan untuk melakukan pekerjaan menambal dak atap yang bocor, Anda berada di web yang tepat! 

Super Bangun Jaya menyediakan berbagai kebutuhan bahan bangunan. Dari bahan dasar hingga finishing, lengkap! Caranya cukup dengan klik superbangunjaya.com atau konsultasi via CS Whatsapp kami di >> sini <<

Mau beli semen aja? Klik Produk Semen Best Seller

Pengiriman terjamin #pastisampai dengan self courier dan ekspedisi Lalamove yang terpercaya #jaminangacurang

Mau dapat promo menarik? Jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya agar tidak ketinggalan informasi dan artikel ter-up to date setiap harinya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT