corat coret tembok

Perlukah Memarahi Anak yang Corat Coret Tembok Kamar?? Ini Cara Mengatasinya!

Corat coret tembok kamar – Bagi Anda yang sedang di rumah saja dan bingung cari cara menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga, membuat kegiatan intim dengan anak adalah cara yang terbaik. Misalnya dengan merapikan kamar, membuat masakan, dan mendekorasi rumah bersama anak.

Kegiatan ini bisa semakin seru bila dibarengi dengan sedikit permainan yang dilakukan bersama-sama. Dengan kegiatan ini, anak bisa menjadi semakin kreatif dengan cinta kasih dari keluarga.

Namun kadang, ada-ada saja tingkah laku anak yang tidak bisa kita hindari saat sedang melakukan aktivitas ini. Seperti iseng mencoret-coret tembok. 

Anda mungkin akan langsung refleks berteriak, “jangan corat-coret tembok!”

Ya, kebanyakan orang tua biasanya langsung mengomeli anak ketika anak ketahuan mencoreti tembok. Namun apakah mengomeli anak adalah tindakan yang tepat?

Corat Coret Tembok Kamar

corat coret tembok

Sebenarnya memang sudah lahiryah di usia 2-5 tahun anak-anak cenderung antusias pada menggambar dan menulis sesuka hati. Anak yang suka mencoret-coret tembok adalah sedang mengalami masa belajar dan sangat tertarik pada hal-hal warna dan tulisan, Akan sangat wajar bila mereka mengeksplorasi kesukaan mereka pada bidang apapun. Malah bisa jadi si anak memiliki antusias pada seni menggambar dan menulis.

Namun inilah resikonya memiliki anak kecil ketika mereka belum menyadari tentang kebersihan tembok rumah. Bila Anda tekun mengajarkannya pada anak, maka tidak menutup kemungkinan anak akan cepat mengerti untuk menggunakan media lain seperti kertas atau kanvas.

Inilah yang perlu Anda lakukan bila anak-anak mencoreti tembok rumah Anda.

corat coret tembok

Bebaskan pada satu area dinding jika Anda memperbolehkannya

Adalah hal yang wajar bila pada usianya, anak-anak antusias pada menggambar dan mencoreti dinding. Jika menurut Anda ini adalah bagian dari pembelajaran, maka bebaskanlah mereka untuk melukis di dinding. Dengan catatan harus di satu area dinding yang Anda perbolehkan, bukan di semua bagian dinding.

Pakai warna cat tembok yang netral seperti putih atau creme

Warna cat tembok yang bold akan lebih sulit diperbarui daripada warna cat tembok yang netral. Sebab warna-warna tebal cenderung membutuhkan penambalan yang lebih banyak. Karena itu gunakanlah cat tembok berwarna putih, coklat muda atau creme.

Pasang wallpaper pada tembok

Solusi ini bisa dilakukan sebelum tembok Anda mulai menjadi sasaran dicoret anak, maupun ketika anak sudah besar dan mengerti akan kebersihan tembok. Pemasangan wallpaper sangat praktis dan mudah. Namun menggunakan wallpaper akan membutuhkan dana yang lebih besar dibanding mengecat ulang tembok Anda.

Mengecat ulang saat kondisi tembok sudah sangat jelek

Jika tembok rumah sudah sangat penuh dengan coretan anak, maka sudah saatnya anak mengerti bahwa banyaknya gambar di dinding bukanlah karya yang baik. Maka berilah pengertian bahwa tembok yang sudah penuh harus dibersihkan dengan warna cat yang baru agar ruangan tersebut dapat menjadi ruang yang lebih nyaman bagi si anak dan keluarga.

corat coret tembok

Alihkan kebiasaan anak ke media lainnya seperti kertas atau kanvas

Bila Anda benar-benar tidak ingin tembok Anda dicoret si anak, maka Anda harus sediakan media lainnya agar anak tidak merasa dibatasi melakukan kegemarannya menggambar. Katakan pada anak bahwa hasil karya mereka akan jauh lebih indah bila dapat diabadikan dalam bidang yang kecil.

Gunakan cat dinding khusus yang mudah dibersihkan alias anti kotor

Saat ini sudah banyak cat tembok interior yang memiliki kemampuan mudah dibersihkan. Seperti Avian Paints, Dulux Easy Clean dan Nippon Paint Spotless, memiliki formula khusus anti noda yang mudah dibersihkan. Biasanya cat khusus anti noda ini juga memiliki kemampuan anti bakteri yang ramah digunakan untuk ruangan anak, rumah sakit, ruang perawatan, dan sekolah. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika menggunakan cat dinding anti kotor ini.

Untuk mendapatkannya Anda dapat menghubungi Super Bangun Jaya di nomor CS WA +62 878-8686-5050 atau klik bestseller.superbangunjaya.com

Demikian informasi seputar cara mengatasi tembok yang dicoret-coret anak. Follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya agar Anda tidak tertinggal informasi menarik dalam mengupgrade rumah dan promo yang sangat menarik di Super Bangun Jaya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT