Udah Pilih Cat Mahal, Hasilnya Tetap Jelek? Ini Penyebabnya!

Banyak permasalahan cat yang sering dikeluhkan oleh pemilik rumah setelah beberapa waktu rumahnya selesai dicat. Baik itu dari segi kualitas pengecatan atau warna catnya yang kusam, semua masalah tersebut pasti membuat khawatir dan bingung. Kenapa cat mahal tidak menghasilkan kualitas yang diinginkan?

Tidak bisa dipungkiri, harga juga menentukan kualitas cat yang kita beli. Namun akan percuma jika kita sendiri tidak menyadari kualitas seperti apa yang dimaksud. Sejatinya cat yang berkualitas adalah cat yang memiliki empat fungsi seperti daya sebar, daya tutup, mudah diaplikasikan, dan aman bagi kesehatan lingkungan. Selebihnya adalah  tahan pada cuaca, anti jamur, anti fading, mudah dibersihkan, dapat menutup retak rambut, dan mengandung pengharum.

Namun cat yang berkualitas pun kadang masih memberikan hasil yang tidak sebanding dengan harganya. Langsung saja, mari kita kupas kenapa hal itu bisa terjadi!

Memaksakan warna yang terlalu ngejreng dan terlalu gelap

Ada warna-warna yang sebaiknya dihindari untuk eksterior rumah. Misalnya seperti merah atau hitam. Meski dapat memikat orang yang melihatnya, faktanya tingkat ketahanannya tidak secantik warnanya. Apalagi jika posisi dinding luar Anda sangat terpapar sinar matahari. Dipastikan Anda harus lebih rajin dalam merawat dinding Anda. Untuk memilih warna yang aman, Anda dapat memilih hijau muda, kuning, dan putih.

Untuk mencegah kerusakan cat eksterior, pilihlah cat yang khusus untuk eksterior. Karena seharusnya cat khusus eksterior sudah diformulasikan untuk melindungi dinding dari masalah seperti perubahan iklim, jamur dan rembesan air hujan. Untuk mencirikan apakah cat yang Anda pilih bisa untuk dipakai eksterior, biasanya cat tersebut ditandai dengan tulisan weather proof atau weather resistance.

Mencampurkan cat terlalu encer hingga menimbulkan masalah pengapuran atau chalking

Pengapuran adalah keadaan saat cat menjadi kering dan ringan hingga dapat tersapu seperti kapur. Hal ini bisa terjadi karena ada pengaruh serangan garam alkali, bisa juga karena pengaruh sinar matahari, serta pencampuran cat yang terlalu encer.

Jika dinding Anda sudah mengalami masalah ini, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengamplas atau membersihkan debu-debu pengapuran dengan lap basah. Lakukan pengelapan hingga sampai pada lapisan cat yang tidak mengapur. Setelah itu beri cat dasar berupa varnish dasar air. Cat dasar ini biasanya disebut Wall Sealer Water Base, ini sangat bagus untuk menguatkan lapisan cat lama yang mulai mengapur.

Terburu-buru melapisi plamir dengan cat sehingga menimbulkan bercak

Penggunaan plamir yang belum kering sempurna dan langsung diberi lapisan cat maka akan membuat plamir jadi sisa-sisa. Karena air dari plamir tersebut terjebak di antara dua lapisan plamir dan cat sehingga menyebabkan timbulnya bercak seperti basah.

Perbaikannya adalah dengan mengerok lapisan cat seluruhnya, lalu bersihkan dan lakukan pengecatan ulang.

Tembok masih dalam keadaan basah sehingga lapisan cat menggumpal atau mengalami penyabunan

Alkali pada lapisan cat yang berbahan perekat mengandung minyak alkyd gloss. Alkali dan minyak ini akan bereaksi secara kimiawi dan memberi hasil akhir seperti sabun yang menggumpal dan lengket.

Untuk mencegah hal ini, tembok harus dalam kondisi kering sebelum dilakukan pengecatan.
Kemudian hindari mengaplikasikan cat minyak / cat alkyd pada permukaan tembok yang kadar alkalinya masih tinggi.

Mengecat di saat cuaca mendung atau lembab sehingga cat susah kering

Biasanya masalah ini dipengaruhi oleh faktor cuaca yang kurang baik. Misalnya suhu terlalu rendah, atau berkabut dan lembab. Faktor lainnya yang dapat menghambat waktu keringnya cat adalah karena cat yang digunakan terlalu kental atau terlalu tebal saat diaplikasikan.

Untuk mencegah hal ini, Anda dapat mengaplikasikan cat dengan cara tipis-tipis dan jarak waktu pengeringan yang cukup untuk memberikan kesempatan setiap lapisan cat dapat mengering sempurna.

Dari artikel di atas terbukti dua faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pewarnaan dinding adalah dengan teknik pengecatan dan kualitas cat itu sendiri. Jika cat yang Anda gunakan saja sudah tidak menjamin kualitas yang baik, tentu akan sangat sulit pula mendapatkan hasil warna yang baik.

Karena itu pilihlah cat yang sudah dijamin kualitas dan mereknya. Belilah cat berkualitas di Super Bangun Jaya! Ada berbagai macam merek unggulan dan berkualitas serta pastinya berani kasih #jaminanGaCurang! Kualitas cat dijamin, warna dan merk terlengkap!

Mau cat tinting? Bisa! Tentukan sendiri warna cat yang Anda inginkan tanpa khawatir dicurangin! Klik untuk lihat harga cat terbaru!


LEAVE A COMMENT