jaminan ga curang super bangun jaya

Tips Membeli Bahan Bangunan Berkualitas dengan Harga Pas

Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal manusia dalam jangka waktu tertentu. Karena itu banyak orang yang ingin sekali memiliki sebuah rumah idaman dengan disain yang menawan agar nyaman ditempati.

Namun disain idaman saja tidaklah cukup, karena buat apa memiliki disain idaman namun kekuatan dan kualitas rumahnya tidak bagus.  Karenanya sebelum membangun sebuah rumah, hendaklah Anda akan melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu.

Jika dana Anda mencukupi dan Anda tidak memiliki kemampuan khusus merancang sebuah rumah, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahlinya. Baik dari segi keindahan rancangan rumah, maupun kekuatan bangunan. Karena kekuatan adalah hal yang sangat penting. Apalagi akhir-akhir ini di Indonesia ada banyak sekali bencana alam yang siap menghampiri. Jika kekuatan rumah yang kita miliki tidak baik, bahaya besar tentu akan mengancam kita.

Mempersiapkan bahan material bangunan yang berkualitas tentu jadi sebuah kebutuhan paling penting saat ini. Sebab bagaimana Anda ingin rumah yang kuat dan kokoh, jika bahan bangunan yang Anda beli saja kualitasnya rendah. Jangan-jangan baru beberapa bulan ditempati, Anda sudah mengeluh karena beberapa bangunan rumah Anda sudah rusak dan keropos. Hanya mungkin masalahnya, anggaran yang Anda miliki sangat terbatas. Berikut ini ada beberapa tips membeli bahan bangunan berkualitas dengan harga pas.

 

Membeli Bahan Bangunan Berkualitas

Pertama, masalah pasir. Kita tahu bahwa hampir seluruh bangunan di negeri ini, menggunakan pasir sebagai bahan dasar bangunan. Karena itu pastikanlah bahwa pasir yang Anda gunakan adalah pasir yang bagus, dalam arti tidak bercampur dengan lumpur. Sebab jika pasir tercampur lumpur, dipastikan kocek Anda akan terkuras karena pasir jenis ini akan memboroskan pemakaian semen. Selain itu, Anda juga harus memastikan pasir yang Anda beli untuk kebutuhan apa? Sebab dalam praktek sehari-hari, seorang tukang bangunan tahu mana pasir yang ideal sebagai pasir pasang (untuk plester, memasang bata atau batako dll) dengan pasir beton (untuk mengecor beton dsb). Agar harga yang akan Anda bayar sesuai dengan kualitas yang Anda dapatkan nanti.

Kedua, masalah semen. Memang secara umum,  produk semen di Indonesia memiliki rata-rata kualitas yang hampir sama. Kalau pun ada perbedaan, sangat sedikit. Karena itu, alangkah baiknya jika kita memilih produk semen dengan harga yang relatif lebih murah. Mungkin yang perlu Anda pertimbangkan adalah memilih produk semen populer tapi harganya lebih hemat.

Ketiga, gunakan bata atau batako? Pilihan ini terkadang sulit untuk diambil oleh orang-orang yang membuat rumah. Kalau memilih bata merah, tentu dari segi kekuatan dan artistik jelas sangat bagus. Selain itu, batu bata merah juga dipercaya mampu menyerap panas dengan sangat baik, sehingga suhu dalam rumah akan terasa lebih segar. Kelemahannya ada di soal harga. Karena bata merah jelas lebih mahal dan pengerjaannya jauh lebih lambat. Sementara batako jelas lebih murah dan pengerjaannya lebih cepat. Tapi jangan khawatir, saat ini di sejumlah toko bangunan juga sudah banyak yang menjual batako ringan dengan harga lebih ekonomis dan kualitas pun tak kalah bagus. Jadi tinggal Anda putuskan, mau memilih bata merah atau batako?

Keempat, memilih baja ringan atau kayu. Kalau di zaman dulu orang cenderung memakai kayu sebagai bahan kusen ataupun atap rumah, kini orang bisa punya alternatif berupa baja ringan. Dari segi kekuatan dan harga jelas baja ringan jauh lebih unggul. Karena baja ringan tidak rentan terhadap rayap dan harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan kayu. Hanya saja, bagi kalangan tertentu, bahan dasar kayu pada bagian kusen dan pintu rumahnya jelas jadi sebuah prestis tersendiri. Maka tak heran kalau ada sejumlah orang yang lebih suka mengunakan kayu jati atau sonokeling untuk bangunan rumahnya. Selain lebih artistik, tentu saja rumah kayu lebih asri.

Kelima, memilih besi beton. Kita harus jujur bahwa besi beton jadul memang lebih berkualitas dibandingkan besi beton buatan pabrik sekarang. Fakta ini membuat harga besi kuno jadi lebih mahal dari besi saat ini. Namun kendalanya, besi beton lama dipengaruhi dengan faktor kelangkaan akibat permintaan yang cukup tinggi.  Jika terkendala biaya, maka idealnya gunakanlah besi beton yang ada saat ini.

Untuk menghemat budget Anda, memang ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahlinya, paling tidak dengan tukang bangunan Anda dalam memilih besi beton. Pastikan benar ukuran besinya, agar biaya Anda tidak terbuang pecuma. Misalnya, bangunan Anda idealnya cukup menggunakan besi ukuran sepuluh, buat apa Anda membeli besi dengan ukuran 12, 15 dsb. Karena toh, itu tak menambah kualitas bangunan lebih maksimal. Tapi yang jauh lebih peting adalah tidak mengurangi ukuran yang ditentukan, karena akan berpengaruh besar pada kekuatan bangunan Anda.

Keenam, soal genteng. Dewasa ini telah banyak bermunculan banyak sekali jenis atap rumah yang disediakan. Ada genteng tanah liat, ada genteng baja, ada genteng beton dan lain sebagainya. Masing-masing bahan ini punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Karena itu yang harus Anda perhatian adalah masalah kesesuaian dengan kebutuhan, bukan melulu masalah harga atau kekuatan saja. Akan sangat mengherankan jika rangka rumah Anda dari kayu reng yang kecil tapi Anda menginginkan genteng beton. Atau sebaliknya, Anda memasang besi beton sebagai kerangka, tapi Anda menggunakan genting biasa. Karena hal ini pasti akan berpengaruh pada kekuatan rumah, selain juga masalah pemborosan.

Demikian tips yang mungkin berguna bagi Anda sebelum membangun sebuah rumah idaman. Semoga tips ini dapat mewujudkan impian Anda mendapatkan rumah berkualitas, namun juga tak “merusak kantong” Anda. Bagaimana mewujudkannya?

Mudah! Anda tidak perlu repot-repot mencari toko bahan bangunan yang murah, karena di Super Bangun Jaya produk material yang Anda butuhkan, ada! Harganya sudah pasti pas, ukuran dan berat pun nggak akan dihitung curang. Segera cari segala produk bahan bangunan terbaik di bestseller.superbangunjaya.com!

RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT