Jenis Kanopi Rumah Modern

Beragam Jenis Kanopi Rumah Modern Bikin Cantik Hunian

Halaman depan rumah yang cenderung tidak terlalu luas sebenarnya bisa dilengkapi dengan eksterior kanopi. Tidak sulit untuk membuatnya. Kanopi yang saat ini populer di pasaran pun memiliki desain eksterior yang bervariasi. Dengan adanya kanopi, bukan saja menambah estetik rumah, tapi bisa dimanfaatkan untuk nyantai pagi dan sore hari. Apakah Anda ingin memiliki halaman dengan kanopi rumah yang cantik? Baca artikel Jenis Kanopi Rumah Modern sampai habis ya!

Kanopi Rumah Modern

Sejatinya, kanopi adalah sebuah struktur bangunan yang berfungsi sebagai atap, yakni sebagai perlindungan eksterior rumah dari cuaca luar. Biasanya kanopi digunakan pada daerah-daerah teras atau carport rumah. Elemen rumah kanopi memiliki fungsi untuk meredam panas dari sengatan matahari. Awalnya memang kanopi ini dilihat sebagai aksesoris tambahan saja. Namun kini kanopi rumah sudah menjadi elemen penting untuk dimiliki setiap rumah.

Bila Anda melihat di beberapa model rumah, saat ini sudah banyak variasi kanopi yang bisa dicontoh dan diaplikasikan di rumah sendiri. Namun untuk mendapatkan kanopi yang sesuai keinginan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu dan memahami jenis-jenis atap kanopi yang bisa digunakan.

Jenis Kanopi Rumah Modern

Jenis-jenis kanopi yang membuat cantik rumah

Saat zaman sudah semakin canggih dan referensi bisa didapatkan dengan sangat mudah, tentu saja model-model kanopi saat ini banyak yang bisa Anda jadikan pilihan. Ada kanopi yang dipasang permanen, ada juga kanopi yang bisa dibongkar pasang. Kedua model ini tentu akan lebih memudahkan Anda menyesuaikan dengan keadaan rumah. 

Berikut ini kami akan sajikan jenis-jenis atap kanopi berdasarkan material penyusunnya.

Jenis Kanopi Rumah Modern

Atap Kanopi Polycarbonate

Salah satu jenis atap kanopi yang banyak digunakan salah satunya adalah berbahan polycarbonate. Atap jenis ini mudah ditemukan di toko bahan bangunan dan cukup tahan lama. Material polycarbonate memiliki fungsi menyerap dan menahan sinar matahari dengan adanya fungsi UV Protection. Estimasi penggunaan atap polycarbonate mampu bertahan hingga 10 tahun.

Kelenturan alias fleksibilitas-nya lebih tinggi dan materialnya pun mudah dibentuk karena memiliki bobot yang ringan. Bukan hanya itu, polycarbonat memiliki beberapa varian warna. Baik warna-warna netral maupun warna-warni. Berikut ini nama-nama yang bisa Anda temukan dalam pasaran, Lexan, Twinlit, Starlite, Solarflat, Solartuff, Carbolux, Lexan Carboron, GE, Molydex, X-Lite, Cladian, dan Plast.

Kanopi bahan Spandek

Berikutnya ada kanopi spandek, yakni jenis atap kanopi yang terbuat dari bahan dasar aluminium dan campuran seng. Ciri utama dari kanopi spandek adalah bentuknya yang bergelombang, mirip dengan genteng yang sudah disusun. 

Kanopi spandek memiliki daya tahan yang baik sekitar 30 tahun. Dari segi harga, bahan spandek juga terjangkau. Namun memang atap spandek juga memiliki kekurangan, misalnya seperti panas dan berisik.

Kanopi Bahan UPVC

Atap kanopi UPVC yang paling sering ditemui di pasaran adalah alderon deck. Bentuk atap ini mirip dengan spandek hanya saja terbuat dari bahan Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPVC). Perbedaannya kanopi UPVC memiliki struktur berongga (twin wall) sebagai penahan panas sekaligus peredam suara.

Kanopi Bahan Bitumen

Mau pasang kanopi yang sedang populer? Bitumen bisa masuk dalam rekomendasi. Kenapa bisa menjadi populer? Karena Anda bisa menggunakan atap ini dalam berbagai kebutuhan, misalnya seperti untuk kanopi taman dan atap rumah. Atap ini bergelombang, namun jarak antar gelombangnya lebih rapat dari spandek. Atap ini pun dapat meredam suara dengan baik dari suara bising angin dan hujan. Jika Anda tertarik menggunakan atap bitumen bisa menggunakan produk Onduline dan Onduvilla.

Fakta: Atap Onduvilla Tahan Angin Hisap/Tekan sehingga cocok untuk wilayah rawan angin kencang dan bisa menahan angin hingga 346 kilometer per jam

Kanopi bahan kaca

Sebetulnya penggunaan kanopi seperti ini tidak terlalu disarankan karena tidak kuat untuk menahan banyak beban. Namun jika Anda menginginkan gaya yang estetis, maka kanopi bahan kaca sangat memungkinkan membuat rumah Anda menjadi lebih cantik.

Pemasangan kanopi kaca bisa dikatakan cukup rumit dan kaca harus dilapisi dengan kanopi fiber. Atau misal Anda menggunakan kanopi kaca untuk ruangan terbuka seperti untuk carport, maka disarankan untuk menggunakan jenis kanopi kaca buram sehingga bisa lebih tahan lama.

Kanopi Bahan Fiber

Untuk Anda yang ingin mencari alternatif atap kaca, Anda bisa menggunakan kanopi fiber. Namun atap ini biasa digunakan untuk atap garasi, industri pabrik, dan bangunan-bangunan yang membutuhkan intensi cahaya yang banyak juga memiliki ventilasi udara terbuka.

Kanopi Bahan Go Green

Seperti namanya, jenis atap ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Bahannya terbuat dari material yang sedikit kandungan asbetosnya. Dan jika Anda memilih atap ini pastikan sudah teruji 100% lulus bahan B3.

Harganya pun cukup ekonomis yakni mulai dari 60ribuan dan tahan lama, kuat, bebas karat dan cukup fleksibel. Juga memiliki lapisan ultraviolet yang berbahaya untuk penghuni rumah. 

Kanopi bahan galvalum

Belakangan populer juga jenis kanopi yang satu ini. Galvalum terbuat dari baja ringan dan sering digunakan untuk rumah-rumah minimalis. Tidak heran karena baja ringan ini cukup kuat dan tahan korosi. Kelebihan bahan ini di antaranya bisa lebih mudah dipasang, dan cenderung terjangkau. Jika Anda tertarik dan ingin tau lebih banyak tentang atap berbahan galvalum Anda bisa membaca artikel berikut ini. 

Kanopi membrane

Jenis atap satu ini memang jarang digunakan untuk rumah minimalis, sebab cukup mahal dan lebih banyak digunakan untuk industri. Membrane dapat menambah estetika rumah dan memiliki durabilitas yang tinggi.

Itulah Beragam Jenis Kanopi Rumah Modern Bikin Cantik Hunian Anda. Semoga artikel ini membantu untuk Anda yang sedang mencari dan membutuhkan rekomendasi seputar kanopi atap rumah. Jika Anda masih perlu tanya-tanya seputar kanopi rumah, tenang karena SBJ menyediakan konsultasi untuk Anda. Cukup klik Tanya-Tanya Via Whatsapp dan sales consultant kami akan membantu Anda. 

Like Facebook page Super Bangun Jaya dan follow IG @superbangunjaya untuk dapatkan informasi dan penawaran menarik bahan bangunan yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat!

RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT