sudut kemiringan atap kanopi - bestseller.superbangunjaya.com

Menentukan Sudut Kemiringan Atap Kanopi untuk Teras Rumah

Sudut kemiringan atap kanopi – Indonesia termasuk wilayah tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi. Air yang turun dan menghujani rumah harus dihalangi atap dengan struktur yang baik. Namun sayangnya tidak semua bangunan developer dibuatkan atap sampai menutup teras rumah. Padahal teras adalah lahan penting untuk parkir dan melindungi kendaraan yang terparkir di teras rumah. Seharusnya teras dilindungi dari panas dan hujan, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan kanopi.

Atap kanopi yang baik adalah atap yang memiliki sudut kemiringan pas sehingga mampu menghantarkan air hujan turun dan menghindarkan atap dari genangan. Dengan struktur atap yang baik, rumah pun akan terhindar dari kebocoran. Sudut kemiringan atap perlu diperhatikan sebab dapat melindungi rumah Anda dan menepis hujan dan angin yang datang bersamaan.

Berbicara tentang sudut kemiringan tentu berbicara juga tentang bahan dan jenis yang digunakan dalam membangun kanopi tersebut. Sebab berbeda bahan akan berbeda pula sudut kemiringan yang ideal. Beda ukuran teras pun akan membutuhkan sudut kemiringan yang berbeda. Misalnya atap kanopi seng akan lebih datar dibanding dengan atap genteng. Namun untuk daerah-daerah yang curah hujannya rendah, maka rumah di sana cenderung membutuhkan atap rumah yang lebih landai.

Untuk memasang kanopi di teras rumah Anda, perlu diketahui kelebihan dan kekurangan setiap jenisnya. Simak sampai habis!

sudut kemiringan atap kanopi - bestseller.superbangunjaya.com

Kanopi bahan gelombang atau spandex

Kanopi dengan bahan spandex adalah aluminium atau seng yang sangat tipis. Lapisan ini sangat cocok digunakan untuk kanopi, baik dengan rangka besi, baja ringan, dan kayu. Kekuatan kanopi spandek bisa digunakan sampai 10 tahun, namun sayangnya atap spandek yang tipis terkesan tidak kokoh apalagi jika diinjak saat pemasangan akan mudah penyok. Jika Anda ingin membuat kanopi dengan bahan spandex, tingkat kemiringan yang disarankan adalah 5 sampai 25 derajat. Semakin curam sudut atapnya maka akan semakin mudah terhempas angin kencang.

sudut kemiringan atap kanopi - bestseller.superbangunjaya.com

Kanopi Kaca

Semakin banyak rumah, kantor, dan gedung dengan kanopi dan skylight untuk memanfaatkan kaca untuk menaikkan nilai estetika dan menambah pencahayaan ruangan. Untuk membuat kanopi kaca, diperlukan sudut kemiringan yang sangat landai, yakni bisa antara 2 sampai 90 derajat. Walaupun terkesan cantik, sudut kemiringan pada kanopi kaca merupakan sumber masalah yang bisa menjadi bahaya di kemudian hari. Apalagi di wilayah Indonesia yang sering hujan dan banyak debu, kaca kanopi Anda akan sangat rawan berjamur. 

sudut kemiringan atap kanopi - bestseller.superbangunjaya.com

Kanopi Polycarbonate

Banyak keuntungan yang bisa didapat dari kanopi bahan polycarbonate, diantaranya adalah kanopi jadi terlihat ringan namun sifatnya kokoh dan kuat. Selain itu bahan ini juga aman diaplikasikan di mana saja, sehingga pemasangannya cukup cepat dan sederhana. Dengan memakai bahan polycarbonate kanopi akan terlihat lebih modern dan sederhana. Untuk kanopi bahan polycarbonate dibutuhkan sudut kemiringan yang lebih landai dari atap gelombang, yakni lebih dari 2 derajat atau minimalnya 1,5% dari panjang bentang. Contoh jika kanopi sampai 6m, maka bidang sisi tertinggi 9cm dan terendahnya adalah 0cm.

Membuat kanopi tentu banyak manfaatnya. Di antaranya kanopi dapat melindungi rumah dari panas dan dinginnya cuaca bahkan dari angin kencang. Kanopi dapat menciptakan suasana yang teduh dan sejuk sehingga memberikan keleluasaan pada sirkulasi udara di rumah. Beberapa desainnya pun dapat memberi nilai estetik tersendiri untuk rumah Anda. Dan terakhir biaya membuat kanopi akan lebih terjangkau dibanding dengan membangun atap.

Dengan mengenal bahan dan fungsinya, semoga Anda tidak salah dalam memilih bahan kanopi yang tepat. Karena itu pastikan bahan atap kanopi yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika saat ini Anda sedang mencari atap untuk kanopi, Super Bangun Jaya menyediakan berbagai macam bahan kanopi untuk Anda. Hubungi CS Whatsapp kami sekarang juga! 

RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT