Hitung kebutuhan genteng keramik - SBJ

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Keramik Secara Sederhana

Menghitung Kebutuhan Genteng Keramik – Umumnya sebuah genteng hanya dinilai sebagai atap perlindungan bagi penghuninya. Namun jika Anda ingin memperhatikan lebih detail, ada tipe-tipe genteng yang berbeda dan mempengaruhi konsep rumah juga gaya pemiliknya. Saat ini terdapat berbagai tipe genteng yang laku di pasaran. Seperti genteng tanah liat, genteng beton, genteng kayu, juga genteng keramik. Jika Anda suka dengan gaya klasik tapi juga stylish, Anda bisa memilih genteng keramik. Memang apa sih spesialnya genteng keramik?

Baca sampai habis ya!

Kelebihan Genteng Keramik

Dengan profil melengkung, genteng keramik memiliki pengaruh pada tampilan rumah yang klasik, tapi juga stylish! Sebelumnya perlu diketahui bahwa genteng keramik dibuat dari bahan dasar tanah liat. Namun genteng keramik dan genteng tanah liat tetap memiliki perbedaan. Di antaranya dari segi bahan baku dan cara pembuatan. Perbedaan inilah yang akhirnya membuat profil genteng keramik dan tanah liat berbeda.

Daya tahan alami genteng keramik ini berasal dari bahan utama tanah liat yang dipanggang di atas 1000cc. Bahan ini sudah terbukti memiliki ketahanan sebagai genteng tradisional. Bahkan bukan cuma di Indonesia aja yang terpapar dengan penggunaan genteng keramik. Genteng keramik tidak hanya diasosiasikan dengan arsitektur Spanyol dan Mediterania lho. Jauh dari itu genteng keramik juga dikatakan berasal dari Cina dan di Timur Tengah, keduanya sekitar 10.000 SM.

Menghitung Kebutuhan Genteng Keramik

Di Indonesia sendiri, penggunaan genteng keramik sudah mulai diadopsi sejak kedatangan Belanda. Lalu seiring perkembangan jaman dan variasi tipe genteng yang semakin banyak, genteng keramik semakin diminati karena memiliki daya tahan yang baik serta harga yang kompetitif.

Memang daya tahan genteng keramik sekuat apa sih?

Menghitung Kebutuhan Genteng Keramik

Tahan Api

Karena proses pembuatannya sudah melalui proses panjang, profil genteng keramik memiliki titik leleh yang tinggi sehingga tidak mudah terbakar dan tidak meleot. Genteng keramik tahan terhadap suhu tinggi, kuat, keras, dan memiliki sifat anti korosi / anti karat.

Tahan Air

Penyerapan air pada jenis genteng keramik bisa dikatakan sangat minim, karena kepadatan body-nya yang yang sudah dibakar, maka akan mengurangi resiko rembes dan kelembaban pada genteng.

Tahan Lama

Genteng keramik diklaim memiliki waktu ketahanan yang sangat panjang, bahkan dibilang seumur hidup. Sehingga sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa genteng keramik merupakan solusi terbaik atap untuk melindungi rumah dengan ketahanan kualitas lintas generasi, awet, tahan lama dan bisa digunakan sekali seumur hidup untuk selamanya.

Selain tahan cuaca ekstrim dan cukup mampu meredam suara hujan, ternyata penggunaan genteng keramik juga tidak terlalu banyak lho. Inilah yang membuat banyak peminat genteng keramik di Indonesia semakin besar. Anda perlu tahu cara menghitung kebutuhan genteng keramik per m2 agar bisa memperkirakan total genteng untuk atap rumah Anda.

Menghitung Kebutuhan Genteng Keramik

Menghitung Kebutuhan Genteng Keramik

Berdasarkan Luas Atap

Mari kita membuat contoh kasus apabila luas atap rumah 15m x 10m. Karena terdapat dua sisi atap, maka total luas atap rumah menjadi 300m persegi. Sehingga, jika luasan genteng 7,2 per meter luasannya, maka jumlah genteng yang dibutuhkan adalah: 300m x 7,2 = 2.160 pcs. 

Berdasarkan Panjang dan Lebar Pondasi Bangunan

Misalnya panjang rumah 10 m dan lebar 6 m, maka Anda perlu menambahkan 1m untuk panjang dan lebarnya sehingga luasnya menjadi 60 m persegi. Jika kita menggunakan genteng keramik Milenio yang memiliki kebutuhan 7,2 pcs per meter, maka jumlah genteng yang dibutuhkan minimal 60 m x 7,2 = 432 pcs.

Namun ada yang perlu diperhatikan juga yakni teras. Jika luas teras 5 m x 4 m = 20 m, maka kebutuhan teras menjadi : 20 m x 7,2 pcs = 144 pcs. Total kebutuhan menjadi 576 pcs genteng keramik. Saat pembelian sangat disarankan untuk membeli lebih beberapa buah untuk mengantisipasi terjadinya retak atau bocor di lain hari.

Hal-hal yang perlu diingat sebelum memasang genteng keramik

Meskipun atap keramik dapat bertahan lebih lama dari jenis genteng lainnya, genteng keramik juga memiliki kekurangan seperti rapuh, rentan terhadap benturan keras atau bahkan beban orang yang menginjaknya. 

Karena itulah, memperbaiki genteng keramik yang rusak bisa membutuhkan effort yang lumayan sulit, dan membutuhkan tukang. 

Mengingat genteng keramik memiliki bobot yang berat, yakni mencapai sekitar 3 kg untuk luas ukuran standar (31cm × 32cm) maka diperlukan struktur atap yang kuat dan pemasangan yang lebih kompleks dibanding untuk pemasangan tipe genteng lainnya. Secara struktur, meskipun kuat, genteng keramik juga getas dan sewaktu-waktu dapat pecah karena kondisi tertentu misalnya terkena benturan keras atau terinjak. 

Tanya-tanya Via Whatsapp

Masih ragu menentukan kebutuhan genteng keramik? Atau butuh konsultasi lebih banyak tentang pemilihan genteng yang sesuai? Semuanya bisa Anda tanyakan langsung pada Bang Jaya, sales consultant SBJ yang siap melayani Anda! Caranya mudah cukup dengan klik Tanya-tanya via Whatsapp. GRATIS! Konsultasinya nyaman, bisa langsung transaksi dengan aman dan dapat penawaran menarik karena SBJ #BukanTokoBiasa!

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa share tulisan ini juga follow IG Super Bangun Jaya dan Fanpage FB Super Bangun Jaya.

RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT