Kedalaman pondasi rumah 3 Lantai

Ini Kedalaman Pondasi Rumah 3 Lantai yang Ideal

Memiliki rumah bertingkat, mungkin saat ini sudah menjadi kebutuhan mengingat tingginya harga beli tanah dan terbatasnya lahan. Apalagi di beberapa kota besar macam Jabodetabek, membangun rumah bertingkat sepertinya sudah jadi tuntutan untuk menyiasati minimnya tanah.

Misalkan Anda memiliki lahan yang hanya seratus meter persegi. Lalu ingin memiliki halaman yang cukup luas untuk hobi Anda bertaman. Mungkin langkah ideal memang membangun rumah bertingkat. Sehingga Anda memiliki rumah luas, namun juga punya halaman cukup luas.

Dalam situasi keterbatasan lahan ini, ada beberapa orang yang malah membangun rumah bertingkat 3. Tak lain untuk dapat menyesuaikan kebutuhan usaha dengan rumah pribadinya. Biasanya di lantai dasar untuk toko sementara di lantai 2 atau tiga digunakan untuk rumah. Tapi ada juga yang khusus untuk rumah pribadinya, karena membutuhkan banyak kamar bagi anggota keluarganya.

Kedalaman pondasi rumah 3 lantai yang ideal

Atau bisa juga Anda punya lahan yang sempit tapi ingin punya kamar kos-kosan lebih banyak. Cara ini juga bisa digunakan untuk menambah income Anda.

Tapi ingat, jika kita membangun rumah tingkat, yang paling perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa pondasi rumah yang akan kita bangun sesuai. Sebab tanpa pondasi yang sesuai, dikhawatirkan pondasi tak sanggup menahan berat beban bangunan bertingkat Anda. Jadi Anda tak bisa asal bangun pondasi rumah tinggal 2 atau 3 lantai tanpa perencanaan yang matang.

Sebaiknya, sebelum membangun pondasi, Anda melakukan survey dulu mengenai kondisi dan kepadatan tanah tempat bangunan bertumpu. Misal pada tanah yang keras, Anda membutuhkan pondasi dengan ukuran kecil. Misalnya seperti pondasi batu kali / pondasi menerus dan pondasi tapak. Sementara untuk tanah yang lunak dibutuhkan pondasi dengan tiang pancang atau pondasi bor pile untuk menopang si bangunan.

Selain jenis pondasinya, Anda juga harus memperhatikan jenis material apa yang akan Anda gunakan untuk bangunan. Karena semakin berat material bangunan yang akan Anda pakai, maka pondasi harus semakin kokoh.

Namun karena rumah tingkat pada umumnya memiliki berat bangunan yang cukup besar, maka dibutuhkan perhitungan yang matang kala membuat pondasi. Sehingga rumah Anda akan tetap kokoh pada posisinya. Perlu dipikirkan apakah kita perlu menggunakan rangka besi yang besar dan ukuran pondasinya bisa setara dengan ukuran lahan yang akan kita bangun atau cukup hanya bagian pinggirnya saja.

Bahkan karena saat ini, Indonesia sering mengalami gempa, apakah tidak lebih baik kalau pondasi diusahakan ada pondasi anti gempa pada bangunan Anda. Selain untuk menahan beban bangunan, pondasi pun bisa dipakai untuk mempertahankan rumah Anda dari kerusakan akibat gempa.

Bagaimana Mengukur Kedalaman pondasi rumah 3 lantai yang ideal

Lalu kemudian akan muncul pertanyaan, berapa sih kedalaman ideal untuk bangunan bertingkat tiga. Sebenarnya dalam urusan kedalaman sangat relatif dengan kondisi tanah yang Anda, yang jelas dalam membuat pondasi usahakan bahwa bagian dasar pondasi sudah berada di lapisan tanah keras.

Jadi sebenarnya tak ada ukuran pasti berapa kedalaman ideal sebuah pondasi. Yang jelas semakin dalam pondasi tentu akan semakin baik. Dan semua itu sangat tergantung dengan bujet si pemilik, tapi idealnya harus lebih dari 1 meter kalau bangunannya ingin kokoh, bahkan untuk daerah-daerah tertentu bisa mencapai 5-8 meter.

Selain soal budget, kedalaman pondasi juga sangat dipengaruhi oleh beban dari bangunan yang kita bangun dan tentu saja juga dengan lebar bangunan serta jenis bahan yang kita gunakan. Semakin ringan bahan, maka kedalaman pondasi bisa dikurangi. Misal bagian atas hanya kayu, ya untuk apa pakai pondasi dalam-dalam.

Maka harus diperkirakan berapa besar beban bangunan itu, berapa banyak beton penampang pondasi yang kita tanam, semua harus dipikirkan masak-masak sebelum Anda merancang pondasi. Sebab kesalahan konstruksi pada pondasi akan fatal akibatnya pada bangunan dan pada akhirnya membahayakan orang yang Anda dalam bangunan itu.

Jika Anda memang kurang paham dengan hal-hal teknis macam ini, ada baiknya Anda bertanya pada orang yang ahli di bidangnya, agar Anda jangan salah melangkah.

Konsultasi aja di SBJ!

Ayo konsultasikan program pembangunan Anda di SBJ. Prosesnya mudah pakai whatsapp! Dari konsultasi sampai beli barang bangunan, bisa! kalau Anda memang sibuk, kami menyediakan layanan online dan pengiriman langsung ke rumah Anda. Produk terbaik pasti kami berikan #JaminanGaCurang! Lihat Harga Produk Terbaru atau konsultasikan kebutuhan Anda via Whatsapp Super Bangun Jaya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan sungkan bagikan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa follow instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami.

LEAVE A COMMENT