jenis-jenis genteng atap rumah

Jenis-jenis Genteng Atap Rumah yang Bagus dan Minimalis

Jenis-jenis genteng atap rumah РAtap adalah bagian terpenting dari sebuah rumah. Sebab komponen satu ini berfungsi sebagai pelindung rumah di kala hujan maupun panas. 

Tapi ternyata memilih jenis bahan genteng yang akan digunakan untuk atap tak semudah yang dipikirkan? Sebab sekarang ada banyak pilihan jenis genteng yang beredar di pasaran? Apalagi jika pemilihan genteng disesuaikan dengan desain atau tema rumah kita tentukan. Pastilah kita harus cermat betul dalam memilih produk yang akan kita gunakan.

Berikut ini ada beberapa jenis genteng yang mungkin saja Anda perlu pertimbangan sewaktu membangun rumah. Mari kita simak, jenis-jenis genteng dan untung rugi menggunakan bahan-bahan ini.

Jenis-jenis genteng atap rumah

Genteng Asbes

Secara umum, genteng asbes terbuat dari enam gabungan mineral silikat alam. Genteng jenis ini banyak dipilih orang karena alasan simpel memasangnya, relatif murah harganya dan yang jelas tak memerlukan banyak material lain seperti kayu reng atau reng baja seperti bahan jenis lain. Untuk perawatannya juga dinilai sangat mudah.

Bagaimana dengan kerugiannya, asbes disebut-sebut oleh sejumlah  ahli kesehatan, kurang baik bagi kesehatan karena partikel-partikel kecilnya sering rontok dan mengakibatkan penyakit. Sebab serat asbes dalam bentuk partikel mudah terlepas serta beterbangan, dan jika terhirup maka bisa mengakibatkan penyakit kanker paru-paru.

Genteng Keramik

genteng asbes - jenis-jenis genteng atap rumah

Selain asbes, orang biasanya memilih genteng keramik sebagai penghias atap rumahnya. Mengapa disebut penghias, karena memang genteng keramat dapat mempercantik rumah karena telah mengalami proses finishing glazur. Genteng ini juga tersedia dalam beragam corak warna serta ukuran. Sehingga penggunaan genting keramik sangat cocok bagi hunian modern. 

Adapun kelebihan genteng keramik adalah tahan  lama dan kuat menahan beban manusia. Sehingga jika ada masalah, biasanya orang akan mudah memperbaikinya dengan menginjak bagian genteng dan memperbaiki sumber masalahnya. Sedangkan dari sisi warna, genting keramik terkenal  tahan lama sebab diproses dengan pembakaran bersuhu 1100 derajat.

Tapi ingat, genteng ini bukan tanpa kelemahan. Salah satu kelemahan yang mungkin timbul adalah kalau genteng ini tidak dipasang dengan teliti, teruatam adalam pemasangan rengnya, bukan tidak mungkin terjadi kebocoran di dalam rumah dan ini tentu sangat merugikan.

Selain itu kalau kemiringan pemasangan minimum tidak 30 derajat, maka  air hujan tidak bisa mengalir sempurna dan ini juga bisa menyebabkan kebocoran. Dan yang terakhir jika tidak memperhatikan baut sewaktu pemasangan, bisa jadi baut juga akan terlepas sehingga pemasangan genteng jadi kurang kuat.

Genteng Tanah Liat

genteng tanah liat - jenis-jenis genteng atap rumah

Genteng jenis ini paling banyak digunakan untuk atap rumah masyarakat di indonesia. Karena selain murah, banyak orang yang mengatakan kalau rumahnya memakai genteng  tanah liat akan terasa lebih adem dari genteng lain. Selain itu pemasangannya juga tak terlampau ribet. Bobotnya yang ringan, juga merupakan salah satu keunggulan dari genteng jenis ini, sehingga beban atap rumah tak akan terlalu berat. Genteng tanah lait juga sangat kuat terhadap tekanan, sehingga juga bisa diinjak jika ada kebocoran. Penggantian genting yang pecah pun akan lebih mudah karena beratnya yang ringan.

Tapi genteng ini juga punya beberapa kelemahan yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah jika tidak teliti ketika melakukan pemasangan reng dan gentengnya, mudah sekali akan mengalami  kebocoran. Kelemahan lainnya adalah, genteng ini mudah sekali berlumut atau berjamur, sehingga harus dilapisi cat maupun glasur. Atau paling tidak harus dibersihkan dalam jangka waktu tertentu. Dan yang ketiga dari sisi pemasangan juga agak ribet karena menggunakan pola zig-zag dengan sistem sambungan inlock (saling mengunci) sebab tanpa itu sangat berpotensi mengalami kebocoran.

Genteng Aspal

genteng keramik - jenis-jenis genteng atap rumah

Jenis genteng yang lain adalah genteng aspal. Seperti namanya, genteng ini memang terbuat dari campuran aspal serta bahan kimia lain. Saat ini sudah ada dua jenis genteng aspal yang ada di pasaran, yaitu genteng aspal jenis datar bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka dan jenis bergelombang.

Kelebihan genteng aspal adalah lebih ringan dari genteng beton atau keramik. Genteng ini dapat digunakan dengan kemiringan 22,5 derajat hingga 90 derajat. Pemasangan genteng ini juga relatif mudah dan praktis. Dari segi kekuatan, salah satu kelebihan genteng ini adalah tahan api serta mampu menahan tekanan angin. Kebanyakan genteng ini juga mempunyai pilihan warna yang dilindungi dengan lapisan anti jamur serta anti pudar.

Satu-satunya kelemahan dari genteng aspal hanyalah harganya  relatif lebih mahal daripada genteng-genteng jenis lain.

Genteng Kaca

genteng kaca - jenis-jenis genteng atap rumah

Genteng kaca biasanya hanya digunakan untuk bagian-bagian  tertentu dari rumah. Biasanya genteng kaca dipasang jika si empunya rumah menginginkan penerangan alami yang berasal dari genteng kaca karena itu salah satu kelebih genteng kaca adalah memberikan pencahayaan alami pada rumah. Tak hanya sekadar pencahayaan alami, genteng kaca juga memberi nuansa modern pada rumah, sehingga cocok bagi Anda yang menyukai rumah bergaya modern serta minimalis.

Tapi genteng kaca bukan tanpa kelemahan. Salah satu kelemahan paling menonjol dari genteng kaca adalah mudah pecah. Kalau kurang hati-hati dalam mengelolanya maka genting ini akan pecah. Kelemahan lainnya adalah, penggunaan genteng kaca yang berlebihan akan meningkatkan suhu ruangan di bawahnya. Karena itu biasanya orang akan lebih seletif dalam penggunaannya.

Genteng Metal 

genteng metal - jenis-jenis genteng atap rumah

Seperti namanya, genteng jenis ini adalah berupa lembaran mirip seng. Genteng jenis ini di tanam pada balok gording rangka atap memakai sekrup sehingga sangat kuat. Ukuran genteng jenis ini bervariasi, ada yang lebar 60-120cm, ketebalan 0.3mm, serta panjang 1.2-12m. Dikarenakan bobot genteng ini ringan, maka pemasangannya membutuhkan sekrup supaya tidak mudah terbawa angin.

Kelebihan dari genteng ini adalah pemasangan mudah dan cepat, serta hemat material sebab ukurannya yang lebar dan panjang. Selain itu usia pemakaiannya lebih lama karena dilapisi bahan anti karat, bahan anti pecah, sehingga aman dari kebocoran. Genteng ini juga biasanya dilapisi bahan anti lumut, sehingga kita tak perlu terlalu khawatir bocor serta harus mengecat ulang berkali-kali.

Tapi ingat, genteng ini punya kelemahan yakni sewaktu proses pemasangan haruslah rapi, apabila tidak rapi maka akan mengurangi keindahan hunian Anda.

Demikianlah jenis-jenis genteng yang bagus dan minimalis untuk rumah Anda beserta keunggulan dan kelemahannya. Jadi Anda mau pilih yang mana? Semuanya tergantung selera dan budget yang Anda miliki.

Jika saat ini Anda sedang mencari pilihan genteng terbaik, jangan ragu tanyakan pada kami. Super Bangun Jaya menyediakan berbagai genteng berkualitas, baru, dan harga yang murah. Ayo, cek dulu harga genteng terbaru di sini! Lalu hubungi kami via whatsapp untuk konsultasi dan pemesanan.

Jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya agar tidak ketinggalan info dan promo menarik setiap minggunya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT