instalasi pipa air kotor - bestseller.superbangunjaya.com

Instalasi Pipa Saluran Air Kotor Dalam Rumah

Instalasi Pipa Saluran Air Kotor Dalam Rumah – Setiap rumah tak luput dari penggunaan air bersih. Khususnya untuk penggunaan domestik seperti memasak, mandi, mencuci, dan sebagainya. Karena itu, penting bagi pemilik setiap rumah selalu memperhatikan saluran air supaya aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan baik. Karena itu pastikan saluran air Anda sudah diatur sesuai kaidah teknis yang benar, baik itu saluran air bersih maupun air kotor.  

Saluran air kotor juga tidak boleh diabaikan. Saluran ini merupakan saluran yang membawa limbah seperti air dari wastafel, bak cuci, floor drain, WC, maupun saluran air hujan ke lingkungan atau ke kota. Secara ringkas air pembuangan ini mengalir secara gravitasi dari janitor menuju pada tempat penampungan. Untuk instalasi pipa air kotor dalam lingkup rumah tangga, air yang kotor akan dibuang melalui septic tank lalu dialirkan kembali dalam rembesan ke tanah.

Seperti namanya, air kotor merupakan limbah buangan yang mengandung komponen berbahaya. Biasanya air kotor ini merupakan buangan biologis seperti tinja dan air kencing. Selain itu limbah air kotor juga merupakan buangan air dapur dan makanan atau minuman yang mengandung lemak. Yang jelas, air kotor ini mengandung komponen berbahaya seperti mikroba, materi organik, telur cacing, virus, dan bakteri yang membutuhkan penanganan secara tepat.

Berbicara instalasi pipa air kotor, tentu harus mengerti bagaimana proses peresapan dari air kotor tersebut. Secara sederhana terdapat 2 proses utama dalam penanganan air kotor. Pertama adalah proses mekanik. Yakni proses dimana air kotor melewati proses penyaringan, pembersihan sampah, pemisahan, pengendapan, proses anaerob dan proses pengeringan hingga pembuangan akhir. Sementara itu ada pula proses biologis merupakan aktivitas bakteri dengan memanfaatkan O2 dan proses netralisasi cairan dengan asam. Dalam proses ini terjadi oksidasi seperti aerasi dan pengolahan endapan aktif dan pemusnahan kuman dengan menggunakan kaporit. 

Instalasi Pipa Air Kotor

Jenis pipa untuk instalasi air kotor

Berdasarkan fungsinya, saluran pipa air kotor wajib mengantarkan limbah dari toilet ke septictank yang pada akhirnya disalurkan pada drainase. Sehingga jenis pipa untuk instalasi air kotor yang dapat digunakan adalah (1) pipa PVC khusus air limbah. Pipa yang satu ini mudah dikenali karena biasanya berwarna coklat. (2) Pipa astolan, yakni pipa yang cocok untuk limbah air dengan suhu tinggi. (3) Pipa PVC, pipa yang paling umum digunakan sebab tingkat ketahanannya yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. (4) pipa silent teknologi, yakni pipa yang cocok utuk banguan tinggi atau rumah yang tidak menginginkan salurannya berisik. 

Gambar instalasi pipa air kotor 

instalasi pipa air kotor - bestseller.superbangunjaya.com

Instalasi Pipa Air Kotor

Pertama, berikan bantalan yang kuat pada dasar pipa talang yang tegak lurus. Sambungkan antar pipa PVC yang diberi solvent cement. Jika ada pertemuan dengan pipa lainnya, maka sambungan tersebut harus diberi lem khusus. Kemudian pastikan bahwa pipa tersebut tidak cacat atau bocor. 

Kedua, pipa PVC yang tertanam di dalam tanah juga perlu diberi pondasi bantalan beton. Termasuk pada percabangan dan belokan dan pada saat pipa tegak mengalami pertemuan dengan pipa yang datar di lantai dasar. 

Tidak sampai di situ, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memastikan ukuran dan tingkat kemiringan pipa dengan benar. Jika berdasarkan ukurannya, pipa air kotor yang menyalurkan bekas cucian, dapur, dan kamar mandi harus berdiameter minimal 3 inch dengan derajat kemiringan minimal 1% hingga 2% yang dihitung dari panjang saluran pipa yang horizontal. 

Untuk pipa air kotoran manusia, diameter yang disarankan adalah minimal 4 inch dengan sudut kemiringan pipa 2% hingga 3%. Ini merupakan sudut kemiringan yang paling disarankan sebab kotoran (tinja) bisa akan turun dengan maksimal. Jika kurang dari 2%, kotoran akan lambat turun, namun jika lebih dari 3%, air yang disiram akan turun terlebih dahulu dan tinja jadi terhambat mengalir. 

Untuk pipa air hujan, biasanya memiliki standar kemiringan saluran pipa 0,5% sampai 1%. Pipa yang digunakan pun berdiameter 2 sampai 3 inch. Bagi Anda yang belum paham bagaimana cara menghitung kemiringan, maka Anda dapat mengalikan kemiringan ini dengan panjang pipa. Sehingga bila panjang pipa 9 meter, maka hitunglah 2,5% x 9 meter=0,225m atau 22,5cm.

Selanjutnya, untuk menuntaskan pengerjaan pipa air kotor, uruglah saluran pipa ini dengan pasir tanah. Lalu pasang dengan batu bata atau paving sebagai tanda bahwa disitulah terdapat saluran pipa. Itulah penjelasan mengenai instalasi pipa air kotor. 

Super Bangun Jaya menyediakan pipa dengan brand dan kualitas terbaik. Berbagai kebutuhan material dan bahan bangunan bisa Anda dapatkan dengan kualitas SNI. Harga pasti kami kasih #jaminangacurang. Hati-hati, jangan sampai tertipu dengan kualitas, langsung hubungi Super Bangun Jaya!

LEAVE A COMMENT