kelebihan atap galvalum - bestseller.superbangunjaya.com

Mengoptimalkan Kelebihan Atap Galvalum

Kelebihan Menggunakan Atap Galvalum dan Cara Meredam Panas paling Ampuh – Atap galvalum memiliki kepopuleran tersendiri beberapa tahun belakang. Hal ini cukup menarik sebab biasanya atap yang digunakan secara konvensional dibuat dari tripleks atau kayu. Penggunaan atap galvalum pertama-tama dipopulerkan oleh masyarakat Jepang dan dibawa ke Indonesia dengan adaptasi serta penyesuaian dengan iklim dan cuaca. Galvalum sendiri merupakan singkatan dari galvanis dan aluminium, sehingga bahan baja satu ini bersifat ringan dan tipis dengan kualitas yang tinggi. 

Kepopuleran atap galvalum sebenarnya tidak meningkat begitu saja. Galvalum memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahan kayu ataupun tripleks. Kelebihan tersebut diantaranya dari sisi berikut.

Kelebihan Atap Galvalum

Ketahanan terhadap rayap dan cuaca

Seperti sudah diketahui, salah satu penyebab rumah lebih cepat rapuh adalah karena bahan kayu rentan dimakan oleh rayap. Apalagi jika jenis kayu yang digunakan kurang bagus, rayap pasti menjadi pengganggu keawetan bahan atap rumah Anda. Selain rayap, faktor eksternal yang membuat atap menjadi cepat rapuh adalah ketahanan bahan tersebut terhadap cuaca. Sebab bila tidak diproteksi, kayu akan mudah membusuk dengan cuaca yang buruk. Misal, terlalu lembab atau terlalu panas. 

Proses pemasangan yang lebih mudah

Jika Anda sedang dalam waktu yang terburu-buru dalam memasang atap, material galvalum bisa diandalkan. Sebab galvalum mudah disambung dengan berbagai sambungan seperti las dan baut. Dari kualitasnya pun galvalum yang buatan pabrik sudah pasti memiliki ukuran, bentuk, dan ketahanan yang seragam. Sementara jika memasang atap dengan kayu, ukuran kayu harus dipotong dengan ukuran yang seragam dahulu.

Kelemahan Atap Galvalum

Tak luput dari kelemahan, galvalum akan menimbulkan efek panas saat matahari bersinar terik. Karena bahan plat dan alumunium yang mudah menyerap panas ini, galvalum dapat menyampaikan panas tersebut ke dalam rumah. Itulah sebabnya kenapa atap galvalum dirasa tidak nyaman jika dipasang untuk atap rumah. Galvalum akan lebih cocok digunakan sebagai penutup atap pada bangunan seperti gedung atau pabrik. Sekalipun digunakan untuk keperluan rumah, galvalum lebih tepat untuk dijadikan kanopi saja.

Namun jika Anda tetap menginginkan galvalum sebagai bahan utama atap rumah, mau tidak mau Anda harus menggunakan bahan-bahan tambahan agar dapat meminimalisir rasa panas yang diakibatkan dari galvalum. Menyalakan pendingin udara (AC) mungkin saja bisa menjadi cara tercepat. Akan tetapi untuk Anda yang ingin alternatif lain, Anda bisa menggunakan cara-cara sebagai berikut. 

kelebihan atap galvalum - bestseller.superbangunjaya.com

Menggunakan aluminium foil

Dengan alumunium foil, panas radiasi matahari dapat tertahan sampai dengan 97% dari total radiasi yang masuk ke atap. Hal ini disebabkan karena sifat aluminium foil merupakan isolator yang tidak menyerap panas. Bahan alumunium foil sendiri terbuat dari 3 elemen, yakni struktur foil, kantong udara, dan anti robek. Foil berfungsi sebagai penangkal radiasi matahari sampai 97% cahaya yang terserap di dalam atap. Kantong udara berfungsi sebagai jalur rongga udara sebagai ventilasi atap dan membuang kelebihan panas tersebut kembali ke luar bangunan. Dan terakhir, lapisan anti robek pada bagian bawahnya mampu menahan beban rongga hingga 100kg.

Menggunakan Styrofoam

Siapa yang tidak tahu styrofoam? Bahan satu ini merupakan lembaran panel berupa penyekat yang terbuat dari bahan plastik dan tersusun dari butiran berisi udara dengan kerapatan rendah. Dengan ruang-ruang ini, panas yang terserap tidak akan diantarkan kembali. Sebenarnya styrofoam sudah diperkenalkan sejak lama, namun belakangan styrofoam mulai dikenal lagi sebagai bahan alternatif yang dapat meredam terik panas matahari pada atap. Panel styrofoam ini sudah pasti hemat biaya dan dapat membantu efisiensi energi. 

Menggunakan Polyurethane foam

Polyurethane foam merupakan bentuk cair yang dapat menjadi peredam panas dalam bentuk cair. Untuk pengapilkasiannya, cairan tersebut disemprotkan ke atap. Setelah disemprotkan, cairan tersebut akan mengering dalam hitungan detik dan bekerja sebagai penahan rambatan panas, penahan bocor dan peredam suara. 

Dengan ketiga jenis pilihan bahan peredam panas ini, atap galvalum tentu tidak akan menjadi masalah lagi terutama dalam panas. Justru dengan atap galvalum, rumah akan terasa lebih nyaman dan minim perawatan karena bahan galvalum yang tahan terhadap karat, serta rayap. 

Baca juga: Ini 5 Keuntungan Pakai Cremona Baja Ringan!

Pemilihan konstruksi bangunan memang sangat penting untuk diperhatikan. Karena itu pilihlah material yang berkualitas. Super Bangun Jaya menyediakan berbagai kebutuhan material untuk keperluan atap rumah Anda. Kualitas barang tidak perlu diragukan harga pun sudah pasti #jaminangacurang. Jadi ayo segera beli kebutuhan atap rumah Anda di Super Bangun Jaya dengan Whatsapp CS SBJ!

LEAVE A COMMENT