warna cat ruangan - bestseller.superbangunjaya.com

Memilih Warna Cat Interior yang Tepat agar Fungsi Ruangan jadi Maksimal

Ketika memasuki sebuah ruangan, sadar atau tidak warna cat pada dindingnya mempengaruhi keadaan psikologis kita. Contoh mudahnya adalah ketika kita masuk ke dalam sebuah ruangan dengan pencahayaan yang baik, furnitur tertata rapi, dan ornamen interior cantik pasti membuat kita nyaman dan betah berada di dalamnya. Dari mulai memberikan efek relax, tenang, hingga nafsu makan, semua ruangan dapat dimaksimalkan fungsinya bila diberi warna yang tepat juga. Lalu apa referensi warna yang dapat memaksimalkan fungsi berbagai ruangan di rumah? Yuk simak artikel ini sampai habis!

Warna Cat Ruang Dapur

Apakah Anda sering memperhatikan restoran-restoran tempat Anda sering makan? Jika Anda sadar, kebanyakan restoran menggunakan nuansa ruangan dengan warna kuning tua, oranye, dan kombinasi warna merah. Yap, tidak salah sebab warna-warna tersebut dapat menghadirkan psikologi yang erat dengan makanan dan membangkitkan nafsu makan. Itulah sebabnya mengapa McD dan KFC mendekor outlet-nya dengan kombinasi warna cat merah, kuning, dan oranye. Kombinasi warna ini juga dapat diaplikasikan pada ruang dapur Anda. Apalagi jika ruang dapur dan ruang makan menyatu atau bersebelahan, warna oranye pasti akan menjadi warna yang tepat untuk sering disinggahi sebagai tempat favorit untuk makan bersama.

Warna Cat Ruang Kamar Tidur

Berdasarkan fungsinya kamar tidur adalah sebuah ruangan untuk beristirahat. Untuk itu, warna yang digunakan sebaiknya adalah warna dinding yang menenangkan dan dapat merelaksasi tubuh. Terutama merileks-kan pikiran yang membutuhkan suasana nyaman. Untuk itu pilihan warna yang terbaik adalah nuansa biru yang lembut dan sedikit gelap. Warna biru dipercaya dapat memberi kualitas tidur yang terbaik khususnya pada malam hari. Beberapa desainer interior pun mengklaim bahwa nuansa biru mampu membantu menekan tekanan darah pada tubuh. Selain pada cat dindingnya, Anda juga dapat memaksimalkan nuansa biru ini pada pajangan, lemari, bedcover, dan langit-langit ruangan.

Warna Cat Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Untuk ruangan ini, Anda bebas memilih warna sesuai dengan keinginan Anda, namun saran kami warna putih dan warna-warna cerah adalah pilihan terbaik. Karena warna-warna yang cerah ini akan terasa menyegarkan dan membuat ruangan yang kecil jadi terasa lebih luas, bersih, dan terang. Untuk dekorasinya, Anda dapat mengkombinasikan warna yang lebih dominan atau tampak menonjol. Misalnya sarung bantal bermotif, karpet bergambar, dan lukisan.

Warna Cat Ruang kerja 

Bagaimana membuat ruang kerja yang dapat mendorong kreativitas? Sebenarnya tidak ada warna khusus untuk hal ini, karena pada prinsipnya ruang kerja yang nyaman adalah ruang kerja yang bersih dan tertata rapi. Akan tetapi, ada beberapa warna yang sebaiknya jangan digunakan alias dihindari, yakni warna biru dan kuning. Karena saat kerja tentu tidak ingin cepat-cepat ngantuk dan lapar, kan? Karena itu untuk mengakalinya Anda dapat mencoba nuansa warna hijau yang asri. Warna hijau dipercaya dapat memberi ketenangan dan kejernihan alam ke dalam pikiran. Untuk memperkuat konsep ini pada ruang kerja, Anda dapat menambahkan tanaman kecil dan perabotan kayu dan ditempatkan pada sisi yang terkena cahaya sinar matahari.

Warna Cat Ruang kamar mandi

Kamar mandi adalah tempat yang sangat private sebagai tempat untuk membersihkan diri dan relaksasi setelah seharian beraktivitas penuh. Karena itu situasi kamar mandi yang menyenangkan juga sangat perlu diperhatikan. Termasuk juga dalam pemilihan warna cat kamar mandi. Lalu warna apa yang sebaiknya digunakan pada kamar mandi? Warna yang paling baik dianjurkan adalah warna-warna polos dan tidak terlalu terang. Yakni warna kalem dan mengandung elemen tanah, seperti kuning muda, beige, dan warna kulit.

Selain pemilihan warna, hal yang tidak dapat diabaikan selanjutnya adalah memilih kualitas cat itu sendiri. Karena bila salah memilih cat, bisa-bisa dinding ruangan jadi cepat luntur, terkelupas, dan tidak rata ketika diaplikasikan. Tidak mau kan hal ini terjadi? Karena itu jangan sampai cat yang digunakan mengandung VOC tinggi alias (Volatile Organic Compound) yang dapat dengan mudah menguap dan membahayakan kesehatan. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sekarang Anda dapat membeli cat yang dibutuhkan di Super Bangun Jaya! Tidak perlu ragu karena kualitas cat dijamin produk ori dengan merk-merk terbaik. Selamat mencoba!

LEAVE A COMMENT