kamar mandi tanpa ventilasi - bestseller.superbangunjaya.com

7 Solusi Kreatif untuk Kamar Mandi Tanpa Ventilasi

Ventilasi udara merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan ketika merancang sebuah hunian. Namun sayangnya, ketika membeli rumah jadi, bagian kamar mandi sudah dirancang sedemikian rupa tanpa ada ventilasi udara yang memadai. Padahal apapun jenis ruangannya, ventilasi tetaplah bagian terpenting dari sebuah rumah. Apalagi untuk kamar mandi yang kerap mengeluarkan uap dari air dalam temperatur tinggi. 

Bukan saja dari fungsinya, tidak adanya ventilasi juga membuat kita tidak betah lama-lama melakukan aktivitas di dalam kamar mandi. Keramas jadi tidak menyenangkan lagi, kan? Akan tetapi, jika mau dirombak maka Anda akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu bagaimana mengakalinya? Mari lihat beberapa ide kreatif yang bisa mengakali kamar mandi minim ventilasi. Simak terus!

Kamar Mandi Tanpa Ventilasi

Solusi kamar mandi tanpa ventilasi - bestseller.superbangunjaya.com

Kurangi kuantitas air

Kamar mandi tanpa air, bagaimana mungkin? Tunggu dulu. Jumlah air di kamar mandi membuat ruangan menjadi terasa lebih panas karena menguapnya air. Jika Anda menaruh banyak ember dan bak berisi penuh dengan air di dalam kamar mandi, maka kualitas udara akan semakin buruk dan lembab. Oleh karena itu, usahakan jangan menggunakan bak mandi dan beralihlah ke shower. Selain dapat mengurangi kelembaban, shower juga dapat menghemat pengeluaran biaya air Anda.

Hidupkan ruangan dengan pencahayaan yang baik

Apakah Anda pernah malas rasanya masuk kamar mandi? Besar kemungkinan karena kamar mandi tersebut sangat lembab, pengap, dan gelap. Karena itu salah satu cara mengakali ruang kamar mandi adalah dengan memberi pencahayaan yang baik dan cantik. Cobalah pasang lampu pada area dinding dan jangan dekatkan dengan pancuran airnya. Lampu yang baik, tidak hanya memberi penerangan yang baik namun juga memberi kesan kamar mandi Anda terasa lebih mewah. 

Tambahkan jendela artifisial

Jika tidak memiliki jendela yang real, kita bisa mencoba membuat jendela artificial dengan lukisan. Sederhana saja, gantungkan sebuah pajangan atau lukisan bergambar alam terbuka alias pemandangan yang indah. Dengan lukisan ini, akan ada cahaya yang seolah-olah mengantarkan cahaya dari luar. 

Tambahkan cermin

Untuk membuat ruang kamar mandi tampak lebih luas dalam ventilasi yang minim, Anda dapat menambahkan cermin besar di dinding. Terutama letakkan berseberangan dengan pintu kamar mandinya. Karena dengan cermin, kamar mandi akan terasa lebih luas akibat refleksi permukaan ruang kamar mandi jadi maksimal.

Pilih warna cat putih agar menambah kesan luas

Warna putih adalah warna yang sangat direkomendasikan bagi ruangan yang sempit. Karena warna putih dapat menyerap penerangan dengan baik dan memberi efek cerah dan luas. Bukan hanya pada dindingnya, pada langit-langit dan keramik, usahakan pilih warna putih atau warna yang senada agar ruangan jadi semakin cerah.

Jaga kebersihan kamar mandi

Kamar mandi adalah tempat privasi yang kita gunakan untuk membersihkan dan memanjakan diri. Jika ruang kamar mandi dibiarkan kotor dan tidak dirawat, dimana lagi tempat untuk memanjakan diri dalam privasi? Karena itu pastikan tidak ada sampah tercecer, kecoa berlarian, dan handuk basah di dalam kamar mandi. Satu lagi, jangan lupa untuk mengeringkan shower setelah dipakai dan rajin-rajinlah menyikat ubin. Untuk menjaga kamar mandi tetap nyaman, Anda bisa berikan aromaterapi dengan aroma yang menyenangkan.

Tambahkan Exhaust Fan

Mau bagaimana pun, harus ada ventilasi di setiap ruangan. Karena itu perlu sedikit ada renovasi yang dikerjakan. Yakni dengan menambahkan exhaust fan. Jika kamar mandi Anda berada di tengah atau tidak berbatasan dengan ruang luar, maka pasanglah exhaust fan di plafon. Dengan adanya exhaust fan ini, udara di dalam kamar mandi bisa disedot ke luar sehingga ada sirkulasi udara yang terjadi di dalam kamar mandi.

Itulah 7 solusi kamar mandi tanpa ventilasi yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Selalu ingat bahwa ventilasi itu sangat penting fungsinya, karena itu lakukan cara di atas agar kamar mandi Anda dapat lebih sehat dan lebih menyenangkan untuk digunakan. Jika Anda ingin mencari kebutuhan dekorasi kamar mandi, Anda bisa mendapatkannya di Super Bangun Jaya! Pilihan banyak, harga terjangkau, dan pastinya #jaminangacurang. Selamat mencoba!

LEAVE A COMMENT