Ketahui Kualitas Keramik yang Anda Beli, Jangan Sampai Tertipu!

Memiliki hunian yang nyaman adalah idaman semua orang. Bahkan untuk mewujudkannya mungkin Anda sendiri yang mengontrol proses pembangunan hingga interior desainnya. Memang, memilih bahan bangunan adalah hal yang penting untuk mewujudkan rumah idaman yang diharapkan. Salah satunya ketika Anda hendak membeli keramik dan granit. Dalam memilih kedua bahan ini, kebanyakan orang akan tergiur dengan motif dan warnanya saja.

 

Padahal, ada hal yang lebih penting dari sekadar memilih warna dan motif keramik. Yakni kualitas keramik itu sendiri. Sebab jika Anda tidak cermat bisa-bisa Anda mendapat keramik KW3!!!

 

Banyak orang yang cukup menyepelekan hal ini sebab mereka tidak dapat melihat langsung perbedaan kualitas keramik dan granit secara kasat mata. Namun jika Anda ingin merenovasi atau membangun rumah sesempurna yang Anda bayangkan, ada baiknya untuk mengetahui perbedaan-perbedaan kualitas pada keramik terlebih dahulu.

 

Istilah KW dalam keramik sebetulnya bukan hal yang perlu ditakuti, sebab KW bukan berarti barang palsu seperti yang kebanyakan terjadi jika membeli produk-produk fashion. KW merupakan keramik kualitas/kelas 2, kelas 3, dan seterusnya. Tentu saja kualitas/kelas ini menunjukkan perbedaan dari segi tampilan dan kualitas.

 

KW 1 merupakan istilah keramik atau granit tanpa cacat produksi. Sementara itu KW 2 dan KW 3 adalah keramik dengan proses produksi yang sama namun memiliki kekurangan pada hasil produksinya. Misalnya seperti ada retak di ujung, panjang tidak sama, terkelupas, dan semacamnya yang tidak lolos pada quality control.

 

Meski tidak sebaik KW 1, keramik kualitas 2 dan kualitas 3 ini cukup banyak diminati juga. Selain bisa untuk keperluan di kamar mandi atau dapur, keramik KW 2 dan 3 disukai karena harganya yang cukup miring. Bayangkan jika Anda membutuhkan keramik dalam jumlah banyak maka biaya akan tertekan hingga 20%!

 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, keramik KW 2 dan KW 3 merupakan keluaran merek yang sama namun tidak lolos standar terbaik dari quality control. Hal ini akan sangat memungkinkan terjadi kecurangan dalam jual beli keramik. Terutama ketika kita mempercayakan begitu saja pada pemborong untuk membeli keramik yang akan dipasang. Bahkan meski kita sendiri bertanya pada penjual, mereka bisa membohongi customer dengan mengatakan KW2 padahal yang dikirim KW3!

 

Alhasil kita sendiri yang rugi sebab harga tidak sesuai dengan kualitas keramiknya. Oleh karena itu cermat membeli keramik akan sangat disarankan untuk Anda yang menginginkan kualitas terbaik!

 

Tips membeli keramik dan granit yang bagus

 

Cek anti gores pada keramik

Jika toko tempat Anda membeli keramik terdapat sampel yang sudah tergores-gores, maka dipastikan keramik tersebut berkualitas buruk. Untuk memilih kualitas yang baik, Anda bisa memilih keramik lantai yang sudah dilengkapi anti gores.

 

Lihat mereknya

Material pada keramik bisa diperhatikan dari merk-merknya. Jika Anda membeli keramik dengan merek yang di bawah standar, maka bisa dipastikan jenis material pada keramik juga tidak baik. Nantinya hal ini akan berpengaruh pada hasil pemasangannya.

 

Beli di toko bangunan yang lengkap dan berkualitas

Tips ini sangat berguna jika Anda membutuhkan keramik dalam jumlah banyak. Jika toko di tempat Anda membeli keramik hanya memiliki sedikit stok sementara kebutuhan Anda banyak, nantinya Anda akan kesulitan mencari keramik yang serupa.

 

Selain itu, toko bahan bangunan yang lengkap dan berkualitas akan menjamin produk-produknya adalah produk terbaik. Dan tak kalah penting, keramik akan disimpan dalam gudang yang memadai. Sehingga keramik tidak sembarangan ditumpang-tindih dengan keramik yang lain.

 

Super Bangun Jaya sebagai supermarket bahan bangunan terlengkap selalu menjamin produk-produk yang Anda butuhkan adalah produk berkualitas! Cuma SBJ yang berani kasih #jaminanGaCurang!

 

Kualitas terjamin, motif terlengkap, harga termurah! Klik di sini untuk lihat harga terbaru!

 

 

 

RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT