unfinished dinding ekspos

Cara Coating Dinding Semen Expose/Unfinished

Coating dinding ekspos – Halo sahabat SBJ! Jika Anda pernah mengunjungi tempat-tempat industri atau cafe dengan konsep klasik, mungkin saja Anda menjumpai dinding yang tidak dicat atau berkesan tidak selesai pengerjaannya. Ya! Inilah yang dinamakan unfinished wall design.

Meski unfinished hanyalah istilah, memang konsep ini pada dasarnya ingin menunjukkan artistiknya sebuah bangunan dengan semen atau batu bata saja. Konsepnya adalah bergaya klasik, industrial, kuno, dan unik. 

Bukannya sengaja tidak diselesaikan, unfinished wall design ini menggunakan teknik finishing yang menggunakan semen saja. Sehingga tanpa adanya acian dan cat berwarna, dinding dengan warna semen itu sendiri yang ditonjolkan. Pada umumnya yang digunakan adalah warna semen abu-abu. Namun ada pula yang menggunakan semen putih, bahkan bata-bata merah seperti background podcastnya Dedy Corbuzier.

Keuntungan Unfinished / Finishing Semen Expose

Jika Anda mengaplikasikan konsep ini, finishing semen expose bisa membuat pengeluaran Anda lebih terjangkau. Teknik ini dinilai lebih ekonomis karena tidak perlu mengeluarkan biaya proses material finishing lainnya. Sehingga menghemat biaya bahan dan tukang untuk proses acia, pencedatan, atau pemasangan wallpaper. 

Teknik unfinished ini bisa diterapkan pada semua ruangan. Kecuali pada kamar mandi dan area luar rumah, sebab semen ekspos rawan retak bila terkena panas dan hujan. 

Selain lebih ekonomis, pengerjaannya pun lebih mudah. Untuk merancang dinding dengan konsep unfinished atau semen ekspos, Anda dapat menggunakan cara berikut. 

Cara Membuat Dinding ekspos

Polished Concrete Wall
Contoh Polished Concrete Wall

Pertama, tentukan ruangan yang ingin dikerjakan. Meski bisa diaplikasikan pada dinding manapun, sebaiknya tetap dikonsepkan. Seperti di ruang tamu misalnya, harus diatur sebaik mungkin bagaimana warna dan hiasan yang digunakan supaya dinding unfinished ini bisa muncul sebagai perhatian yang menarik bagi siapapun yang melihatnya. Berbeda dengan kamar, dinding lebih dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah. 

Kedua, lakukan plester pada permukaan dinding. Plesteran ini bisa dibuat dengan menggunakan adukan semen dan pasir. Tipsnya adalah dengan memastikan kerikil pada pasir disisakan seminimal mungkin, yakni bisa diayak lebih dulu. Agar bahan plesteran ini sempurna, buat dengan perbandingan semen dan pasir 1:3 atau 1:4. Aduk hingga tercampur rata, aduk sedikit demi sedikit dengan tambahan air. 

Ketiga, lakukan aplikasi plesternya. Jika plesteran sudah tercampur sempurna, maka plestaran tersebut dapat diaplikasikan pada dinding yang sudah ditentukan tadi. Buat ketebalan sekitar 1-2 cm ya! Ratakan pada dinding, dan pastikan tidak ada adonan yang menggumpal. 

Keempat, diamkan dahulu sampai mengering dan lakukan finishing yang sesuai. Terdapat empat cara finishing yang dapat dipilih. Yaitu Polished Concrete Wall, Seamless Concrete Wall, Fibre Cement, dan Faux Concrete Wall Finish. Cara yang pertama paling banyak dipilih oleh orang-orang.

Mendekorasi ala dinding unfinished

fibre cement
Contoh Fibre Cement

Seperti pada konsep dinding lainnya, exposed wall juga bisa ditambah dengan beberapa hiasan lain. Setelah selesai membuat dinding unfinished, Anda dapat menambahkan beberapa hiasan agar dinding Anda semakin terlihat aesthetic.

Dekorasi dinding yang dipasang pada unfinished wall dapat menambah keindahan dengan kesan otentik lho. Warna abu-abu yang terkesan dull menjadi lebih hidup. Warna abu-abu yang gelap juga dapat dikombinasikan dengan warna cerah. Anda juga bisa menambah material berbahan kayu sehingga lebih bergaya minimalis, kontemporer, dan hangat. 

Faux Concrete Wall Finish
Contoh Faux Concrete Wall Finish

Itulah beberapa tips membuat dinding ekspos atau unfinished yang minimalis untuk rumah Anda. Jika Anda membutuhkan bahan-bahan untuk membuat dinding unfinished, Anda bisa mendapatkannya di Super Bangun Jaya. 

Di sini terdapat berbagai kebutuhan bahan bangunan yang berkualitas baik dengan merk unggulan. Untuk harganya pun, tidak perlu khawatir karena kami berani kasih #jaminangacurang. Segera hubungi kami melalui whatsapp, atau klik superbangunjaya.com untuk order lebih mudah!

Jangan lupa untuk follow instagram Super Bangun Jaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya agar nggak ketinggalan info promo dan artikel ter up to date lainnya.

Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT