memilih triplek sesuai kebutuhan superbangunjaya.com

Memilih Triplek Sesuai Kebutuhan

Memiliki hunian yang nyaman adalah keinginan semua orang. Banyak cara yang bisa dilakukan agar tercipta hunian yang nyaman, hal yang terpenting adalah memilih bahan bangunan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu bahan bangunan yang penting untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda adalah triplek. Triplek adalah material yang terbuat dari bilah kayu yang digunakan untuk pelapis interior untuk dinding pembatas dan plafon.

Memilih triplek harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda, tidak boleh sembarangan pilih. Beragam jenis triplek memiliki karakteristiknya sendiri dan karaktertistik triplek harus disesuaikan dengan jenis ruangan yang akan dipasangkan triplek. Urat kayu dan lapisan yang ada pada triplek disusun secara berbeda, ada yang memiliki lapisan yang tebal dan ada juga yang tipis. Ketebalan triplek berpengaruh pada ketahanan, kualitas, dan fungsinya masing-masing.

Memilih Triplek Sesuai Kebutuhan

Dalam artikel ini akan dibahas 3 fungsi triplek yang biasa dicari untuk kebutuhan rumah. Di antaranya adalah untuk atap rumah, untuk lantai loteng, dan untuk pembuatan lemari. Untuk membantu Anda memilih triplek sesuai dengan kebutuhan, berikut pilihan triplek berdasarkan ruangan yang akan digunakan:

Triplek untuk Atap Rumah

triplek untuk atap rumah

Triplek digunakan sebagai bahan untuk plafon rumah. Plafon dengan bahan triplek lebih banyak dipilih, karena harganya yang relatif murah dan pemasangannya yang mudah. Pada umumnya, ukuran langit-langit triplek yang sering dijual adalah sebesar 122 cm x 244 cm, dengan ketebalan mulai dari 3 mm sampai 6 mm.

Plafon berbahan triplek dapat Anda pilih karena memiliki banyak fungsi. Menjadi pelindung antara ruang kosong dalam kerangka atap dan bagian dalam rumah, menjaga suhu udara dalam rumah agar selalu stabil, melindungi rumah dari kotoran dan debu, dan bahan triplek ini dapat meredam suara bising dari luar rumah.

Triplek untuk Lantai Loteng

triplek untuk lantai loteng

Loteng identik dengan ruangan kecil, panas, dan tidak terurus. Ruangan satu ini memang perlu perlakuan khusus agar penggunaan ruangan ini bisa tetap nyaman ditempati. Bangunan pada loteng biasanya hanya semi permanen dengan material penopang lantai berupa bahan dari kayu, tripleks, dan multipleks.

Bahan triplek yang cocok digunakan untuk lantai adalah bahan yang kuat. Biasanya ketika digunakan untuk lantai loteng digunakan jenis triplek teakblock. Teakblock ini merupakan triplek dari lembaran kayu jati yang dipress menjadi satu sehingga memiliki tekstur dan lapisan yang lebih tebal. Jika Anda sering melihat lantai dengan bahan triplek, maka teakblock inilah yang dimaksud. Dan di era saat ini, sudah banyak teakblok yang daya tahannya unggul dengan desain elegan.

Triplek untuk Lemari

triplek untuk lemari

Selain digunakan sebagai bahan bangunan untuk atap rumah, triplek juga berguna sebagai bahan utama pembuatan furniture, seperti lemari. Triplek sering digunakan karena murah dan kerapatan permukaanya bagus. Jenis plywood adalah jenis triplek yang paling sering digunakan dalam pembuatan lemari. Triplek plywood terbuat dari kayu pinus, sengon, dan sungkai.

Triplek plywood memiliki kelebihan, seperti tahan terhadap air, memiliki daya kedap terhadap suara dan memiliki lapisan permukaan yang berseni yang cocok digunakan untuk keindahan furniture. Namun plywood juga memiliki kekurangan, tidak tahan terhadap cuaca yang ekstrim sehingga triplek jenis ini kurang cocok digunakan untuk furniture yang bertempat di luar ruangan.

Triplek memang memiliki banyak fungsi yang bisa memenuhi kebutuhan rumah Anda. Berbagai macam jenis triplek yang berkualitas bisa Anda dapatkan di toko bangunan online, Super Bangun Jaya. Triplek dengan ketebalan 2mm, 3mm, 4mm, 6mm, 8mm, hingga 9mm bisa Anda dapatkan di Super Bangun Jaya. Jenis kayu yang ditawarkan juga beragam, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pemesanannya pun mudah, bias via whatsapp atau langsung kunjungi website superbangunjaya.com. Yuk, langsung saja, klik superbangunjaya.com untuk memilih bahan bangunan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa follow Instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya untuk informasi terupdate soal bangun dan renovasi rumah. Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT