rumus tinggi kuda kuda atap rumah

Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah

Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah – Memilih bahan bangunan untuk rumah memang bukan hal mudah. Banyak komponen yang perlu diperhatikan agar bangunan rumah kokoh dan tahan lama. Setiap komponen pada bangunan rumah berpengaruh terhadap komponen lainnya, sehingga penting bagi Anda memperhatikan pilihan bahan bangunan untuk rumah Anda.

Bahan bangunan seperti semen, batu bata, pasir, kayu, besi, pondasi, dan bahan bangunan lainnya harus disesuaikan dengan kebutuhan rumah yang Anda bangun. Apakah hanya bahan bangunan yang perlu diperhatikan? Tentu tidak, Anda juga memerlukan perhitungan yang matang untuk setiap bagian pada bangunan rumah Anda.

Perhitungan yang harus dilakukan sangat detail pada saat Anda membangun rumah, salah satunya adalah pembangunan pada bagian atap rumah. Atap menjadi hal krusial dalam pembangunan rumah, bagaimana tidak, keberadaan atap yang berfungsi sebagai penutup rumah, memegang peranan penting untuk bangunan rumah nantinya. Sirkulasi udara, penyerapan panas, hingga untuk alasan estetik mempengaruhi seberapa pentingnya keberadaan atap rumah pada bangunan yang sedang dibangun.

Apa Itu Kuda-Kuda Atap Rumah?

Dalam membangun atap rumah, terdapat kuda-kuda atap rumah yang memegang peranan penting dalam sebuah bangunan, baik itu rumah ataupun gedung. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Kuda-kuda atap rumah ini merupakan hal utama yang menyokong kokohnya atap rumah agar tercipta tinggi atap rumah yang ideal. Terciptanya atap rumah yang ideal memerlukan perhitungan cermat agar apa yang dikerjakan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah - bestseller.superbangunjaya.com

Bagaimana cara menciptakan atap yang ideal?

Sebelum anda melakukan perhitungan pada kuda-kuda atap demi terbentuknya atap yang ideal, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih bahan apa yang paling cocok digunakan untuk kuda-kuda atap rumah Anda. Berikut adalah pilihan bahannya:

  • Baja Ringan

Bahan ini banyak digunakan pada bangunan zaman sekarang. Keunggulan bahan ini adalah harga yang murah, tahan lama, anti karat, dan bobotnya yang tidak terlalu berat dibandingkan bahan lainnya.

  • Kayu

Bahan ini umum digunakan karena mudah didapatkan dan bahan ini tidak mudah dialiri oleh listrik.

  • Beton

Bahan beton digunakan untuk tempat tinggal maupun gedung tertentu. Komposisi pemasangan kuda-kuda ini haruslah teliti.

Setelah mengetahui secara singkat bahan apa yang bisa Anda pilih untuk membangun kuda-kuda atap, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghitung rumus tinggi kuda-kuda atap rumah agar kemiringan atap menjadi ideal.

Baca juga: Menentukan Tinggi Atap Rumah yang Ideal

Kemiringan atap berdasarkan sudut kemiringan dalam pemasangan kuda-kuda atap rumah menjadi hal inti agar terciptanya atap yang ideal. Kemiringan atap antara sudut 25-40 derajat, dianggap menjadi sudut ideal bagi kuda-kuda atap rumah. Namun, sudut 30 derajat adalah sudut yang sering digunakan dalam pembangunan kuda-kuda atap. Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana sebenarnya menentukan sudut ideal bagi kuda-kuda atap rumah. Sebenarnya Anda bisa mengetahui sudut idealnya dengan menggunakan rumus tinggi kuda-kuda atap rumah.

Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah - bestseller.superbangunjaya.com
source: javasdesign

Menghitung Tinggi Kuda-Kuda Atap Rumah

Tinggi Kuda-Kuda Atap = ½ (panjang bentang) x Tangen dari sudut kemiringan atapnya

Perhitungan sederhananya seperti ini, dalam penghitungan tinggi kuda-kuda atap tersebut dapat diumpamakan dengan panjang bentang atap 6 meter. Kemudian, sudut kemiringan yang digunakan adalah 30 derajat, maka

Tinggi kuda-kuda atap = (6/2) X 0,58 atau 3 x 0,58 = 1,73 meter

Mungkin Anda bingung,  dari manakah angka 0,58 tersebut didapatkan? Angka itu didapat dari Tangen 30 derajat. Dengan menggunakan tangen 30 derajat,  sehingga didapatkan hasil sebesar 0,58. Angka inilah yang menjadi acuan dalam menghitung rumus kuda-kuda atap rumah.

Anda sudah mengetahui bagaimana menghitung rumus tinggi kuda-kuda atap rumah bagi rumah Anda, agar terwujud bentuk yang ideal sesuai kebutuhan Anda. Jika anda masih ragu memilih jenis atap yang sesuai kebutuhan, Super Bangun Jaya bersedia membantu Anda menemukan produk atap terbaik yang kami punya. Anda bisa menggunakan fitur tanya-tanya SBJ via WhatsApp untuk informasi lebih lanjut.

Keperluan bangunan yang berkaitan dengan bagian atap rumah atau bahkan keperluan bangunan lainnya yang berkaitan dengan bahan bangunan indoor dan outdoor, bisa Anda temukan di superbangunjaya.com yang menyediakan bahan bangunan secara lengkap murah dan berkualitas.

Mau dapat banyak promo? Jangan lupa follow Instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya agar tidak ketinggalan informasi penting setiap harinya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT