mencegah pagar besi berkarat - bestseller.superbangunjaya.com

Cara Mencegah Pagar Besi Berkarat

Cara mencegah pagar besi berkarat – Pagar merupakan bagian terluar dari rumah. Karena itulah pagar paling beresiko terkena korosi akibat terkena perubahan cuaca. Asam dari air hujan dan sinar matahari yang langsung mengenai pagar dapat menyebabkan benda-benda di luar rumah rentan pada kerusakan, terutama pada pagar yang terbuat dari besi. 

Saat ini pagar besi sudah sangat beragam macamnya. Anda dapat memesan desain pagar besi yang diinginkan dan bisa langsung dikerjakan oleh tukang las dari bengkel las. Harganya pun dapat bermacam-macam sesuai dengan berapa banyak material besi yang dipakai, alat bantu yang diperlukan seperti kawat las, mesin las, dan lain-lain, serta ongkos upah tenaga kerjanya. 

Namun sayangnya, sebagus apapun pagar besi yang dibuat bila lupa dirawat akan mengalami karatan juga. Memang tidak diperlukan perawatan khusus, namun setelah 5 tahun pagar akan terlihat lebih kusam, terdapat karat di berbagai sisi, bahkan tak jarang ada bagian pagar yang keropos karena kualitas besi yang tidak bagus.

Karena itu, mari lihat bagaimana cara mencegah pagar besi agar tidak berkarat seperti yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Cara Mencegah Pagar Besi Berkarat

Hindari si penyebab pagar besi berkarat

Tiga faktor utama penyebab karat adalah air, oksigen, dan garam terlarut. Bila ketiganya dipertemukan pada besi, maka reaksi oksidasi akan menimbulkan karat pada pagar besi. Karena itu untuk mencegah pagar besi dari karat, maka harus diputuskan hubungan dari ketiga elemen tersebut. Yakni dengan melapisi pagar besi dengan cat.

Cara Mencegah Pagar Besi Berkarat

Bersihkan bagian yang sudah berkarat

Bila sudah ada bagian yang berkarat, yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkannya dengan kain lap yang kasar. Tekstur lap yang kasar dapat mempermudah Anda dalam mengangkat karat pada pagar besi. Sediakanlah beberapa lap bila lap yang dipakai sudah sangat kotor. 

Cara Mencegah Pagar Besi Berkarat

Cat ulang dengan cat besi anti karat

Untuk mencegah karat datang kembali, Anda dapat memakai cat besi yang bagus. Tentu Anda tidak mau kan pagar besi Anda malah jadi terlihat jelek setelah dilakukan pengecatan?  Saat ini sudah ada berbagai macam cat yang memiliki fitur anti karat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Mowilex Acrylic Gloss Enamel

Mowilex Acrylic Gloss Enamel merupakan merk cat besi anti karat dengan bahan dasar air. Cat ini dapat digunakan untuk kebutuhan eksterior dan interior dengan baik diaplikasikan pada bahan besi dan kayu. Cat besi ini juga bisa membuat besi terlihat lebih mengkilap. Dengan cat besi dari Mowilex ini, dipastikan akan menghasilkan pagar besi yang anti karat. Selain itu warna yang dihasilkan pun akan lebih tahan lama dan tidak mudah terkelupas.

Propan Aqua Primtop APT-90 WB

Propan Aqua Primtop merupakan cat besi anti karat yang terbuat dari bahan acrylic water. Cat ini mempunyai dua fungsi, yakni bisa diaplikasikan sebagai cat primer maupun cat akhir. Akan sangat praktis dan ekonomis sekali jika Anda memakai produk cat yang satu ini karena Propan Aqua Primtop APT-90 WB juga ramah lingkungan karena memiliki kandungan voc 0%.

Propan GO Fast A-1000

Ada lagi cat Propan yang dapat digunakan sebagai cat pagar besi. Propan GO Fast A-1000  adalah salah satu yang terbaik karena bisa diaplikasikan pada kayu dan besi. Cat ini berbahan dasar sintetik yang dapat berfungsi sebagai anti racun dan ramah lingkungan. Propan GO Fast A-1000 juga tidak berbau, cepat kering, dan tahan pada cuaca.

Avian High Gloss Enamel

Cat besi ini terbuat dari bahan alkyd yang juga bisa diaplikasikan pada kayu dan besi. Bisa juga digunakan untuk interior dan eksterior karena cat ini punya sifat melindungi dari karat, jamur hingga rayap. Cat Avian High Gloss Enamel ini juga akan melindungi besi dari panas matahari dan hujan. Hasil akhir yang bisa langsung dirasakan dengan cat besi Avian ini adalah hasil yang sangat halus dan terlihat mengkilap, sehingga nyaman saat disentuh.

Dulux V-Gloss Doff

Dulux juga mengeluarkan V-Gloss Doff sebagai cat besi yang punya teknologi mutakhir bernama V active formula. Teknologi ini akan membuat daya sebar cat akan lebih luas dan mampu menutup seluruh bidang berbahan besi dan kayu. Hasil akhir dari merk cat besi dan kayu ini juga sangat halus dan mengkilap. Sehingga pagar besi akan terlihat indah saat dipandang. 

Setelah melihat berbagai merk cat rekomendasi, berikut ini adalah tips untuk merawat pagar dengan cara mengecat ulang agar pagar besi rumah tampak baru kembali jika dipandang :

  • Bersihkan permukaan pagar besi agar saat pengecatan tidak bergelombang.
  • Sebelum dilakukan pengecatan baru, lapisi pagar besi dengan cat dasar. Pilih cat dasar yang tahan alkali, agar cat mudah kering.
  • Campur tinner ke dalam cat secukupnya. 
  • Mulailah mengecat menggunakan kuas. Ganti kuas bila sudah banyak memberi guratan pada hasil pengecatannya.
  • Bila lapisan cat mengalir ke bawah, hentikan dulu. Tunggu hingga cat yang mengalir tadi kering.
  • Amplas hingga permukaan kembali rata. Kemudian lakukan kembali pengecatan.

Itulah tips dalam merawat pagar besi rumah Anda. Dengan cara-cara tersebut pagar besi rumah Anda akan senantiasa mengkilat, dan tahan dari karat untuk waktu yang lama. Bila Anda membutuhkan cat untuk pagar besi rumah Anda, langsung hubungi Super Bangun Jaya di nomor ini >> CS Super Bangun Jaya <<

Jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya agar Anda bisa langsung mendapat info saat ada promo menarik. Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT