kreasi pagar baja ringan - bestseller.superbangunjaya.com

3 Kreasi Pagar Rumah dengan Baja Ringan

Kreasi Pagar Baja Ringan – Memiliki rumah yang nyaman merupakan idaman banyak orang. Apalagi jika rumah tersebut sengaja dirancang estetis sehingga tidak hanya nyaman secara fungsi tapi juga nyaman dilihat. Rumah minimalis yang kini diminati pun tak mau kalah dalam mengedepankan sisi estetisnya. Rumah minimalis diminati karena tidak membutuhkan lahan yang banyak, namun dibutuhkan inovasi untuk membuat rumah dapat tampil indah.

Dalam membangun rumah minimalis, pagar merupakan salah satu unsur penting yang tidak dapat ditinggalkan. Sebab pagar dapat menjadi pelindung rumah sekaligus menambah daya tarik bagi rumah itu sendiri. Anda dapat memasang pagar dengan desain unik agar berbeda dari rumah-rumah lainnya. Untuk membuat pagar ada beberapa material yang bisa digunakan, seperti kayu, besi, batu, dan sebagainya. Tapi pernahkah terpikir membuat pagar dari baja ringan?

Material baja ringan belakangan menjadi material yang banyak digunakan untuk membuat beberapa bagian-bagian rumah, seperti rangka atap dan pagar. Kepopuleran baja ringan pun tak kalah lho dengan bahan-bahan lain seperti kayu, batu bata, dan besi. Bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas serta budget yang mahal, maka baja ringan bisa menjadi pilihan yang tepat! 

Mengenali bentuk-bentuk baja ringan 

Sebelum melihat bagaimana desain pagar baja ringan yang bisa Anda gunakan, mari kita kenali bentuk-bentuk baja ringan terlebih dahulu.

Umumnya bentuk baja ringan yang sering dipakai adalah bentuk “canal” atau “C” dan “Omega”. Profil C lebih sering digunakan karena ketika digabungkan dan dihadapkan, akan membentuk menjadi kotak.

Sementara itu, baja ringan juga memiliki berbagai jenis. Di antaranya ada tiga jenis yang bisa ditemui secara mudah, yakni kaso metal baja ringan, reng baja ringan, dan baja ringan taso. Yang membedakan antara ketiganya adalah kaso metal berbahan plat baja dengan gaya tarik tinggi dan dilapisi dengan seng dan aluminium atau bisa juga galvanis. Biasanya kaso digunakan untuk rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan. Kedua, reng baja ringan adalah baja yang berbentuk trapesium dan biasanya digunakan sebagai peletakan atap. Dan ketiga, baja ringan taso adalah baja ringan yang memiliki ketebalan 0,75mm dan 1 mm dengan tinggi 7,5cm.

Untuk membuat kreasi baja ringan sebagai pagar, Anda dapat memadukannya dengan beberapa material pembantu agar rumah tampak lebih cantik. Berikut ini kreasi pagar yang dibuat dari baja ringan. 

Kreasi Pagar Baja Ringan

kreasi pagar baja ringan - bestseller.superbangunjaya.com

Memadukan Baja Ringan dan Beton

Biasanya baja ringan akan dipadukan dengan material lain agar terlihat lebih kokoh dan indah. Beton dipasang di pinggiran pintu atau batas pagar, sementara itu baja ringan dipasang untuk mengelilingi hunian rumah Anda. Dengan perpaduan baja ringan dengan beton, pagar rumah akan terlihat kokoh namun tetap minimalis dan penuh gaya.

kreasi pagar baja ringan - bestseller.superbangunjaya.com

Memadukan Baja Ringan dan Kayu

Material kayu yang dipadukan dengan baja ringan untuk pagar rumah bisa dibilang cukup unik. Tekstur kayu yang khas dan warnanya yang alami membuat bahan ini sering digunakan dengan desain ala pedesaan. Namun dengan menambah baja ringan, tampilan pagar akan jadi lebih bergaya. Untuk membuat pagar kayu awet, gunakan cat pelapis.

kreasi pagar baja ringan - bestseller.superbangunjaya.com

Memadukan Baja Ringan dengan Batu Alam

Batu alam juga menjadi salah satu material yang bisa dibuat sebagai pagar. Dengan batu alam, rumah akan tampak berkesan alami. Teksturnya yang keras sangat cocok sebagai dasar bahan bangunan, termasuk dalam membuat pagar. Dengan perpaduan batu alam dan baja ringan, konsep ini akan mendatangkan kesan alami dan modern. Akan tetapi batu alami adalah bahan yang mudah berjamur dan berlumut, karena itulah perlu dibersihkan secara teratur agar jamur tidak menutupi estetika batu alami pada pagar Anda. 

Itulah berbagai ide kreasi pagar yang dibuat dari baja ringan. Diharapkan dapat mempercantik rumah Anda dengan pagar yang kreatif. Dalam menggunakan baja ringan diperlukan ketepatan dalam memilih ukurannya, sebab dengan ukuran dan jenis yang sangat beragam, bisa-bisa pagar rumah tidak menjadi seperti yang Anda impikan. Bila Anda sedang membutuhkan baja ringan untuk membangun rumah, langsung konsultasikan pada CS WhatsApp kami! Ingin melihat

About Post Author