ukuran besi hollow - bestseller.superbangunjaya.com

Menentukan Ukuran Besi Hollow untuk Furniture Rumah

Setelah seharian beraktivitas, tubuh perlu waktu beristirahat dari lelahnya pekerjaan. Akan menyenangkan bila seisi rumah diisi dengan furniture yang rapi sekaligus menampilkan sisi dekoratif. Sehingga furniture tersebut tidak hanya fungsional, namun juga memiliki sifat estetis yang nyaman dipandang. Biasanya furniture dibuat dari bahan dasar kayu jati yang memiliki tingkat kelembaban tinggi sehingga awet dan tahan dari rayap. 

Ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan untuk menjadi material utama sebuah furniture salah satunya adalah kayu jati. Kayu jati terkenal dengan kekokohan dan daya tahannya yang sangat baik. Seperti tIdak mudah rusak, tahan patah, dan lebih awet. Kayu jati juga memiliki kadar minyak yang tinggi sehingga dapat bertahan dari serangan rayap. Ditempatkan di cuaca lembab, wilayah tropis, bahkan cuaca ekstrim, kayu jati diklaim dapat bertahan dan awet. 

Namun sayang semakin banyaknya produksi furniture yang terbuat dari kayu membuat ketersediaan bahan kayu jati jadi semakin sulit. Semakin banyak pula bahan kayu yang kualitasnya jelek tapi dikatrol dengan harga mahal. 

Alternatif yang bisa digunakan adalah dengan membuat furniture rumah tangga dari bahan lain. Yakni dengan memakai besi yang ketersediaannya banyak dan mudah dibuat. Bahan besi yang banyak macamnya, seperti besi plat, besi beton, besi siku, dan sebagainya. Di antara semua itu, mungkin Anda tidak sadar bahwa salah satu jenis besi yang bisa dibuat untuk banyak keperluan furniture rumah tangga adalah besi hollow. 

Besi hollow adalah jenis besi yang memiliki rongga sehingga bisa disesuaikan jika digunakan untuk berbagai keperluan. Lebih tepatnya besi hollow adalah jenis besi yang seperti pipa panjang dengan rongga berbentuk segi empat. Bukan tanpa alasan jika banyak orang menggunakan besi hollow sebagai rangka atau lapisan dari banyak pengerjaan. Sebab besi hollow memiliki beberapa keunggulan, seperti kualitas yang baik, pemasangan relatif cepat dan mudah, perawatan awet, dan tidak mudah mengalami korosi.

Besi hollow biasanya digunakan untuk membuat plafon, railing, pagar, dan furniture industrial. 

Penggunaan besi hollow untuk rangka plafon

Besi hollow yang digunakan untuk rangka plafon sangat mudah untuk diaplikasikan. Hanya cukup disekrup, plafon gypsum maupun grc dapat terpasang dengan kuat pada rangka plafon yang terbuat dari besi hollow. Untuk membuat rangka plafon, ukuran besi hollow yang digunakan adalah 40×40.

Penggunaan besi hollow sebagai railing pagar

Salah satu kegunaan besi hollow yang banyak dijumpai adalah sebagai railing pagar. Sebab pagar merupakan salah satu eksterior rumah yang secara langsung mengalami perubahan cuaca. Sehingga diperlukan bahan galvanis, galvalume atau stainless untuk ketahanan yang lebih lama dan anti korosi.

Sebagai railing pagar, ukuran besi yang digunakan biasanya adalah 40×40 atau 50×100 dengan ketebalan 1,6mm dan jari-jari berukuran 20×40 dengan ketebalan 1,2mm. Terkadang diperlukan beberapa plat berlubang yang diletakkan di bawah atau plat strip 3cm dengan ketebalan kurang lebih 4mm. 

Penggunaan besi hollow sebagai rangka furniture

Semakin modern, semakin banyak orang yang membuat furniture dengan bahan besi hollow. Rak, meja, kursi, credenza, partisi ruangan hingga rangka untuk ranjang bisa menggunakan besi hollow. Biasanya besi hollow yang digunakan untuk keperluan furniture adalah besi dengan ukuran 36x36mm. Memang cukup besar karena beban yang ditanggung pun besar pula. Untuk mempercantik besi hollow, besi dapat dicat warna hitam dan ditambah sedikit sentuhan kayu pinus atau multipleks lapis hpl. Berikut ini adalah beberapa inspirasi penggunaan besi hollow untuk furniture rumah. 

Besi hollow untuk kursi

Kursi yang dibuat dari material besi hollow memiliki sifat yang ringan namun tetap memiliki kekuatan yang baik. Memang biasanya kursi dari besi hollow diletakkan di luar ruangan, namun tidak menutup kemungkinan jika Anda mengkreasikan kursi dari besi hollow ini untuk menjadi furniture dalam rumah Anda. Kursi dengan bahan besi hollow menggunakan ukuran 50mm dan perlu di-finishing dengan cat duco.

Besi hollow untuk meja

Untuk membuat meja dari besi hollow, diperlukan ketebalan 50mm seperti untuk membuat kursi. Meja dengan besi hollow biasanya digunakan sebagai meja makan. Penempatannya pun akan semakin indah bila dipadukan dengan kayu jati atau kayu trembesi. 

Besi hollow untuk ranjang

Ada berbagai ukuran yang biasa digunakan untuk membuat rangka ranjang dari besi hollow, yakni dengan 30x30mm.

Baca juga: 5 JENIS RAK DARI BESI HOLLOW YANG CANTIK DAN MULTIFUNGSI

Itulah beberapa kegunaan besi hollow yang bisa digunakan baik untuk keperluan di luar maupun furniture di dalam rumah. Secara keseluruhan, pemilihan dimensi besi hollow tetap harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Dengan demikian fungsi dan sisi dekoratifnya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Super Bangun Jaya menyediakan berbagai jenis besi hollow sesuai kebutuhan Anda. Tanyakan pada CS Whatsapp kami!

LEAVE A COMMENT