renovasi rumah hemat biaya - bestseller.superbangunjaya.com

5 Tips Biar Renovasi Rumah Hemat Biaya

Dalam waktu tertentu rumah memang harus direnovasi. Setidaknya diperbaiki untuk beberapa bagian. Misalnya atap rumah yang bocor, keramik yang mulai retak, dan dinding yang terkelupas. Akan tetapi karena tingginya harga material dan tenaga ahli bangunan, perkara memperbaiki rumah sering diundur oleh pemilik rumah sampai mereka menyanggupi biaya yang harus dikeluarkan. 

Kenapa merenovasi rumah bisa mahal? Tentu saja karena perhitungan yang tidak tepat. Artinya biaya yang mahal dan membengkak dipastikan karena budgetingnya tidak sesuai dengan kesanggupan. Selain itu bisa juga karena bagian rumah yang diperbaiki jadi merambat ke bagian yang tidak terduga. Yang tadinya hanya memperbaiki satu bagian atap bocor, ternyata ada bagian atap lain yang bermasalah juga. Karena itulah edukasi mengenai cara dan biaya renovasi rumah perlu dipahami agar anggaran dapat dipergunakan dengan maksimal. 

Nah, supaya Anda bisa menghemat pengeluaran, serta mengatur anggaran dengan tepat, mari ikuti beberapa strategi berikut!

Pikirkan dengan matang bagian mana yang harus diperbaiki 

Sebelum beranjak pada rencana mempercantik rumah, di tahap ini Anda wajib menentukan bagian rumah mana saja yang ingin diperbaiki. Tahap ini sangat penting sebab prioritas Anda akan bertumpu pada masalah yang harus diperbaiki terlebih dulu.

Untuk membantu, Anda dapat membuat piramida prioritas. Yakni bagan untuk melihat kembali prioritas kepentingan yang harus didahulukan. Dari bagan ini nantinya akan terlihat apa saja yang harus dibeli terlebih dahulu. Jangan sampai godaan lain seperti properti lampu pajangan, bufet, dan meja yang cantik jadi mengalihkan Anda dalam mengeluarkan biaya perbaikan.

Hitung setiap harga material dan pengerjaannya

Lakukanlah perhitungan anggaran yang terperinci dengan menghitung setiap harga material dan biaya jasa dari seluruh pekerjaan. Pembuatan rencana anggaran biaya ini bisa berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaannya. Misalnya jika Anda menghitung besarnya komponen bata ringan, lakukan perhitungan volume secara satuan isi dan dikalikan dengan harga satuan isi. Jangan lupa perhitungkan harga jasa tukang yang Anda pekerjakan setiap harinya.

Jika Anda dapat disiplin dari setiap anggaran, maka rencana dalam memperbaiki dan renovasi akan berjalan dengan maksimal dan hemat, hasil akhirnya pun akan terlihat bagus sesuai keinginan Anda. Bila ada material lama yang masih bisa digunakan, maka material itu harus dilepaskan dengan hati-hati, agar tidak merusak bahan tersebut dan material di sekelilingnya.

Pastikan perbaikan dan renovasi dilakukan di saat yang tepat

Memperbaiki dan merenovasi rumah sebaiknya jangan dilakukan saat musim hujan. Karena di musim hujan, tukang yang mengerjakan akan mengalami kesulitan. Material yang digunakan pun akan sulit kering sehingga bahan-bahan akan jadi cepat rusak. Sehingga pekerjaan ini akan menyita banyak waktu sementara Anda harus tetap membayar mereka. Karena itu usahakan pilihlah waktu yang cerah.

Pastikan kualitas jenis dan bahan yang digunakan sesuai kebutuhan

Dana bisa saja terbatas. Karena itu tidak ada salahnya memilih material yang berkualitas bagus, berkualitas sedang, atau barang bekas. Namun tetap saja, material dengan kualitas bagus tentu akan membuat Anda tidak repot di masa mendatang. Karena memilih barang bekas artinya ada resiko yang harus Anda tanggung.

Anda pun harus menentukan mana bagian yang bisa dipasangkan material bekas. Sebab ada bagian-bagian tertentu yang wajib menggunakan barang baru. Seperti pondasi rumah, pipa air yang ditanam, struktur bangunan, dan rangka atap harus menggunakan material baru. Jika pada bagian-bagian tersebut dipaksakan dengan material bekas, akan sangat rawan terjadi kerusakan yang serius. Nantinya malah uang Anda yang habis lebih banyak.

Membeli sendiri material yang dibutuhkan dan mencari diskon

Membeli bahan material sendiri tentu akan menghemat budget yang Anda telah siapkan. Sebab kesempatan di mark up oleh tukang akan diminimalisir karena Anda tau dengan pasti harga material yang asli yang Anda beli. Dengan berbelanja sendiri, Anda juga bisa mendapatkan banyak promo, diskon, bahkan fasilitas cicilan 0% kartu kredit. Banyak keuntungannya kan? Karena itu pergilah ke supermarket bahan bangunan terdekat dan ambil promonya agar dapat menghemat biaya renovasi rumah Anda. 

Mau dapatkan promo dan banyak diskon?

Ayo ke SBJ bulan Oktober ini SBJ mengadakan banyak promo di acara ulang tahun ke 3!

renovasi rumah hemat biaya - bestseller.superbangunjaya.com

Untuk Anda yang ingin memperbaiki dan merenovasi rumah, yuk datang ke SBJ supermarket bahan bangunan karena akan ada diskon sampai 40%! Catat tanggalnya, Anniversary SBJ kali ini dirayakan tiga hari berturut-turut dari tanggal 19 Oktober sampai 21 Oktober 2019. 

Segala kebutuhan material dan bahan bangunan seperti bata ringan, granit, keramik, dan semen ada di SBJ. Selain promo diskon Anda juga akan dimanjakan dengan banjir hadiah dan tebus murah untuk pembelanjaan minimal 500.000! Tunggu apa lagi? Untuk Anda yang tinggal di daerah Tangerang Selatan segera ke Super Bangun Jaya karena promo ini hanya berlaku 3 hari aja! 

LEAVE A COMMENT