sistem plambing rumah - bestseller.superbangunjaya.com

Masalah yang Paling Sering Terjadi pada Sistem Plambing Rumah

Kebutuhan air merupakan kebutuhan primer yang sangat vital dan tidak dapat disubstitusikan dengan apapun juga. Aktivitas sehari-hari seperti mandi, memasak, mencuci dan lain sebagainya sangat bergantung pada sistem air yang ada di dalam rumah. Karena itu, sistem air di dalam rumah harus benar-benar diperhatikan agar aktivitas penting lainnya tidak terhambat. Tentunya ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan air dalam rumah bermasalah. Baik dari faktor air itu sendiri, maupun dari permasalahan yang terjadi pada sistem plumbing rumah Anda.

Plumbing adalah sebuah kata Bahasa Inggris yang banyak juga disebut dengan Plambing oleh orang Indonesia. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, plumbing berarti pipa ledeng atau jenis pekerjaan penyambungan dan pemasangan pipa air ledeng. Jadi semua pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan, pemeliharaan, perawatan instalasi air, baik di perumahan maupun di gedung bisa disebut sebagai plumbing.

Berikut ini beberapa masalah yang paling umum terjadi di rumah terkait masalah plumbing serta bagaimana cara mengatasinya. Let’s check it out!

Masalah Sistem Plambing dalam Rumah

Pipa air tersumbat

Biasanya hal ini terjadi pada saat sedang mencuci piring dan air terus menggenang tidak mau turun. Air yang menggenang ini tidak dapat tersalurkan karena pipa air yang mampet. Misalnya karena banyak tumpukan makanan yang tersangkut sehingga menyumbat aliran airnya. Untuk mengatasi hal ini tentu saja kita harus mengeluarkan sisa makanan yang menyangkut agar air bisa mengalir kembali. Anda dapat menggunakan cara tradisional seperti plunger atau penyedot saluran pipa. Namun bila cara ini tidak berhasil juga Anda dapat menggunakan bantuan air panas, soda kue dan cuka. Dengan menyiramkan ketiga bahan ini, kotoran yang menyumbat di dalam pipa akan lebih lembut dan lebih mudah diangkat. Jika sudah beres, jangan lupa untuk memberikan saringan di setiap saluran pencuci piring Anda.

Kran bocor

Sering kali kran air yang sudah terlalu lama mengalami masalah seperti kran bocor. Hal ini tentu menyebalkan sebab selain tetesan airnya membuat berisik, tagihan air tentu lama-lama akan membengkak bila air dibiarkan mengalir begitu saja. Cara paling mudah sebenarnya adalah dengan memeriksa ring pada ujung keran Anda. Sebab ada saja kemungkinan ring tersebut bergeser secara tidak sengaja. Namun bila cara ini tidak berhasil, Anda perlu mengganti kran bocor dengan kran yang baru.

Flush toilet tidak mau berhenti

Masalah toilet adalah salah satu hal yang menyebalkan namun cukup sering terjadi di dalam rumah tangga. Masalah ini bisa terjadi karena adanya kebocoran pada portal tersalurnya air untuk membersihkan toilet. Sehingga air terus menerus meluap dan tidak dapat mengendalikan airnya. Untuk masalah ini, cobalah periksa kelayakan valve atau katup yang menjadi pusat kontrol aliran air pada toilet. Sebab bisa jadi katup terlalu kendor atau sudah tidak dapat berfungsi karena terlalu lama digunakan. Jika sudah demikian mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Toilet Mampet

Jika tadi masalah terjadi pada bagian flush, kini mari kita bahas toilet yang mengalami masalah penyumbatan pada saluran pipa. Pipa ini merupakan pipa yang biasanya jadi jalur untuk kotoran pergi ke tempat pembuangan. Sehingga ketika saluran ini mampet, kotoran tidak dapat masuk dalam septic tank atau tempat pembuangannya. Untuk menangani hal ini, lakukanlah cara untuk menangani saluran pipa yang tersumbat dengan menggunakan plunger dan menyiramnya dengan campuran baking soda dan air panas. Atau bila Anda tidak ingin melakukannya sendiri, Anda dapat memanggil jasa sedot WC. Jasa ini akan menyedot kotoran dari septic tank Anda dan bila diperlukan akan menyedot dari lubang toilet juga.

Pipa bocor karena ada keretakan

Seperti yang kita tau, keberadaan pipa banyak tersembunyi di balik tembok-tembok rumah. Segala tekanan yang berasal dari plesteran dinding bisa saja membuat daya tahan pipa air lama-lama melemah dan mengalami keretakan. Yang paling umum terjadi adalah air lebih dulu meluap di lubang-lubang seperti toilet dan tempat cucian piring. Masalah ini tentu lebih sulit diatasi dibandingkan dengan kebocoran pipa yang nampak di dinding rumah. 

Namun tetap saja, Anda harus mencari dimana titik kebocoran pipa tersebut secara menyeluruh. Jika sudah ketemu, amplas bagian pipa yang bocor lalu tempelkan plester perekat yang tahan air di bagian tersebut. Jika Anda masih membutuhkan pertahanan ekstra, maka Anda bisa oleskan cairan perekat (epoxy) terlebih dahulu pada bagian yang bocor lalu menggantinya dengan potongan pipa yang baru. Namun sebelum itu, satu hal yang perlu diingat adalah pastikan semua keran dalam posisi mati sehingga pipa yang diperbaiki dalam kondisi kering.

Permasalahan plumbing sangat umum dialami oleh setiap rumah ataupun dalam gedung. Karena itu, jangan segan untuk bertanya pada ahlinya untuk memperbaiki masalah pada plumbing rumah Anda. Mengatasi masalah plumbing, tentu saja tak lepas dari kebutuhan pipa. Bila Anda membutuhkan pipa untuk segala jenis ukuran, jangan segan untuk bertanya pada SBJ! SBJ merupakan supermarket bahan bangunan yang lengkap dan mudah dipesan. Pesan lewat website ataupun whatsapp, bisa! Jadi jangan ragu untuk order sekarang juga. Mau lihat harga terbaru? Cek di sini! >> Harga Pipa Terbaru <<

LEAVE A COMMENT