BAJA RINGAN Best Seller Super Bangun Jaya

Macam-macam Profil Baja Ringan untuk Atap dan Kanopi

Dalam dunia konstruksi terdapat berbagai komponen yang digunakan untuk dapat menyelesaikan benda yang ingin dibuat. Selain tukang yang mahir dan ahli dalam bidangnya, terdapat elemen lain yang dibutuhkan seperti kayu, beton, besi, baja, dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas baja sebagai komponen utama dalam pembuatan atap dan kanopi. Saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih senang menggunakan atap atau kanopi yang terbuat dari baja ringan. Selain murah, bahan yang satu ini juga mudah dibentuk sehingga mempercepat pengerjaan atau konstruksi sebuah bangunan.

Anda tertarik untuk membuat atap dan kanopi dari baja ringan? Simak dulu ulasan berikut ini mengenai macam-macam profil baja ringan yang dapat digunakan untuk atap dan kanopi.

Macam-Macam Profil Baja Ringan

macam macam profil baja ringan - Super Bangun Jaya

Baja ringan adalah komponen yang cukup penting dalam sebuah konstruksi. Baja ringan sering kali disebut juga dengan baja karbon rendah karena memiliki jumlah kandungan karbon yang sangat rendah yaitu hanya 0,05 – 0,25% dari jumlah keseluruhan beratnya. Tak hanya baja dengan jumlah karbon yang rendah, terdapat pula baja dengan jumlah karbon yang cukup tinggi hingga mencapai 0,30 – 2%.

Apabila sebuah baja memiliki jumlah karbon yang lebih besar dari dua jenis baja ringan di atas, maka baja tersebut dapat diklasifikasikan sebagai besi tulang. Karena kandungan karbon yang cukup rendah, baja ringan memiliki sifat yang lebih ulet sehingga memiliki daya tarik yang lebih kecil dibandingkan dengan baja karbon tinggi. Selain itu, karena memiliki elemen yang lebih sedikit, harga dari baja ringan ini juga relatif murah dan terjangkau apabila dibandingkan dengan jenis baja yang lain.

Meskipun terkesan berbeda, tetapi cara pembuatan baja yang satu ini tidak jauh beda dengan benda-benda padat lainnya. Cara untuk membuat baja ringan adalah dengan mengkombinasikan biji besi dan batu bara. Setelah proses ekstraksi bijih besi dan batu bara selesai, langkah selanjutnya yang harus Anda ambil adalah dengan meleburnya di tanur yang tinggi. Setelah selesai dilelehkan dan dilebur, pindahkan campuran kedua bahan tersebut ke dalam tungku lain untuk memisahkan dan membakar semua kotoran yang mungkin terdapat di dalam bahan tersebut.

Pada umumnya penggunaan baja ringan dalam dunia konstruksi digunakan sebagai bahan pembuatan baja structural, mobil, dekorasi, mobil, pagar, kawat, dan masih banyak lagi. Dalam dunia konstruksi, terdapat beberapa jenis baja ringan diantaranya adalah sebagai berikut.

Bondek

Jenis pertama untuk baja ringan yang digunakan dalam dunia konstruksi yaitu Bondek. Baja ringan yang satu ini merupakan pelopor dari decking. Fungsi dari baja ringan bondek adalah untuk bekisting dan tulangan positif satu arah. Penggunaan baja ringan bondek dalam dunia konstruksi adalah dalam mempercepat waktu pengerjaan baik dalam proses pembuatan maupun pembongkaran.

Sedangkan untuk konstruksi jenis beton, baja bondek relatif lebih mudah dibentuk, sehingga memudahkan proses pembangunan. Sebelum digunakan dalam proses konstruksi, baja ringan bondek harus melewati beberapa uji yaitu uji lentur, uji loading, dan uji kebakaran.

Spandek

Jenis baja ringan yang kedua dalam dunia konstruksi yang cocok digunakan untuk pembuatan atap dan kanopi adalah spandek. Selain sebagai atap dan kanopi, baja ringan jenis ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penutup atau dinding bangunan.

Keunggulan lain dari penggunaan baja yang satu ini terletak pada sisi estetika atau keindahan. Hal tersebut disebabkan oleh bentuk baja ringan yang bergelombang. Di negara lain seperti Australia, baja ringan jenis spandek menjadi incaran utama untuk digunakan sebagai bahan bangunan karena bentuknya yang mudah untuk dipasang.

Dengan kandungan baja zincalum dari bahan seng, silikon, dan aluminium, baja ringan jenis spandek ini cocok digunakan untuk atap dan dinding karena tahan dari ancaman korosi hingga 4–5 kali dibandingkan baja lain. Untuk menambah estetika, pada saat ini produsen baja ringan spandek mulai berimprovisasi dengan memberi berbagai warna.

Truss

Jenis baja ringan ketiga dalam dunia konstruksi yang cocok digunakan untuk pembuatan atap dan kanopi adalah truss. Jenis baja ringan yang satu ini sangat awet dan tahan lama sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam konstruksi perumahan, industri, maupun komersial.

Bahan utama pembuatan baja ringan jenis truss adalah zinc aluminium yang dilapisi dengan anti karat. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan silikon yang cukup tinggi. Serupa dengan spandek, jenis baja ringan truss juga cocok untuk digunakan sebagai atap maupun dinding karena tahan korosi. Selain anti karat, kelebihan lain dari truss adalah ringan, kokoh, kuat, tahan gempa, dan anti rayap, dan tidak mudah melengkung.

Jika Anda sedang membutuhkan baja ringan untuk kebutuhan renovasi atau bangun atap rumah, selalu pastikan gunakan baja ringan kualitas terbaik. Jangan sampai tertipu sebab ada saja yang menjual ukuran banci alias yang tidak sesuai dengan ukuran yang dipesan. Pilih selalu toko bangunan terpercaya Super Bangun Jaya yang berani kasih Jaminan Ga Curang! Sebelum membeli bisa tanya-tanya via whatsapp, bayarnya juga bisa COD di rumah! Tunggu apa lagi! >> Lihat tabel harga terbaru Baja Ringan Super Bangun Jaya <<

LEAVE A COMMENT