Pipa air tersumbat - bestseller.superbangunjaya.com

Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat, Gampang Banget!

Pipa air adalah hal yang sangat penting dan wajib untuk dimiliki oleh setiap bangunan atau rumah. pasalnya pipa air digunakan untuk menyalurkan pasokan air ke seluruh bagian rumah seperti kamar mandi, tempat cuci piring, dapur, tempat pencucian, dan masih banyak lagi. karena memegang peranan yang begitu penting, Anda harus benar-benar menjaga kebersihan dan kelancaran dari pipa air.

Apabila tidak dijaga dengan baik, saluran pipa air kerap kali mengalami penyumbatan karena masuknya benda-benda asing seperti sisa makanan dan benda lainnya. Apabila sudah tersumbat, pipa air tidak akan mengalirkan pasokan air dengan baik ke seluruh penjuru rumah.

Pipa air rumah Anda tersumbat? Tenang saja, kami memiliki solusi jitu untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui ulasan lengkap di bawah ini.

Cara mengatasi Pipa Air Tersumbat

Menggunakan Pembersih Saluran Air Berbahan Kimia

Tips aman memperbaiki pipa air tersumbat yang pertama adalah dengan menggunakan pembersih saluran air berbahan kimia. Cairan pembersih saluran pipa ini bisa Anda dapatkan di Super Bangun Jaya.

Cara membersihkan pipa dengan cairan kimia adalah dengan menuangkan ke dalam saluran air yang tersumbat. Pembersih saluran berbahan kimia akan menghancurkan timbunan kotoran yang menyumbat saluran air karena menempel di dinding pipa. Selain mampu menghancurkan timbunan kotoran, pembersih saluran berbahan kimia ini juga mampu untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap. Sebelum menggunakan pembersih saluran berbahan kimia ini, alangkah lebih baik jika Anda membaca aturan pakai yang tertera di dalam kemasan.

Menggunakan Pembersih Saluran Air Alami

Tips aman memperbaiki pipa air yang kedua adalah dengan menggunakan pembersih saluran berbahan alami. Penggunaan pembersih saluran air berbahan kimia secara terus-menerus pasti akan memiliki dampak yang buruk terhadap lingkungan.

Maka dari itu, banyak orang yang beralih menggunakan pembersih saluran berbahan alami. Tak kalah dengan pembersih saluran berbahan kimia, pembersih saluran berbahan kimia ini juga dirasa cukup ampuh untuk mengatasi saluran air yang mampet. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan dan pengaplikasian dari pembersih saluran air berbahan alami.

  • Ambil satu cangkir bubuk soda kue kemudian tuangkan ke dalam saluran pembuangan air yang mampet. Agar hasil yang didapat maksimal Anda harus memastikan bubuk soda kue telah mencapai bagian pipa yang mampet.
  • Panaskan dua cangkir air putih sampai mendidih, kemudian tuangkan ke dalam pipa yang telah diberi bubuk soda kue tersebut. Diamkan bubuk soda kue dan air mendidih selama 10 menit.
  • Setelah 10 menit Anda dapat menuangkan kembali satu cangkir bubuk soda kue dan diikuti dengan satu cangkir cuka
  • Tutup lubang wastafel atau toilet. Setelah beberapa saat Anda akan mendengarkan suara gemuruh yang disertai dengan munculnya buih-buih pada lubang toilet atau wastafel. Anda tidak perlu khawatir apabila hal tersebut terjadi karena munculnya suara gemuruh dan yang disertai dengan buih merupakan pertanda bahwa bahan-bahan tersebut telah bekerja.
  • Setelah suara gemuruh dan buih-buih telah menghilang, Anda dapat menambahkan dua cangkir air mendidih.

Menggunakan Alat Alternatif

Pada umumnya penyebab pipa air mengalami penyumbatan adalah sisa sampah atau bahan-bahan yang tidak terpakai yang masuk ke dalam saluran dan mengendap. Cara ketiga yang dapat digunakan untuk mengatasi pipa yang tersumbat yaitu dengan memanfaatkan tali.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat gulungan dari plastic dengan diameter tidak melebihi ukuran pipa air itu sendiri. Biasanya pipa air yang digunakan dalam rumah tangga berukuran 3,5 inchi. Gulungan plastik yang telah Anda buat tersebut kemudian Anda ikatkan pada tali dengan panjang serupa dengan panjang pipa yang tersumbat tersebut.

Setelah itu, masukan gulungan plastic dan tali tersebut ke dalam pipa kemudian aliri dengan air. Biarkan air menyala untuk beberapa saat dan tunggu gulungan plastic dan tali muncul di sisi berlawanan pipa.

Untuk mengatasi pipa air yang tersumbat dengan cara yang satu ini, pastikan Anda menggunakan tali dengan kualitas yang baik. selain itu, usahakan agar pipa tersebut berbentuk lurus.

Menggunakan Bahan Alternatif

Cara mengatasi pipa air tersumbat yang terakhir adalah menggunakan pasir kasar. Langkah awal yang digunakan untuk cara alternatif yang satu ini dilakukan dengan mematikan saluran air di rumah. setelah itu, potonglah pipa toren atau kran yang memiliki letak paling jauh dari bagian yang tersumbat. Pemotongan kran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menjadi saluran pembuangan kotoran yang menyumbat pipa air.

Setelah selesai masukkan pasir kasar ke dalam pipa kemudian semprotkan air menggunakan selang kompresor bertekanan tinggi. Setelah itu, tutuplah pipa dan buka kembali untuk beberapa saat. Apabila berhasil, maka seluruh lumut dan kotoran yang mengendap dalam pipa akan keluar dengan sendirinya.

Pipa air tersumbat - bestseller.superbangunjaya.com

Memilih Pipa yang Awet dan Tahan Lama

Jika pipa Anda sering mampet dan diperbaiki, tentu lambat laun akan mengalami masalah pada kualitas pipa itu sendiri. Akibatnya pipa jadi gampang retak, bocor, dan mudah berkerak atau berlumut. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memastikan pipa apa yang tepat dan berkualitas baik. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pipa!

Pastikan merk pipa ternama

Pertama-tama, pastikan merk pipa yang Anda pilih bukan yang abal-abal. Misalnya seperti Rucika, merk ini cukup terkenal dan banyak digunakan untuk saluran air bersih.

Pastikan strukturnya kuat dan lentur

Jika ingin pipa yang Anda beli tidak mudah pecah, pilihlah pipa yang lentur dan kuat. Bagaimana cara memastikannya? Anda bisa membuktikannya dengan cara melenturkannya ketika membeli.

Cari tau ketahanan pipa

Pipa yang bagus tentu memiliki ketahanan terhadap suhu, sinar matahari, dan juga tingkat salinitas tinggi sehingga tidak menimbulkan bau pada air. Untuk memastikan ketahanan pipa, jangan ragu tanyakan pada customer service SBJ! Mau tanya harganya juga? Bisa! Beli pipa langsung pakai WhatsApp, bisa! Beli pipa di SBJ pasti puas karena berani kasih jaminan nggak curang!

>>  Lihat harga terbaru best product PIPA Super Bangun Jaya <<

LEAVE A COMMENT