perbedaan pasir pasang dan pasir beton

Perbedaan Pasir Pasang dan Pasir Beton, Apa Saja?

Perbedaan Pasir Pasang dan Pasir Beton – Salah satu komponen terpenting kala kita hendak membangun rumah adalah pasir yang terbentuk dari unsur silikon dioksida. Bahan ini biasa digunakan untuk menempelkan bata atau batako serta untuk plester. Ada juga yang menggunakan pasir untuk mengecor pondasi dan sebagainya.

Biasanya bahan satu ini diambil dari alam bebas seperti dari sungai, pantai, letusan gunung berapi, dan dari dalam tanah. Biasanya selain untuk keperluan pengecoran, sebelum digunakan pasir harus diayak agar bahan seperti kerikil yang ada di dalamnya bisa dipisahkan.

Dalam penggunaannya, pasir biasanya harus digabung dengan semen sebagai bahan perekat batu bata atau batako, plester dinding, pengecoran, dan lain sebagainya.

Tapi ingat, pasir memiliki berbagai jenis sehingga tak bisa asal pilih pasir secara sembarangan. Ada yang namanya pasir pasang, pasir cor dan lain sebagainya.

Umumnya, pasir-pasir ini dapat dibedakan dari teksturnya yang halus atau kasar. Tekstur ini dipengaruhi oleh ukuran butiran pasirnya. Namun umumnya orang akan membedakan antara pasir pasang dan pasir cor atau pasir beton. Untuk mengetahui lebih detail, berikut penjelasanya.

Perbedaan Pasir Pasang dan Pasir Beton

Pasir Pasang

Sesuai namanya pasir ini biasanya digunakan untuk memasang bata atau batako. Pasir ini memiliki tekstur agak halus dibandingkan dengan pasir beton. Salah satu cirinya yang paling khas adalah mudah untuk dikepal, karena pasir ini akan menggumpal ketika Anda kepalkan.

Meskipun tekstur pasir ini sudah cukup halus, namun jika hendak digunakan biasanya tukang akan mengayak pasir pasang ini untuk memisahkan batu-batu kerikil yang tercampur dalam pasir. Sehingga ketika melakukan pemelesteran ataupun pemasangan bata atau batako, kerikil ini tak mengganggu.

Untuk pemakaian, biasa pasir jenis ini juga digunakan untuk memplester dinding atau lantai. Atau bisa juga digunakan sebagai pasir campuran untuk pasir beton supaya tidak terlampau kasar.

Dari segi harga, biasanya pasir pasang lebih murah daripada pasir beton. Mau tahu harganya pasir pasang berkualitas, coba Lihat Harga Produk Terbaru atau langsung Whatsapp Super Bangun Jaya.

Dengan membeli material di Toko Bangunan Super Bangun Jaya, Anda nggak akan dicurangi karena pasti kami berikan #JaminanGaCurang!

Pasir Beton

Sementara pasir beton biasanya juga disebut sebagai pasir coran karena memang kegunaannya untuk mengecor lantai dasar atau lantai bangunan bertingkat.

Dengan menggunakan campuran kerikil, besi dan semen maka butiran pasir beton yang kasar dan keras ini akan sangat bagus digunakan untuk pengecoran. Dengan ukuran berkisar 0.075 hingga 5 mm dan warnanya yang hitam akan membuat beton jadi super keras dan sangat maksimal.

Hati-hati Memilih Pasir, Ini Alasannya

Namun Anda perlu hati-hati untuk memilih pasir beton ini, jangan sampai pasir beton mengandung beberapa bahan berbahaya yang bisa menurunkan kualitas dari sang pasir.

Pertama, hindarkan membeli pasir yang banyak mengandung endapan lumpur. Karena jika kandungan lumpurnya cukup banyak, maka kualitas beton yang dihasilkan dari pasir ini juga akan menurun. Oleh sebab itu, mungkin sebaiknya pastikan pasir beton harus benar-benar bersih, kalau perlu lakukan pencucian dahulu sebelum digunakan.

Kedua, pastikan pasir beton juga tidak memiliki zat organik yang mampu menurunkan kualitas dari beton. Cara memeriksa apakah pasir beton tersebut mengandung bahan organik yang membahayakan beton Anda, mungkin Anda bisa merendamnya dengan cairan NaOH dengan kandungan 3%. Pasir beton yang bagus memiliki ciri tidak lebih gelap daripada larutan pembandingnya.

Ketiga, agar beton Anda bisa tahan lama dan tingkat keawetan tinggi maka kandungan alkali pada pasir beton haruslah negatif. Sebab kandungan alkali ini akan menyebabkan reaksi kimia sehingga umur material Anda jadi lebih pendek alias nggak tahan lama.

Nah untuk mendapatkan beton berkualitas, selain pasir betonnya harus berkualitas, ada sebuah rahasia yang harus Anda ketahui agar campuran beton Anda menjadi super kokoh. Produk ini akan memudahkan Anda atau para ahli bangunan meningkatkan kualitas beton. Campuran ini bernama Beton Mix, yakni campuran beton dengan teknologi khusus untuk mempermudah pengecoran dengan campuran yang homogen.

Nah itulah beberapa ciri pasir yang perlu Anda ketahui dan semoga tulisan ini berguna bagi Anda. Jika bermanfaat jangan lupa share ke realasi Anda serta follow instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami.

LEAVE A COMMENT