campuran plamir tembok - bestseller.superbangunjaya.com

Campuran Plamir Tembok yang Benar

Tahukah Anda ada pelapis tembok yang berfungsi untuk meratakan permukaan tembok? Yap, itu adalah plamir tembok.

Fungsi Plamir Tembok

Plamir tembok pada dasarnya merupakan material pelapis tembok sebelum pengecatan. Biasanya plamir tembok berupa cairan putih yang di dalamnya terdapat campuran kalsium, lem, serta air. Adapun fungsi plamir tembok hampir sama dengan dempul. Berikut ini beberapa fungsi plamir tembok yang harus Anda ketahui: 

  1. Menutup celah atau pori pada tembok

Plamir tembok berfungsi menutup celah dan pori-pori pada tembok, meratakan tembok, ataupun beton yang retak dan tidak rata. Dengan memanfaatkan plamir ini, permukaan tembok dapat menjadi rata dan halus kembali sehingga siap untuk dicat. 

  1. Menutupi warna asli tembok

Seringkali meniban warna baru pada cat yang lama akan membuat cat baru terlihat kusam. Untuk itu, plamir tembok di sini berfungsi untuk menutup warna asli tembok yang sebelumnya. Jika Anda tidak menggunakan plamir, kemungkinan tembok Anda akan berwarna lebih kusam dan gelap. 

  1. Hasil pengecatan lebih halus dan rata

Untuk menutupi hasil tembok yang berlubang, bergelombang, dan bergelembung, plamir bisa diandalkan untuk menutupinya. Dengan plamir, tembok akan menjadi lebih halus dan rata.

  1. Warna cat akan lebih keluar dan terlihat bagus

Plamir tembok akan membuat warna pada cat tembok Anda jauh terlihat lebih indah dan sesuai dengan harapan karena tidak dibayangi dengan cat yang lama. Plamir membuat cat warna Anda tidak langsung menempel pada dinding yang masih berwarna.

  1. Warna cat dinding terlihat lebih seragam

Pernah lihat dinding yang belang? Inilah contoh hasil pengecatan yang tidak menggunakan plamir. Tanpa plamir, hasil akhir cat bisa menjadi belang alias tidak seragam meski dengan komposisi campuran yang konsisten.

  1. Cat menjadi lebih tahan lama

Selain dapat membuat warna cat menjadi lebih keluar, lebih seragam, dan tembok terlihat rata dan halus. Plamir tembok juga berfungsi untuk memperkuat lapisan pada finishing cat sehingga hasil cat warna menjadi lebih tahan lama. 

Campuran Plamir Tembok yang Benar 

Campuran Plamir Tembok - Bestseller.superbangunjaya.com

Jika Anda ingin mengecat rumah tapi tidak ingin boros dalam penggunaan cat, Anda bisa mengunakan plamir terlebih dahulu agar cat tidak masuk ke pori-pori atau celah dinding. Produk plamir tembok banyak tersebar di toko-toko bangunan. Namun, jika Anda ingin lebih berhemat budget Anda bisa membuat campuran plamir sendiri di rumah. 

Plamir buatan sendiri tidak akan kalah bagusnya dengan plamir buatan pabrik. Berikut ini beberapa bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat campuran plamir tembok yang benar (di sini sebagai contoh adonan plamir yang akan dibuat kurang lebih sebanyak 5 kilogram, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda sendiri):

  • Semen putih yang berkualitas
  • Super cement (harganya mungkin sedikit mahal tetapi bahan ini hanya dibutuhkan sedikit saja)
  • Kalsium/kalsit/kapur bangunan kualitas bagus yang berwarna putih mulus, usahakan jangan pilih yang berwarna agak buram
  • Lem kayu putih, Anda bisa menggunakan lem pada umumnya seperti lem Fox 


Setelah menyiapkan beberapa bahan campuran tersebut, berikut ini komposisi dan cara membuatnya:

  • Campurkan ½ kilogram super cement dengan air sebanyak 20 liter. Lalu, aduk sampai betul-betul tercampur
  • Kemudian, ambil 3 liter air campuran tadi dan tuangkan ke timba atau ember
  • Lalu, masukkan semen putih sebanyak 1 kg
  • Lalu, masukkan Kalsium sebanyak 2 kg
  • Kemudian, masukkan lem sebanyak 1 kg
  • Kemudian, aduk seluruh campuran tersebut sampai benar-benar tercampur rata 

Silakan Anda sesuaikan takarannya sesuai dengan yang Anda butuhkan. 

Cara Plamir Tembok

Campuran Plamir Tembok - Bestseller.superbangunjaya.com

Mengecat rumah tanpa menggunakan plamir tembok memang lebih mudah dan prosesnya cepat selesai dibandingkan harus menggunakan plamir terlebih dahulu. Meskipun proses plamir tembok rumit, tapi hasilnya tidak akan mengecewakan Anda. Jika Anda ingin melakukan plamir sendiri tanpa menggunakan tukang, berikut ini beberapa tahapan plamir yang harus Anda ketahui:

  1. Bersihkan tembok

Pertama, pastikan tembok Anda sudah bersih dari kotoran dan debu, karena hal ini dapat memengaruhi daya lekat plamir dan menyebabkan permukaan tembok menjadi tidak rata. Jika ada sisa cat pada tembok, silakan Anda kelupas terlebih dahulu, lalu dibersihkan dan bisa diplamir. 

  1. Mempersiapkan material plamir tembok

Sebelum mulai plamir tentunya Anda sudah mempersiapkan bahan material campuran plamir untuk tembok Anda. Bahan-bahan dan cara pembuatannya dapat Anda lihat pada penjelasan sebelumnya. 

  1. Mengaplikasian plamir tembok

Setelah bahan sudah siap, masuk ke proses pengaplikasian plamir. Tuangkan plamir tembok pada suatu wadah, bisa ember, baskom atau apapun agar lebih mudah digunakan. Lalu, silakan Anda aplikasikan cairan plamir tersebut dimulai dari bagian atas menuju ke bagian bawah agar hasil plamir tembok lebih rata dan rapi. Pastikan seluruh celah dan pori-pori tembok tertutup dengan sempurna.

  1. Keringkan plamir tembok 

Setelah selesai mengaplikasikan plamir pada tembok, maka selanjutnya Anda harus menunguu plamir tembok sampai mengering. Biasanya pengeringan akan membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam untuk memastikan plamir tembok menempel dengan sempurna.

  1. Proses pengamplasan dinding

Setelah plamir tembok kering, maka proses selanjutnya adalah pengamplasan dinding.  Silakan Anda gunakan amplas yang memiliki tekstur halus agar plamir tembok yang sudah kering tidak ikut mengelupas.

  1. Periksa hasil akhir

Proses akhir adalah mengecek semua proses yang sudah Anda kerjakan sebelumnya untuk mengetahui apakah masih ada celah atau pori-pori yang belum tertutup dan memastikan permukaan tembok sudah rata. Apakah masih bergelombang atau sudah halus. 

Campuran Plamir Tembok - Bestseller.superbangunjaya.com

Dapatkan Plamir di SBJ

Kami menyediakan berbagai bahan campuran untuk plamir tembok. Anda dapat langsung membelinya atau mengkonsultasikannya terlebih dahulu. Apabila Anda tidak bisa datang ke toko kami, tidak perlu khawatir karena kami menyediakan layanan online dan pengiriman langsung ke rumah Anda. Produk yang kami berikan adalah kualitas terbaik, kami berikan #JaminanGaCurang!

Klik untuk lihat Harga Produk Terbaru

Sekian artikel kali ini semoga dapat membantu Anda yang ingin membuat plamir tembok secara mandiri. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share dan follow media sosial kami di instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami. 

LEAVE A COMMENT