aquaproof super bangun jaya

Agar lantai kamar mandi tidak bocor, pakai Aquaproof!

Agar lantai kamar mandi tidak bocor – Selain di luar ruangan, rembes dan bocor juga bisa terjadi di dalam ruangan. Salah satunya adalah di bagian kamar mandi. Kamar mandi di Indonesia sendiri kebanyakan masih berkonsep kamar mandi basah yang airnya sering menggenang di waktu yang lama. Dengan keadaan kamar mandi yang seperti ini, sangat memungkinkan terjadi rembesan dan bocor di lantai. 

Jika air merembes ke luar kamar mandi, rembesan air ini tentu bisa menjadi masalah. Apalagi jika kamar mandi terletak di lantai atas, air yang masuk melalui celah lantai akan merembes ke langit-langit lantai di bawahnya. Jika terus-terusan dibiarkan, dinding dan plafon akan menjadi lembab dan meninggalkan bekas seperti bintik-bintik jamur.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir. Solusi agar tidak rembes adalah dengan melakukan waterproofing. 

Agar Lantai Kamar Mandi tidak Bocor

Kebanyakan orang melakukan waterproofing untuk dinding luar ruangan. Pekerjaan ini sangat penting karena waterproof luar ruangan biasanya dibuat khusus untuk menghadang perubahan cuaca seperti dari sinar matahari dan hujan. Bagian-bagian lain di luar seperti talang pun pasti membutuhkan waterproof. 

Akan tetapi sebenarnya pekerjaan ini wajib dilakukan di luar ruangan dan di dalam ruangan. Untuk harganya, biasanya harga waterproof dalam ruangan lebih ekonomis karena fungsinya tidak seberat seperti untuk luar ruangan. Waterproofing di dalam ruang antara lain digunakan untuk dinding dan lantai dalam kamar mandi.

Agar Lantai Kamar Mandi tidak Bocor - bestseller.superbangunjaya.com

Kali ini kita akan membahas waterproofing bagian dalam ruangan yakni di lantai kamar mandi. Untuk mencegah terjadinya masalah tersebut, yang perlu dilakukan adalah dengan menghalangi masuknya air ke dalam lantai kamar mandi. Halangan atau waterproof ini dipasang di bawah acian semen untuk menempelkan ubin juga pada muara pipa sebagai pembuangan di lantai. 

Untuk melakukan waterproofing, perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat agar hasilnya sempurna. Berdasarkan urutannya, berikut ini kami sajikan langkah-langkah dalam melakukan waterproofing dengan Aquaproof.

Sapukan lapisan primer pada lantai beton

Bersihkan terlebih dahulu permukaan yang akan dilapisi primer dari lumut, jamur, sisa semen dan kotoran lainnya. Jika sudah, Anda bisa mencampurkan Super Cement dari Aquaproof dan semen sebagai primer dengan perbandingan volume 1:1⅟4 dan aduk hingga rata. Jika sudah jadi, selanjutnya aplikasikan primer Super Cement dan semen tersebut dengan menggunakan kuas atau rol.

Agar Lantai Kamar Mandi tidak Bocor - bestseller.superbangunjaya.com

Lapisi lagi dengan waterproof untuk lapisan kedua

Jika lapisan pertama kering, barulah kita berikan lapisan kedua yaitu dengan waterproof tanpa campuran. Cara memeriksanya apakah sudah kering atau belum adalah dengan menyentuh ujung jari Anda. Bila tidak lembek maka lapisan pertama tersebut sudah mengering. 

Buat lapisan ketiga

Untuk lapisan ketiga ganti adukan semen pasir dengan perekat Superfix yang berteknologi ‘Thin Set’. Buatlah lapisan ±2-3 mm dan gunakan Supergrout sebagai pengisi nat keramik yang bermutu tinggi dan cocok untuk area kering dan basah. Jadi, misalkan di lapisan kedua Anda menyapukan secara horizontal, maka di lapisan ketiga ini sapukanlah secara vertikal. Perbedaan arah ini akan membuat hasil waterproofing semakin kuat karena membentuk anyaman.

Agar Lantai Kamar Mandi tidak Bocor - bestseller.superbangunjaya.com

Taburkan pasir dan pasanglah keramik

Sambil menunggu lapisan ketiga benar-benar kering, taburkanlah pasir di atasnya. Sebab pasir ini berguna untuk mengikat acian lebih kuat dan melekat. Kemudian Anda bisa memasang ubin seperti biasa dengan menggunakan acian. Waterproofing ini akan memperkuat agar tidak ada air tanah yang bisa merembes ke atas.

Agar Lantai Kamar Mandi tidak Bocor - bestseller.superbangunjaya.com

Untuk mendapatkan produk Aquaproof, Anda bisa langsung membeli di Super Bangun Jaya. Anda pun bisa langsung konsultasikan dengan kami agar tidak salah dalam membeli. Untuk Anda yang tidak bisa langsung datang ke toko kami, kami menyediakan layanan online dan pengiriman langsung ke rumah Anda. Produk Aquaproof terbaik, pasti kami berikan #JaminanGaCurang!

Khusus untuk Anda, bulan ini dapatkan banyak diskon dan kesempatan memenangkan emas dalam Ramadhan Paint Sale!

Whatsapp Super Bangun Jaya

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin agar lantai kamar mandi tidak bocor. Jangan sungkan bagikan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa follow instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami. (eri)

LEAVE A COMMENT