cat kolam ikan tidak bocor - super bangun jaya

2 Cara Praktis Cat Kolam Ikan Agar Tidak Bocor

Cat kolam ikan agar tidak bocor – Saat Anda membudidayakan ikan di kolam rumah, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Antara lain adalah kualitas air, kondisi kolam, serta penyaringan dan makanan si ikan. Oleh sebab itu, agar ikan-ikan yang Anda pelihara dapat terawat dengan baik, Anda juga wajib memastikan kolamnya tidak bocor.

Sering kali kolam yang bocor disebabkan karena kesalahan saat pembangunan awal. Yaitu kolam hanya difinalisasi dengan beton kasar dan tidak dilapisi dengan lapisan anti bocor yang benar. Memang, meskipun mengerjakan kolam adalah pekerjaan yang mudah, sebenarnya pekerjaan ini membutuhkan prosedur dan tindakan yang teliti dan cermat. 

Supaya kebocoran kolam dapat dicegah dengan baik, ayo simak cara praktis cat kolam ikan agar tidak bocor. Berikut ini adalah beberapa hal utama yang harus dipertimbangkan sebelum menyelesaikan pekerjaan kolam ikan Anda.

Cat Kolam Ikan Agar Tidak Bocor

Dalam membangun kolam ikan, hal-hal yang harus diperhatikan ada dua hal utama. Yaitu merapatkan dasar kolam ikan, dan satu lagi adalah pengaplikasian cat lapisan anti air (waterproof) agar kolam ikan tidak mudah bocor.

Pertama, pastikan beton dasar kolam sudah terlapisi dengan baik tanpa ada lubang 

Dalam membuat dinding dan dasar beton, pada bagian dasarnya sampai dengan sepertiga ke atas sebaiknya dicor dengan ketebalan kurang lebih 10 cm. Pengecoran ini dianjurkan agar kolam kuat dan tidak mudah retak. Barulah setelah kering Anda dapat menguji kerapatannya. Untuk menguji kerapatannya, bisa dilakukan dengan cara memenuhi kolam dengan air. 

Kedua, aplikasikan cat waterproof

cat kolam ikan tidak bocor - super bangun jaya - mowilex

Setelah dasar betonnya mengering dan dipastikan tidak bocor, selanjutnya lakukan proses pelapisan anti bocor di setiap sisinya baik bagian dalam maupun bagian luar kolam. Pelapisan dengan waterproof ini bertujuan agar ketika sudah siap digunakan, setiap lapisannya bisa menahan rembesan setiap pori-pori beton. 

Pada tahap ini, sangat disarankan untuk menggunakan Mowilex® Alcaproof, yaitu pelapis kedap air dengan sistem dua komponen (tepung dan emulsi cair) untuk membentuk lapisan kedap air yang sangat kuat. Mowilex® Alcaproof memiliki daya rekat tinggi, fleksibilitas yang baik, dan ketahanan air yang baik, serta sangat mudah digunakan.

Jika kedua proses utama ini berjalan dengan lancar, dapat dipastikan kolam ikan Anda tidak akan bocor di masa mendatang. Namun jangan lupa satu sentuhan terakhir, yaitu menambahkan unsur estetika dan dekoratif pada kolam renang. Menggunakan sealant waterproof Mowilex® Precoat sebagai cat dinding kolam ikan adalah pilihan yang tepat.

cat kolam ikan tidak bocor - super bangun jaya - mowilex

Berbagai produk Mowilex bisa Anda dapatkan di toko Super Bangun Jaya. Untuk Anda yang tidak bisa langsung datang ke toko kami, kami menyediakan layanan online dan pengiriman langsung ke rumah Anda. Produk keramiknya terbaik, pasti kami berikan #JaminanGaCurang!

Dapatkan diskon dan hadiah menarik untuk pembelian produk Mowilex di Super Bangun Jaya di Ramadhan Paint Sale!

Whatsapp Super Bangun Jaya

Semoga artikel ini membantu Anda yang berencana membangun kolam ikan di rumah ya! Bagikan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa follow instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami. (eri)

LEAVE A COMMENT