cat tembok encer

Penyebab Cat Tembok Terlalu Encer

Cat tembok terlalu encer – Bagi Anda yang belum terbiasa mengecat rumah, pekerjaan ini bukanlah persoalan yang mudah dilakukan. Sebab selain menguras waktu, dibutuhkan pula kecermatan saat mengecat. Apalagi jika bidang dinding yang harus dicat cukup banyak. Bukan hanya tekniknya yang harus tepat, keadaan cuaca, serta komposisi dari cat itu sendiri perlu diperhatikan. 

Jika cat yang dipilih berkualitas buruk dan proses pengecatan dilakukan secara asal-asalan, bukan tidak mungkin hasilnya akan mengecewakan. Masalah-masalah seperti luntur, meleleh, gelembung, dan terkikis akan sangat cepat muncul ke permukaan. Dan masalah ini sudah pasti membuat jengkel karena tampilan warna cat tembok menjadi kusam. Padahal cat tembok sendiri fungsinya untuk mempercantik rumah Anda. 

Cat Terlalu Encer

Masalah yang paling sering terjadi adalah masalah cat yang terlalu encer. Cat yang terlalu encer dan tidak sesuai komposisinya akan berpotensi menimbulkan sagging atau luntur. Namun apakah sebenarnya masalah cat ini diawali karena proses pencampuran air yang tidak tepat atau justru karena cat itu sendiri yang kualitasnya jelek? 

Mari kita bahas di sini!

cat tembok terlalu encer - super bangun jaya

Sagging adalah kondisi dimana ketika lapisan cat menurun sebelum kering. Lapisan cat yang turun merupakan butiran air yang menempel turun seperti embun. Sehingga tembok menjadi tidak rata. Jika terjadi, tembok tidak lagi terlihat cantik. 

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah kondisi cat yang terlalu encer atau campuran yang tidak pas. Ada dua faktor yang bisa menyebabkan cat terlalu encer.

Cat Tembok Pabrikan Sengaja dibuat Encer

Pertama karena bahan cat tembok memang dibuat encer. Karena itulah sangat penting mengenali cat yang akan dibeli. Hal ini dapat ditanyakan langsung kepada penjual catnya. Atau Anda pun dapat langsung mencari tau informasinya berdasarkan merk brand yang Anda incar di internet. Mengetahui informasi ini sangat penting sebelum proses pengecatan dimulai. Apakah perlu memberikan lapisan yang banyak atau cukup 2-3 lapis saja untuk membuat hasil cat tampak sempurna? 

Cat yang bagus pada umumnya hanya membutuhkan 2-3 kali proses pelapisan untuk melapisi tembok. Tentunya selain menghemat tenaga, cat pun dapat digunakan secara hemat.

Namun tidak menutup kemungkinan ada pula cat tertentu yang membutuhkan 5-6 kali lapis supaya temboknya tertutup. Inilah informasi yang perlu Anda ketahui sebelum mengecat. Karena cat yang seperti ini tentu teksturnya lebih encer dan jika Anda menerapkan teknik yang sama pada cat kental, maka hasil cat kemungkinan besar akan mengalami sagging.

Meskipun cat encer ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah, karena penggunaannya harus 5-6 kali pelapisan maka sebenarnya harganya akan sama dengan cat yang daya lapisnya 2-3 kali. Bahkan bisa lebih mahal. 

Dari sini tentunya Anda sudah bisa menimbang mana cat yang lebih efisien dan menghemat kantong Anda. 

cat tembok terlalu encer - super bangun jaya

Terdapat Kesalahan dalam Pencampuran

Kemudian kedua, biasanya ada kesalahan dalam komposisi campurannya. Ada yang menjadi terlalu encer, ada pula yang kurang air sehingga hasil catnya menjadi kurang rata. Karena itulah faktor campuran cat dengan air adalah bagian yang penting. Baik dinding luar dan dalam rumah, komposisi campuran air sangat penting untuk memberi hasil akhir warna yang sempurna.

Pada umumnya cat yang ada di pasaran butuh komposisi satu galon cat dicampur dengan seperempat liter air. Atau bisa juga 25kg cat dengan 5lt air. 

Namun ada pula yang memberi takarannya sesuai dengan lapisan yang dibutuhkan. Jumlah takaran air dapat dibaca pada kemasan cat. Ada pula merk cat yang merekomendasikan campuran air sebanyak 20% untuk lapis pertama, dan 10% untuk lapis kedua. 

Namun tetap saja, air bukanlah satu-satunya pengaruh dalam keberhasilan mengecat. Perlu juga diperhatikan kondisi dinding sebelum dicat. Sebab dinding yang berdebu dan tertempel cat lama akan berpengaruh pada hasil pengecatan. 

Salah satu cat yang tingkat kekentalannya bagus kami rekomendasikan Cat Bital Asia. Bital Asia merupakan brand cat terkemuka yang sudah terjamin kualitas baik untuk cat interior, cat eksterior, maupun waterproofing. 

cat tembok terlalu encer - super bangun jaya

Anda bisa mendapatkan Cat Bital Asia di Super Bangun Jaya! Kami menjual produk Bital Asia lengkap, Anda pun bisa langsung konsultasikan dengan kami agar tidak salah dalam membeli. Untuk Anda yang tidak bisa langsung datang ke toko kami, kami menyediakan layanan online dan pengiriman langsung ke rumah Anda. Produk catnya terbaik, pasti kami berikan #JaminanGaCurang!

Whatsapp Super Bangun Jaya

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin warna cat kamar tidur yang menenangkan. Jangan sungkan bagikan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa follow instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami. (eri)

LEAVE A COMMENT