Memilih Toren Air

4 Tips Memilih Toren Air Terbaik Sebelum Membeli

Lagi asik-asik mandi tiba-tiba air PDAM mati!! Duh, perih nih mata kena sabun!!!

Nah, biar gak ngalamin kejadian kayak gitu biasanya orang-orang membuat penampungan air supaya memiliki persediaan air. Kalau punya tampungan air, enak! Tinggal dinyalakan daya dan pompa air dari tangki air, air pun mengalir lagi. Itulah salah satu kegunaan tangki air yang paling terasa manfaatnya. 

Tangki air yang dipasang di rumah akan memberi solusi dan memastikan ada tampungan air yang bisa digunakan setidaknya selama dua atau tiga hari kedepan oleh pemilik rumah. Karena keberadaannya penting, maka pemilihan dan perawatannya pun harus diperhatikan. 

Memilih Toren Air

Perlu Anda perhatikan toren ini bukanlah barang yang harganya murah. Selain karena fungsinya yang sangat berguna, jangka waktu penggunaannya pun akan sangat lama. Bahkan dalam 10 tahun pun mungkin Anda cuma butuh 1 kali pembelian. Terbayang jika Anda salah membeli tangki air ini, berapa kerugian yang bisa Anda dapatkan?

Baiklah langsung saja. Berikut ini hal-hal penting dalam pemilihan tangki air yang harus diingat sebelum membeli.

Pilih bahan yang sesuai

Ada beberapa bahan toren yang bisa dipakai untuk keperluan rumah. Seperti fiberglass, stainless steel dan plastik PE. Namun tentu saja memilih toren air harus diperhatikan, sebab berbeda bahan akan berbeda juga harga dan kualitasnya.

Untuk pemakaian di rumah, bahan toren yang biasa dipakai adalah berbahan dasar fiberglass. Karena terbuat dari bahan fiberglass, toren memiliki bobot yang sangat ringan, bertekstur kokoh, serta tahan lumut. Namun kelemahannya adalah sulit dalam perawatan dan tidak terlalu tahan dengan sinar ultraviolet. Air yang ditampung dari toren ini pun sebenarnya tidak aman diminum karena serat dari bahan fiberglass ini mudah jatuh dan mencemari air.

Jenis toren yang kedua adalah toren yang berbahan Air Polyethylene (PE). Toren ini merupakan bahan yang paling mudah dijumpai di pasaran. Sebab harganya lebih terjangkau oleh masyarakat dan produksinya pun melimpah. Karena bahannya polyethylene, toren ini lebih awet dan lebih kuat. Selain itu juga tidak berkarat, tahan goresan sehingga lebih aman bagi kesehatan. Namun tetap saja jenis toren ini tidak tahan panas dan harus rutin dibersihkan. 

Yang ketiga ada toren dengan bahan stainless steel. Toren ini memang lebih mahal dari jenis toren lainnya. Namun keunggulan yang sudah pasti dirasakan adalah lebih eksklusif, tahan panas, tahan karat, anti lumut, mudah dibersihkan, dan lebih aman bagi kesehatan. Banyak kan keuntungannya? Jadi meskipun lebih mahal, bahan stainless steel pada toren ini lebih awet dan tahan lama. Meskipun akan sulit servisnya jika sudah mengalami kebocoran. 

Pilih volume tampungan yang tepat

Setelah memilih jenisnya, yang perlu Anda tentukan adalah volume tampungan yang sesuai dengan rumah Anda. Ini penting, sebab ukuran pun menentukan jumlah uang yang Anda keluarkan. 

Idealnya setiap orang membutuhkan 233 liter/hari. Jika rumah Anda diisi oleh 5 orang maka jumlah kebutuhan satu harinya bisa mencapai 1.165 ltr per hari. Dari jumlah ini bisa Anda sesuaikan dengan tampungan toren yang Anda harus pilih ketika membeli. 

Pilih dimensi yang sesuai dengan area rumah Anda

Ketiga, yang perlu diperhatikan adalah dimensi dari tangki dan luas area yang Anda persiapkan untuk kehadiran tangki air ini. Jika misalnya area yang tersedia tidak terlalu besar, maka sudah pasti dimensi toren yang Anda pilih juga harus kecil. Selain itu, bahan plastik juga akan memudahkan proses instalasi di rumah Anda.

memilih toren air

PIlih merk terbaik dan tempat membeli yang terpercaya

Seperti pada umumnya, yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kualitas dari merk yang Anda pilih. Salah satu yang biasanya paling banyak dicari adalah merk Penguin. Ada nama-nama merk lain yang ada di pasaran, namun tetap saja berbeda merk (apalagi yang terkenal) juga memiliki perbandingan harga yang cukup signifikan. Karena itu, sebelum membeli sebaiknya konsultasikan dulu pada toko dimana Anda membeli toren. 

Kalo udah tau empat hal ini, pasti deh gak bakal salah lagi memilih toren air. Torennya bagus gak lumutan, gak khawatir lagi mata perih karena air abis sebelum mandinya kelar!

Klik untuk melihat harga terbaru!

Super Bangun Jaya menyediakan berbagai pilihan toren/tangki air terbaik untuk Anda. Kami juga menyediakan berbagai bahan bangunan dasar sampai finishing, lengkap! Caranya mudah, Anda dapat langsung kunjungi supermarket kami atau cukup klik superbangunjaya.com. Selain itu, Anda juga bisa dilayani langsung oleh CS Whatsapp kami dengan klik Whatsapp SBJ

Pengiriman terjamin #pastisampai dengan self courier dan ekspedisi yang terpercaya. Pastinya Anda mendapatkan #jaminangacurang. 

Mau dapat promo menarik? Jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya nggak ketinggalan informasi dan artikel ter-up to date setiap harinya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT