mengatasi sambungan genteng bocor

4 Cara Praktis Mengatasi Sambungan Genteng Bocor

Mengatasi Sambungan Genteng Bocor – Setiap hari selama musim hujan ada saja rasa sebal karena bagian genteng yang sudah diperbaiki bocor lagi dan rembes ke dalam dinding rumah. Bukan cuma bikin resah, tapi furniture-furniture di rumah seperti sofa, elektronik, lemari kayu, dan kasur jadi cepat rusak karena air yang tidak diundang membasahinya. Setelah diselidiki, kebocoran ini ternyata terjadi bukan di titik genteng yang biasa bocor. Tapi di sambungan genteng yang mungkin tidak semua orang ahli untuk mengatasinya, yakni di sambungan genteng.

Apakah Anda juga mengalaminya? Tenang di artikel SBJ kali ini Anda akan mengetahui trik-trik sakti dan jitu agar tidak terjadi lagi bocor atap. 

Cara Mengatasi Genteng Bocor

Dalam membangun rumah sudah pasti banyak yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah pemilihan genteng. Jangan salah, urusan genteng tidak hanya urusannya kontraktor dan tukang, Anda pun sebaiknya mengetahui dan memahami genteng yang berkualitas untuk rumah Anda.

Ada banyak pilihan atap yang tersedia di pasaran, jika Anda membutuhkan informasi tersebut dapat juga membaca artikel tentang GENTENG ya! Pada dasarnya yang harus dipastikan dalam memilih jenis genteng rumah adalah yang bisa memberikan kenyamanan penhuninya berteduh. Biasanya atap ini memiliki karakteristik kuat, tahan lama, dan tidak mudah bocor.

Di tengah kondisi yang tidak menentu dan sering hujan ini, masalah atap bocor pun sangat sering dikeluhkan. Bagaimana dengan rumah Anda? Apakah aman dari kebocoran?

Mengatasi Sambungan Genteng Bocor

Penyebab Genteng Bocor

Penyebab genteng bocor sebenarnya bisa sangat beragam. Pasalnya bukan cuma karena hujan, tetapi bisa juga karena tertimpa benda keras ataupun karena usianya yang sudah tua. Kalau sudah bocor begini pastinya mengurangi kenyamanan penghuninya kan, terlebih untuk Anda dan keluarga. 

Misalnya saat hujan tidak berhenti-berhenti semalaman. Jika Anda mendengar bunyi tetesan air di atap sampai air rembesan yang mengalir di pinggiran tembok, artinya ada kebocoran. Dengan kejadian itu lama-lama bisa bikin tembok jadi lembab dan gampang keropos. Bikin gak nyaman kan?

Kalau sudah terjadi seperti ini perlu diselidiki dulu nih, apa penyebab dari genteng bocor, baru setelah itu lakukan cara penanganan yang tepat. 

Penyebab Sambungan Genteng Bocor

Mengatasi Sambungan Genteng Bocor

Genteng sudah rusak

Kerusakan genteng bisa jadi hal utama yang menyebabkan kebocoran. Misalnya genteng yang sudah lama dipasang, setelah bertahun-tahun semakin rapuh sehingga terjadi retak. Retak ini yang akhirnya membuat air mudah masuk dan bikin bocor.

Genteng bergeser

Genteng yang sudah dipasang juga bisa bergeser lho. Biasanya terjadi karena pemasangan kurang baik sehingga bisa bergeser atau melorot. Ketika bergeser akan ada celah di antara sambungan atap, dan ketika celah sudah semakin besar maka air hujan yang bisa menembus celah tersebut dengan mudah. Bocor deh!

Talang air tersumbat

Talang air sebagaimana fungsinya untuk menyalurkan air jadi tidak berfungsi karena tersumbat. Jika sudah seperti ini genangan air pun tidak dapat dihindari terjebak di atap rumah. Lambat laun genangan ini membludak dan merusak lapisan-lapisan genteng.

Kerpus retak

Pernah lihat bagian penghubung antara nok dengan genteng di puncak atap rumah? Itulah yang disebut korpus. Kerpus pada umumnya tebuat dari campuran adonan pasir dan semen. Ketika pemasangan kerpus ini kurang baik, keretakan pun tidak dapat dihindari di kemudian hari. Dan pastinya Anda sudah bisa menebak apa yang akan terjadi jika kerpus ini rusak. Ya bocor!

Mengatasi Sambungan Genteng Bocor

Nah, jika sudah mengetahui 4 potensi kerusakan yang menyebabkan sambungan genteng bocor, maka Anda bisa lakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasi sambungan genteng bocor. Memang menyatukan atap dan dinding dengan sambungan tidak mudah dan perlu ketelitian yang cukup tinggi. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena apapun masalahnya ada solusinya.

Pakai Lapisan Waterproof

Cat pelapis ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Cat waterproof merupakan cat yang berguna untuk menahan kebocoran air seperti retakan kecil, robekan kasa. Kerusakan pada kedua bahan ini bisa diatasi dengan lapisan waterproof.

Setelah mengetahui area genteng yang bocor, Anda bisa menggunakan cat waterproof. Sebab daya tahannya terhadap air sangat efektif. Untuk mengaplikasikannya pun mudah karena bisa menggunakan kuas besar seperti kuas untuk mengecat tembok. Namun jika Anda hendak mengaplikasikannya mandiri, Anda perlu berhati-hati supaya tidak mengenai tangan dan mata.

Perbaiki Susunan dan Letak Genteng

Jika melihat kembali penyebab-penyebab yang mungkin terjadi, maka ada satu kemungkinan genteng bergeser letaknya. Sebab ketika diterpa hujan angin dan badai, posisi genteng bisa berubah dan meninggalkan celah. Karena itulah Anda perlu mengembalikan susunan dan letak genteng seperti semula.

Bersihkan talang air

Penyumbatan pada talang air yang berada di pinggiran atap akan terbatas dan membludak karena tersumbat kotoran yang menumpuk. Karena itu talang air perlu dibersihkan, bila memungkinan bersihkanlah secara berkala. 

Gunakan kasa penguat

Retakan yang ditemukan di genteng rumah bisa diatasi dengan dua pilihan. Pertama dengan mengganti genteng lama menjadi genteng baru. Kedua Anda dapat memberi kasa penguat untuk menambalnya dan diombinasikan dengan cat waterproof.

Kasa penguat sendiri adalah kasa yang memiliki serat kuat yang menyatu dengan cairan cat waterproof. Dengan menggunakan bahan ini Anda bisa membenahi masalah-masalah kebocoran lainnya yang rawan retak dan rusak.

Tambal dengan Sealant

Untuk mengatasi kebocoran pada sambungan atap dan dinding, Anda juga bisa menggunakan sealant untuk menambalnya. Namun, penambalan ini dianjurkan apabila penyebab kebocorannya berupa keretakan halus pada atap saja ya.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan sealant secukupnya pada retakan dan tunggu hingga kering. Kemudian, Anda dapat memberi lapisan kedua di atasnya agar retakan dapat benar-benar tertutup.

Mengatasi Sambungan Genteng Bocor

Demikian cara-cara yang bisa dilakukan bila ada kebocoran pada sambungan genteng. Sebelum ingin mencoba memperbaikinya, Anda bisa konsultasikan dahulu kebutuhan Anda bersama SBJ. Karena di SBJ Anda dapat tanya-tanya seputar kebutuhan bahan bangunan sampai order, klik TANYA-TANYA VIA WHATSAPP sekarang yuk!

Follow IG Super Bangun Jaya dan Like Facebook Page Super Bangun Jaya untuk info menarik setiap hari. Tunggu apa lagi, ayo wujudkan rumah idaman Anda bersama SBJ, Bukan Toko Biasa! Selamat mencoba cara mengatasi bocor pada sambungan atap rumah Anda ya!

LEAVE A COMMENT