penyebab keramik lantai terangkat

7 Penyebab Keramik Lantai Terangkat dan Cara Mengatasinya

Penyebab keramik lantai terangkat – Lantai keramik yang terangkat atau popping merupakan sebuah masalah yang banyak dialami penghuni rumah. Apa penyebabnya? Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini beberapa penyebab yang bisa membuat keramik terangkat dan pecah.

Penyebab Lantai Keramik Terangkat

penyebab keramik lantai terangkat

Kualitas adukan semen dan pasir tidak bagus

Setiap memasang keramik, dibutuhkan adukan semen dan pasir yang berkualitas agar hasil adukan bagus dan dapat merekatkan keramik dengan kuat. Apabila kualitas adukan ini kurang baik, besar kemungkinan keramik akan terangkat, menggelembung, dan pecah. 

Sebelum dipasang, keramik tidak direndam terlebih dulu

Bagi profesional, keramik yang akan dipasang biasanya direndam terlebih dulu agar adonan semen sebagai perekat dapat menempel dengan kuat di bagian bawah keramik.

Perubahan temperatur tanah

Keramik yang sudah dipasang dapat memuai apabila mengalami kenaikan temperatur. Keadaan ini biasanya terjadi pada saat musim panas, dan ketika memuai keramik jadi mudah retak dan pecah. 

Perubahan struktur tanah

Rumah-rumah yang berlokasi di pinggiran rel kereta dan daerah yang terdampak gempa bumi, akan lebih rentan mengalami keramik terangkat. Perubahan struktur tanah dapat menyebabkan semen di bawah keramik bergeser, lepas, dan terangkat.

Pengikisan dari lubang nat

Garis nat antar keramik yang tidak dipasang dengan benar dapat membuat lubang. Lubang ini mengakibatkan air masuk dan mengikis perlahan lapisan semen yang berada di bawah keramik. Pengikisan ini juga bisa terjadi pada rumah yang usianya sudah tua dan tidak terawat.

Pernah kebanjiran

Jika air yang masuk dari sela-sela nat aja bisa mengikis semen, lalu bagaimana jika keramik tersebut terendam banjir? Keramik yang pernah kebanjiran pasti mengalami penurunan tanah sehingga perekat semennya terlepas dan membuat keramik terangkat. 

Kualitas keramik yang buruk

Bukan tidak mungkin, saat ini ada saja oknum penjual yang menyembunyikan kualitas / grade keramik yang dijualnya. Katanya bagus tapi ternyata keramik tersebut mudah terbelah atau pecah. Saran kami, belilah keramik di tempat yang terpercaya dan menyediakan stok keramik yang lengkap, salah satu toko yang bisa Anda andalkan adalah SBJ.

Cara mengetahui keramik yang rawan terangkat

Cara mengetahui keramik yang rawan terangkat

Beberapa cara ini dapat membantu Anda mencegah keramik terangkat.

Pertama, periksa apakah ada nat yang berlubang, lepas, atau mengecil. Jika terdapat nat yang rusak, maka sebaiknya sekalian dibongkar dan diperbaiki. Pemeriksaan ini juga bisa Anda lakukan saat akan beli rumah.

Kedua, cek bagian keramik yang dibebani perabotan berat seperti lemari kaca, meja kayu jati, dan lain sebagainya. Jika mengalami retak, maka sebaiknya diganti terlebih dahulu.

Ketiga, cek permukaan keramik dengan cara mengetuk. Saat diketuk, keramik akan mengeluarkan bunyi. Jika bunyinya nyaring maka dapat dicurigai bahwa keramik tersebut mengalami keropos di dalamnya. Jika sudah ada tanda-tanda seperti ini, sebaiknya dibongkar dan diperbaiki.

Mengatasi keramik yang terangkat

Mengatasi keramik yang terangkat

Setelah mengetahui penyebab dan ciri-ciri keramik yang terangkat, maka kali ini kita akan bahas juga bagaimana caranya memperbaiki keramik yang terangkat. Cara ini mudah dan dapat Anda praktekkan dengan sederhana.

Jika keramik sudah terlanjur pecah atau terangkat, sebaiknya keramik tersebut dibongkar lalu dilakukan pengerjaan pasang keramik dari awal dan menggantinya dengan yang baru. Jangan lupa gali adonan semen yang tersisa di bawahnya dan dibuatkan adonan baru yang lebih dalam dari sebelumnya.

Untuk hasil yang lebih memuaskan kami sarankan gunakanlah semen instan. Sebab adukan konvensional (tradisional) tidak dapat dipastikan ketepatan campurannya layaknya semen instan yang pencampuran antara semen, pasir, dan airnya tepat.

***

KATA BANG JAYA

Kualitas semen instan lebih merekat kuat. Kok bisa? Bisa dong! Saat membeli semen instan, Anda bisa langsung pilih jenis semen instan yang khusus untuk keramik. Jenis semen instan ini dijamin sudah diformulasikan khusus untuk merekatkan keramik. Jadi pastinya daya rekat lebih kuat.

Efisiensi waktu kerja jadi lebih hemat. Kalau pakai semen instan gak perlu lagi tambahan campuran pasir. Waktu kerja pun bisa lebih cepat hingga 30% dibandingkan dengan pemakaian semen konvensional. Pemasangan keramik langsung cepet kelar deh!

Praktis karena ga perlu tempat yang luas. Kalau pakai semen instan, pasti minim tempat karena bahannya praktis, penggunaannya praktis, hasil jadinya lebih kuat!

***

Anda dapat menggunakan semen khusus perekat keramik yang kuat dan tahan lama! SBJ juga menyediakan berbagai semen instan yang dapat berfungsi merekatkan keramik, marmer, porselen atau mosaik pada dinding dan lantai, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Mau bongkar kamar mandi? Tenang. Semen instan juga dapat digunakan untuk keramik basah seperti untuk kamar mandi, dan juga area kering seperti di ruang utama, kamar, dan sebagainya. Sehingga cocok diaplikasikan pada bagian interior dan eksterior yang sering terkena paparan cuaca ekstrem. Jadi tidak perlu lagi khawatir bongkar pasang keramik karena memperbaiki lantai rumah Anda menjadi lebih mudah dan cepat!

***

KATA BANG JAYA

Hati-hati dengan semen instan oplosan. Cari tau kualitas dan keaslian semen instan sebelum membeli. Pastikan:

  • Packaging masih tersegel dengan rapi
  • Memiliki logo SNI
  • Berat sesuai dengan keterangan pada kemasan

***

Lalu pertanyaannya sekarang, apakah semua jenis dan merk semen instan cocok untuk proyek Anda? Apakah Anda yakin semen instan yang Anda beli adalah original? Jika masih ragu, Anda bisa tanyakan dan konsultasi pada kami.

Klik untuk Tanya-tanya Semen Instan Terbaik via Whatsapp

Beli Semen Instan di SBJ

Dengan konsultasikan kebutuhan semen instan di SBJ, Anda tidak perlu ragu dan repot lagi. Karena SBJ merupakan distributor resmi dari berbagai semen instan merk ternama. Mulai dari MU, Demix, Drymix, lengkap di sini. Isinya pasti original, pasti sesuai, pasti #JaminanGaCurang! Segera tanya-tanya dan dapatkan penawaran harga semen instan terbaik dengan klik >> WhatsApp SBJ <<


Itulah serba-serbi penyebab hingga cara memperbaiki lantai keramik yang terangkat. Anda bisa sebarkan kepada kerabat yang membutuhkan artikel ini. Untuk mendapat informasi lebih banyak seputar produk bahan bangunan terbaik, Anda bisa follow instagram kami Superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya.

 (eri)

LEAVE A COMMENT