Kandungan Cat yang Berbahaya

Kandungan Cat yang “Berbahaya” dalam Cat Tembok

Kandungan Cat yang Berbahaya – Sebagai produk material finishing, cat pada dasarnya tidak lepas dari kandungan bahan-bahan kimia. Dalam proses produksinya bahan-bahan kimia ini harus diramu dalam kadar yang aman dan sesuai standar. Namun nyatanya ada saja produsen cat nakal yang membuat cat “murah” terlihat lebih istimewa dan menggiurkan sekalipun kadar keamanannya diragukan. 

Apalagi kalau dikasih harga murah terus isinya banyak, siapa yang tidak terpikat? Kita tidak boleh menutup mata, sebab produk-produk seperti ini memang tersebar di pasaran namun sayangnya banyak yang belum paham bahwa ada kandungan berbahaya di sana.

Dari tadi ngomongin kandungan berbahaya, tapi nggak disebut-sebut nama kandungan yg berbahaya itu apa. Langsung saja, kita lanjut pembahasannya.

Kandungan Cat yang Berbahaya dalam Cat Tembok

VOC dalam cat tembok

Bahan itu Bernama VOC

Dilansir dari kompas.com, Volatile organic compounds (VOC) diartikan sebagai semua kandungan komponen bahan kimia organik yang dapat menguap dan dapat mencemari udara.

Apakah VOC Berpengaruh pada Kesehatan?

bahaya VOC dalam cat pada kesehatan

Bahan kimia yang terjebak di dalam satu ruangan dapat menguap dengan cepat dan mengacaukan fungsi-fungsi sel dalam tubuh. Efek-efek kesehatan tersebut bisa berupa iritasi pada mata, hidung dan tenggorokkan, sakit kepala atau pusing, kehilangan koordinasi, mual, kerusakan hati, ginjal, dan sistem saraf pusat. Penyebab dari efek-efek ini berasal dari bahan kimia ini disebut dengan VOC yang banyak tersimpan di banyak produk rumah tangga. 

Dilansir dari U.S. Environmental Protection Agency, VOC digambarkan sebagai campuran berbagai bahan kimia yang dilepaskan dari berbagai sumber. Campuran ini bisa 10 kali lipat lebih berbahaya bagi tubuh jika terus terperangkap dalam ruangan. Terlebih lagi akan lebih berbahaya bagi anak-anak.

Wujud VOC dalam Cat

kandungan cat yang berbahaya

VOC memiliki sifat mudah menguap, dan bahan-bahan yang termasuk dalam kategori ini adalah solvent dan thinner. 

Supaya lebih jelas, berikut ini akan diuraikan apa saja bahan-bahan yang berpotensi membahayakan. Simak artikelnya sampai habis. 

VOC dalam Solvent

Mungkin yang ada di benak Anda sekarang, kenapa cat mengandung solvent? Dalam takaran yang pas, solvent adalah pencampur cat yang baik. Dengan bahan ini, campuran cat bisa menghasilkan kekentalan yang sempurna. Campuran solvent dapat membuat cat menjadi mudah diaduk, mudah diaplikasikan, dan cepat kering. 

Akan tetapi di balik fungsinya, solvent tidak ramah bagi lingkungan dan tidak baik bagi kesehatan. Campuran ini akan menguap setelah cat diaplikasikan, dan setelah itu cat akan mengering dan membentuk lapisan di pemuaian benda. 

Uap solvent yang menyebar di udara ini bisa mencemari lingkungan dan menyebabkan gangguan kesehatan bila terhirup berlebihan. Bayangkan jika bahan ini dimasukkan dalam takaran yang tinggi.

VOC dalam Thinner

Thinner sebagai bahan pencampur memiliki tingkat VOC yang tinggi. Fungsi dari bahan pencampur sendiri adalah untuk mempermudah pengaplikasian baik untuk penguasan maupun penyemprotan. Namun meskit tidak semua cat memiliki bahan pencampur yang sama, thinner tetaplah bahan kimia yang berbahaya pada kesehatan.

Kapan VOC Menguap?

Kandungan Cat yang Berbahaya

Ketika cat sudah kering sebenarnya sudah tidak ada lagi VOC yang membahayakan. Akan tetapi dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat gas VOC benar-benar hilang di udara, khususnya di dalam ruangan yang baru dicat. 

Gas VOC yang menyebar di udara bisa mencemari lingkungan dan menyebabkan gangguan kesehatan bila terhirup secara berlebihan. Efek ini bisa dirasakan secara instan ketika kita memasuki ruang yang mengandung gas akibat penguapan VOC.

Kenali Cat yang Mengandung VOC Tinggi: Memiliki Bau Menyengat

Cat dengan kandungan VOC tinggi memiliki bau yang sangat menyengat. Baik itu ketika kaleng catnya dibuka, maupun setelah diaplikasikan. Media yang diaplikasikan akan memiliki bau menyengat dalam jangka waktu yang cukup lama. Saat baunya menyengat, ini membuktikan bahwa banyak senyawa VOC yang sedang menguap. Ayo hindari cat dengan kandungan VOC berlebihan.

Lalu Dimana bisa Temukan Cat Rendah VOC?

ORDER LANGSUNG DI SBJ

SBJ menyediakan berbagai cat dengan merk ternama dan terjamin kualitasnya. Berbagai merk seperti Mowilex, Jotun, Propan, Avian, Nippon Paint, Bital, Danapaint, dan lain-lainnya dijamin isinya sesuai dan aman untuk berbagai proyek Anda! Hubungi admin kami melalui Whatsapp. 

Itulah tadi pembahasan Kandungan Cat Tembok “Berbahaya” yang Perlu Dihindari. Semoga bermanfaat dan bisa dibagikan kepada keluarga, sahabat, dan teman-teman Anda agar mereka dapat mengetahui alasan cat tembok dengan bahan VOC. Jangan lupa segera follow Instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya agar Anda menjadi orang pertama yang mengetahui update promo terbaru dari kami. (eri)

LEAVE A COMMENT