Memperbaiki plafon triplek - bestseller.superbangunjaya.com

Memperbaiki Plafon Triplek Rusak atau Bernoda? Ini Caranya!

Plafon triplek merupakan jenis plafon yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Pemasangannya yang mudah dan harganya yang relatif murah menjadikannya favorit pilihan masyarakat. Namun, dibalik kelebihannya tersebut plafon triplek juga memiliki kekurangan yang membuat terjadinya kerusakan pada plafon triplek.

Salah satu penyebab kerusakan plafon triplek adalah air. Meskipun plafon triplek termasuk bahan tahan air, namun jika terkena air secara terus menerus maka triplek akan keropos dan akhirnya rusak.

Sebelum menuju cara memperbaikinya, lebih dulu kami berikan cara memilih triplek sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Memilih Plafon Triplek

Memperbaiki plafon triplek

Agar plafon triplek Anda tidak mudah rusak, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilih plafon triplek. Karena setiap jenisnya biasanya akan memengaruhi usia pemakaian dan fungsinya sebagai langit-langit di rumah Anda. Untuk itu, ini dia beberapa cara dalam memilih plafon triplek untuk di rumah Anda.

Kenali Kualitasnya

Tripleks memiliki grade atau ranking berdasarkan kualitas permukaannya. Anda perlu mengetahui grade triplek terlebih dahulu sebelum membelinya. Ada empat grade yang berlaku secara global, yaitu:

Grade A

Ciri permukaannya sangat halus, sehingga akan terlihat sempurna bila ditambahkan cat warna pilihan Anda. Grade A ini adalah grade yang terbaik. Jika misalnya triplek grade A mengalami kerusakan, maka perbaikan yang harus dilakukan adalah dengan membuat arah yang sama dengan serat tripleknya.

Grade B

Ciri permukaanya lebih keras dan padat. Jika terdapat kerusakan pada Grade B ini, Anda bisa menambalnya dengan kayu jenis lainnya atau bahan sintetis. 

Grade C

Ciri umum triple Grade C ini adalah adanya perubahan warna dan pengamplasan yang kurang sempurna. Triplek grade C ini terkadang terdapat sedikit retakan searah paralel dengan serat lapisan kayu yang dipakai. Jika Anda memilih grade C ini, pastikan bahwa retakan tidak akan mempengaruhi kekuatan papan ketika digunakan nanti.

Grade D

Kualitas tripleks Grade D ini adalah kualitas terendah, biasanya hanya direkomendasikan untuk kebutuhan panel bagian dalam eksterior atau hanya untuk interior saja.

Kenali Jenis-Jenisnya

Jika Anda sudah mengetahui apa saja grade pada triplek, berarti Anda sudah bisa menentukan ingin menggunakan triplek yang ber-grade apa. Jika sudah tahu, sekarang waktunya Anda memilih jenis triplek yang akan digunakan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis-jenis triplek, seperti Particle block, Multipleks, Melaminto, Blockboard, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengkonsultasikan dengan kami jenis triplek apa yang sesuai dengan plafon rumah Anda. Namun, biasanya triplek yang dijadikan plafon memiliki ukuran dan ketebalan, mulai dari 2,5 mm hingga 4 mm. 

Memperbaiki Plafon Triplek

Memperbaiki plafon triplek

Saat ini memang perlu kehati-hatian dalam membeli triplek. Karena jika tidak hati-hati Anda bisa terjebak dengan grade atau kualitas triplek yang dijanjikan penjual. Tidak hanya itu, bahan triplek yang terbuat dari kayu juga memiliki kekurangannya sendiri, yaitu perlu perhatian secara khusus.

Ketika hujan, triplek akan lebih sering terkena air rembesan sehingga akan mudah rusak. Saat terkena api pun bahan triplek akan mudah terbakar karena terbuat dari kayu. Hal seperti inilah yang menyebabkan plafon menjadi bernoda bahkan sampai bocor. Jika dibiarkan, maka akan sangat berbahaya untuk Anda dan orang-orang yang ada di dalam rumah. 

Untuk itu, Anda harus segera memperbaikinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa tahap dalam memperbaiki plafon triplek di rumah Anda.

1. Bersihkan Plafon

Sebelum mulai memperbaiki plafon triplek Anda, hal yang paling utama adalah keselamatan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kacamata pelindung, masker anti debu, dan sarung tangan. Jika sudah siap, langkah selanjutnya adalah proses membersihkan plafon.

Permukaan plafon yang akan Anda perbaiki harus dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan amplas untuk membersihkan kotoran-kotoran yang muncul yang diakibatkan oleh kerusakan. Sehingga nantinya proses pengecatan akan lebih mudah. Plafon yang sudah dalam keadaan bocor pasti timbul lubang dan meninggalkan banyak debu. 

2. Gunakan Alkali Sealer

Lalu, sebelum masuk ke proses pengecatan, Anda harus mengoleskan alkali sealer pada plafon triplek yang bernoda. Pengolesan alkali sealer ini bertujuan agar hasil pengecatan nantinya tidak belang dan sempurna. Setelah selesai mengoleskannya, tunggu sampai benar-benar kering sempurna biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

3. Selesaikan dengan 2 Tahap Pengecatan

Setelah alkali sealer tadi sudah kering, maka proses selanjutnya adalah proses pengecatan yang terbagi menjadi dua tahap. 

  • Tahap pengecatan pertama diawali dengan menggunakan campuran cat dinding dan air dengan jumlah air sebanyak 10 persen. Lalu, tunggu dan biarkan hingga mengering.
  • Tahap pengecatan kedua dilakukan dengan membuat campuran baru yang terdiri dari campuran cat dinding dan air dengan jumlah air sebanyak sekitar 20 persen dari jumlah cat. Anda bisa menggunakan roller untuk mengecat. Atau Anda bisa menggunakan kuas untuk area yang tidak dapat dijangkau oleh roller. 

Sedang Butuh Triplek untuk Plafon Rumah?

SBJ menyediakan berbagai jenis triplek yang tepat untuk kebutuhan Anda. Anda dapat langsung memesannya atau bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan kami agar mendapatkan kualitas yang terbaik.

Jika Anda tidak sempat atau tidak bisa datang ke toko offline kami, Anda bisa menghubungi kami secara online dengan klik Whatsapp dan kami akan mengirimnya langsung ke rumah Anda. Tidak perlu ragu dengan jaminan kualitasnya karena kami menyediakan produk yang terjamin dan sangat berkualitas, kami berani berikan #JaminanGaCurang!

Lihat Harga Produk Terbaru di Sini!

Sekian artikel kali ini semoga dapat membantu Anda yang ingin memilih dan membeli plafon triplek. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share dan follow media sosial kami di instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami. (eri)

LEAVE A COMMENT