Memperbaiki plafon triplek - bestseller.superbangunjaya.com

Memperbaiki Plafon Triplek Rusak atau Bernoda? Ini Caranya!

Plafon triplek merupakan jenis plafon yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Pemasangannya yang mudah dan harganya yang relatif murah menjadikannya favorit pilihan masyarakat. Namun, di balik kelebihannya tersebut plafon triplek juga memiliki kekurangan sehingga sangat mungkin terjadi kerusakan pada plafon triplek.

Salah satu musuh triplek adalah air. Meskipun plafon triplek termasuk bahan tahan air, jika terkena air secara terus menerus maka triplek akan bernoda, keropos, bahkan rusak. Apakah kalau sudah begini bisa diperbaiki? Yuk baca terus sampai akhir.

Akan tetapi sebelum kita menuju pada cara memperbaikinya, lebih dulu kami berikan cara memilih triplek yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Memilih Plafon Triplek

Memperbaiki plafon triplek

Agar plafon triplek Anda tidak mudah rusak, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilih plafon triplek. Karena setiap jenisnya biasanya akan memengaruhi usia pemakaian dan fungsinya sebagai langit-langit di rumah Anda. Untuk itu, ini dia beberapa cara dalam memilih plafon triplek untuk di rumah Anda.

Kenali Kualitasnya

Triplek memiliki grade atau ranking berdasarkan kualitas permukaannya. Anda perlu mengetahui grade triplek terlebih dahulu sebelum membelinya. Ada empat grade yang berlaku secara global, yaitu:

Grade A

Ciri permukaannya sangat halus, sehingga akan terlihat sempurna bila ditambahkan cat warna pilihan Anda. Grade A ini adalah grade yang terbaik.

Grade B

Ciri permukaanya lebih keras dan padat. Jika terdapat kerusakan pada Grade B ini, Anda bisa menambalnya dengan kayu jenis lainnya atau bahan sintetis. 

Grade C

Ciri umum triple Grade C ini adalah warnanya berbeda-beda dan pengamplasannya kurang sempurna. Triplek grade C ini terkadang ada sedikit retakan searah paralel dengan serat lapisan kayu yang dipakai. Jika Anda memilih grade C ini, pastikan bahwa retakan tidak akan mempengaruhi kekuatan papan ketika digunakan nanti.

Grade D

Kualitas triplek Grade D ini adalah kualitas terendah, biasanya hanya direkomendasikan untuk kebutuhan panel bagian dalam eksterior atau hanya untuk interior saja.

Memperbaiki Plafon Triplek

Memperbaiki plafon triplek

Tak bisa dipungkiri, saat ini memang perlu kehati-hatian dalam membeli triplek. Karena jika tidak hati-hati Anda bisa terjebak dengan grade “palsu” yang dijanjikan oknum penjual. Karena itulah sebelum membeli sebaiknya konsultasikan dulu dengan SBJ agar Anda bisa menemukan kualitas tripek yang sesuai harga dan speknya. Grade triplek yang tidak sesuai bisa mengalami kerusakan lebih cepat apalagi jika tidak dirawat dengan benar.

Ketika hujan misalnya, triplek akan lebih sering terkena air rembesan sehingga akan mudah rusak. Saat terkena api pun bahan triplek akan mudah terbakar karena terbuat dari kayu. Hal seperti inilah yang menyebabkan plafon cepat menjadi bernoda bahkan bocor. Jika dibiarkan, akan sangat berbahaya untuk Anda dan orang-orang yang ada di dalam rumah. 

Jika sudah rusak, perbaikan perlu segera dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa tahap dalam memperbaiki plafon triplek di rumah Anda.

1. Bersihkan Plafon

Sebelum memperbaiki, pastikan keselematan adalah hal yang paling Anda utamakan. Anda bisa menggunakan kacamata pelindung, masker anti debu, dan sarung tangan. Jika sudah siap, langkah selanjutnya adalah proses membersihkan plafon.

Permukaan plafon yang akan Anda perbaiki harus dibersihkan terlebih dulu. Anda bisa menggunakan amplas untuk membersihkan kotoran-kotoran yang muncul yang diakibatkan oleh kerusakan. Sehingga nantinya proses pengecatan akan lebih mudah. Plafon yang sudah dalam keadaan bocor pasti timbul lubang dan meninggalkan banyak debu. 

2. Gunakan Alkali Sealer

Sebelum masuk ke proses pengecatan, Anda harus mengoleskan alkali sealer pada plafon triplek yang bernoda. Pengolesan alkali sealer ini bertujuan agar hasil pengecatan nantinya tidak belang. Setelah selesai mengoleskannya tunggu sampai benar-benar kering sempurna, biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

3. Selesaikan dengan 2 Tahap Pengecatan

Setelah alkali sealer sudah kering, maka proses selanjutnya adalah proses pengecatan yang terbagi menjadi dua tahap. 

  • Tahap pengecatan pertama diawali dengan menggunakan cat yang dicampur dengan air. Campuran air yang diperlukan sebanyak 10% saja. Tunggu dan biarkan hingga mengering.
  • Tahap pengecatan kedua dilakukan dengan membuat campuran baru yang terdiri dari campuran cat dinding dan air dengan jumlah air sebanyak sekitar 20% dari jumlah cat. Anda bisa menggunakan roller untuk mengecat atau bisa menggunakan kuas untuk area yang tidak dapat dijangkau oleh roller. 

Tiga tahapan ini adalah cara yang sederhana untuk memperbaiki triplek Anda yang bernoda atau rusak.

Sedang Butuh Triplek untuk Plafon Rumah?

SBJ menyediakan berbagai jenis triplek yang tepat untuk kebutuhan Anda. Anda dapat langsung memesannya atau bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan kami agar mendapatkan kualitas yang terbaik.

Jika Anda tidak sempat atau tidak bisa datang ke toko offline kami, Anda bisa menghubungi kami secara online dengan klik Whatsapp dan kami akan mengirimnya langsung ke rumah Anda. Tidak perlu ragu dengan jaminan kualitasnya karena kami menyediakan produk yang terjamin dan sangat berkualitas, kami berani berikan #JaminanGaCurang!

Klik di Sini untuk Lihat Harga Produk Terbaru

Sekian artikel kali ini semoga dapat membantu Anda yang ingin memperbaiki plafon triplek. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share dan follow media sosial kami di instagram

@superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami. (eri)

LEAVE A COMMENT