Signature Ceramics

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia Agar Kinclong

Cara merawat lantai keramik – Di masa yang semakin modern, semakin banyak model dan jenis keramik yang dijual di pasaran. Anda pun dapat dengan mudah membelinya sesuai dengan motif dan warna yang Anda inginkan. Namun hati-hati ya, karena sebenarnya banyak yang menjual produk keramik dengan kualitas yang meragukan. Bilangnya kualitas 1 (kw1) padahal yang dijual kualitas 3 (kw3). Kalau sudah terjebak dengan toko yang tidak jujur, bukan hanya rugi di harga, kualitas keramiknya pun pasti akan lebih jelek dari yang diharapkan. Niatnya mau bikin rumah yang megah, modern, dan cerah, malah keramiknya cepat berubah warna dan kusam.

Cara Merawat Lantai Keramik

Untuk menyingkirkan kesan kusam ini, cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan rajin membersihkannya. Pembersihan bisa dengan sapu lantai maupun dengan bahan pembersih lantai yang mudah ditemukan di swalayan atau bahkan warung dekat rumah. Namun karena mudah, bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih bahan-bahan tersebut. Karena untuk merawat lantai keramik, Anda perlu memilih bahan-bahan yang tepat dan tidak merusak bahan lantai keramik rumah Anda. 

Lalu bagaimana cara merawat lantai keramik rumah agar kinclong? Berikut tipsnya!

Pel dengan menggunakan lap kain berbahan microfiber

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia

Banyak yang mengira mengepel adalah aktivitas yang bisa dilakukan dengan mudah dan begitu-begitu saja. Tapi tahukah Anda kalau mengepel dengan asal justru dapat menyebabkan keramik rentan pada goresan dan kerusakan? Karena itu untuk mengepel lantai keramik rumah Anda, diperlukan lap khusus yang mudah dilepas atau dapat diganti pinggiran kainnya. Biasanya kain yang bagus adalah kain pel yang berserat microfiber ringan dan mudah diperas. 

Sebaiknya hindari lap yang berbahan spons karena biasanya bahan spons justru mendorong air kotor ke pojokan ruangan dan sela-sela lantai dan membuatnya lebih sulit dibersihkan. Selain lapnya, pastikan juga airnya sering diganti karena air kotor malah akan membuat rumah Anda kotor dan berbau. Lantai pun jadi berawan dan hasilnya tidak kinclong. 

Hindari sabun detergen, gunakan cairan khusus pembersih lantai yang tidak mengandung asam

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia

Cairan yang paling baik untuk merawat keramik lantai adalah cairan yang non abrasif. Yaitu cairan yang tidak mengandung asam. Asam dapat bersifat korosif dan jika digunakan berlebihan dapat merusak glazur keramik sehingga dapat menyebabkan tampilan kilapnya berkurang. Karena itu pastikan gunakan cairan khusus pembersih lantai yang aman untuk permukaan keramik dan sebaiknya jangan menggunakan cairan pembersih terlalu banyak dan ikuti saja petunjuk pada kemasan produk. 

Singkirkan residu jika masih ada yang tersisa

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia

Ada kalanya setelah dipel, lantai keramik masih terlihat kabur seperti berawan. Hal ini biasa terjadi jika sabun pembersihnya mengandung bahan abrasif sehingga meninggalkan residu pada media lantainya. Nah, untuk menghilangkannya Anda dapat menggunakan cairan pembersih yang non abrasif dan tidak merusak. 

Cara ini jarang diketahui orang lain karena biasanya setelah dipel, lantai keramik dibiarkan begitu saja. Padahal membilas keramik dengan air bersih cukup penting dilakukan agar cairan pembersih tidak menempel pada permukaan keramik. Sebab jika residu dari cairan pembersih yang lama menempel akan merusak penampilan dari keramik Anda.

Bersihkan sela-sela nat keramik

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia

Bukan hanya lantai, sela-sela nat pun perlu dibersihkan karena jika tidak nantinya akan berubah warna. Menjadi kehitaman dan gelap karena sering menyimpan debu-debu. Nat tidak akan bisa langsung bersih hanya dengan disapu atau dipel saja, karena itu Anda perlu beberapa cara berikut. Campurkan air hangat, soda kue, amonia, dan sedikit cuka untuk membersihkan natnya. Anda dapat menyemprotkan campuran tersebut dan diamkan selama kurang lebih 5 menit agar cairannya masuk ke dalam nat. Sikatlah perlahan dengan sikat berbulu kaku agar kotorannya terangkat. Barulah setelah itu lap dengan kain lap basah. 

Hilangkan goresan dengan baking soda

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia

Ada kalanya setelah sering diinjak-injak dan terkena berbagai macam gesekan, keramik yang mahal sekalipun dapat mengalami goresan. Goresan yang dibiarkan dapat menyebabkan lantai semakin jelek penampilannya. Karena itu untuk memperbaiki keramik yang sudah tergores Anda dapat menggunakan campuran baking soda dengan pasta gigi. Setelah teksturnya mengental Anda dapat mengoleskan campuran tersebut di keramik yang tergores. Gunakan kain basah untuk mengoleskannya dan gosoklah perlahan dengan agak ditekan. 

Itulah beberapa cara merawat lantai keramik rumah agar terlihat kinclong. Cara-caranya sungguh mudah namun jika tidak dilakukan dengan benar, keramik bisa lebih cepat mengalami perubahan warna dan menjadi kusam. 

Supaya selalu aman dan nyaman dengan keramik yang tahan lama serta mudah dirawat, gunakan Mulia Keramik yang dijual di Super Bangun Jaya. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas tinggi, produk Mulia Ceramics sangat kami rekomendasikan untuk menjadi pilihan utama Anda.

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia Signature

Beli keramik Mulia di Super Bangun Jaya dengan tanyakan kami langsung via whatsapp! Anda tidak perlu ragu karena di SBJ ga bakal dicurangi. Super Bangun Jaya menyediakan berbagai produk bahan bangunan dasar hingga produk finishing lengkap dan dengan harga terbaik! Untuk Anda yang tidak bisa langsung datang ke toko kami, kami menyediakan layanan online dan pengiriman langsung ke rumah Anda. Produk keramiknya terbaik, pasti kami berikan #JaminanGaCurang!

Whatsapp Super Bangun Jaya

Bagikan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa follow instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami. (eri)

LEAVE A COMMENT