plamir tembok retak - bestseller.superbangunjaya.com

Cara tepat plamir tembok retak pada dinding

Cara mudah dan tepat plamir tembok retak pada dinding rumah – Sesudah mengaplikasikan cat pada dinding rumah, umumnya orang beranggapan bahwa catnya sudah cukup melindungi dinding dengan warna-warna yang indah. Padahal selain cat ada satu bahan lagi yang sangat dibutuhkan, yang fungsinya menjaga keawetan dinding dari ancaman retak. Bahan tersebut disebut dengan plamir tembok.

Plamir tembok merupakan satu langkah yang tidak bisa diabaikan. Kenapa? Karena plamir tembok dapat merapatkan dan menghaluskan permukaan dinding. Terutama pada dinding yang bertekstur, berlubang, dan tidak rata yang bisa menyebabkan gangguan saat proses pengecatan. Jika tidak melalui proses plamir, biasanya dinding yang sudah dicat lambat laun dapat mengalami keretakan. Sayang bukan jika dinding rumah Anda yang indah mengalami retak?

Nah, untuk itu kali ini akan kita bahas bagaimana cara mudah dan tepat plamir tembok retak pada dinding rumah.

Plamir Tembok Retak

plamir tembok retak - bestseller.superbangunjaya.com

Sebenarnya selain untuk menutup keretakan, plamir juga memiliki segudang manfaat untuk tembok Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Menutupi tembok yang teksturnya tidak rapi

Pada tembok yang memiliki celah dan pori, plamir dapat membuat permukaan tembok tersebut menjadi rata sehingga siap untuk dicat.

Menyamarkan warna asli tembok sebelumnya

Tanpa plamir, biasanya tembok yang langsung dicat begitu saja akan menghasilkan tembok yang lebih kusam dan gelap. Beda jika sudah diplamir, warna plesteran sudah dinetralkan dengan plamir yang berwarna putih.

Memudahkan pengecatan

Agar mendapatkan hasil yang bagus dan cepat, plamir sangat dibutuhkan dalam proses sebelum pengecatan. Dengan plamir permukaan tembok akan menjadi rata sehingga hasil akhirnya pun tembok akan menjadi lebih halus dan rata. 

Membuat cat awet dan tahan lama

Di sisi kekuatannya, plamir dapat membuat ketahanan cat menjadi lebih awet sehingga Anda tidak rugi waktu dan biaya lagi untuk mengecat ulang tembok yang retak.

Peralatan yang dibutuhkan sebelum proses plamir tembok retak

Alat dan bahannya sangat mudah ditemukan. Anda pun bisa mendapatkan bahan-bahan ini di Super Bangun Jaya.

1 Kg Lem putih pvac, sebagai bahan perekat

0,5 Kg super cement

1 Kg Semen putih, sebagai dasar untuk pembuatan plamir

2 Kg Kalsium

20 L Air bersih

Wadah, yang berfungsi sebagai tempat untuk mencampur bahan plamir

Wadah kecil, untuk menyimpan plamir yang akan digunakan

Kapi besar serta kecil yang berbahan pvc

Kain lap yang bersih

Kape, untuk mengaplikasikan plamir pada tembok

Kertas amplas yang tidak terlalu kasar

Proses plamir pada tembok

Bersihkan tembok dengan 2 langkah ini

Untuk plamir sisi tembok, tembok harus sebisa mungkin bersih tanpa ada kotoran, debu, dan sisa cat yang masih menempel. Karena itu, jika dinding sudah retak seharusnya dikupas dulu sisa-sisa cat yang masih menempel pada temboknya. Proses ini  bisa dliakuan dengan alat bantu wall striper sellery atau kape. Setelah dipastikan tidak ada lagi cat yang menempel, maka selanjutnya bersihkan dengan kain lap. 

Aplikasikan plamir pada tembok

Pertama tama tuangkan plamir terlebih dahulu pada wadahnya dan gunakan kape untuk membantu Anda dalam proses ini. Namun jangan lupa, selain alat  kape ini, Anda juga harus memastikan kualitas adonan yang dbuat. Misalnya saat membeli campuran kering, Anda harus encerkan terlebih dahulu sesuai dengan instruksinya. Ketika proses plamir dilakukan, maka kerjakanlah dengan serius dan teliti agar hasilnya tembok bisa halus dan merata. Selanjutnya oleskan adonan plamir pada tembok. Usahakan dengan urutan atas ke bawah agar dikerjakan dengan teliti dan tidak meniban adonan yang sudah diaplikasikan ke tembok. 

Setelah semua bagian retak tertutup dengan plamir, maka langkah selanjutnya adalah menunggu plamir tersebut mengering. Biasanya plamir akan mengering tidak lebih dari 24 jam untuk mendapatkan hasil yang benar-benar rata dan menempel dengan sempurna.

Selanjutnya lakukan pengamplasan dinding

Setelah mengering, proses yang harus dilakukan adalah pengamplasan tembok secara ringan. Ingat, harus dengan amplas yang teksturnya halus supaya tembok yang sudah kering tidak mengelupas saat proses pengamplasan. 

Periksa kembali

Saat pengamplasan sudah selesai, alangkah baiknya mengecek kembali hasil akhir dari semua proses yang sudah kita lakukan tadi. Langkah ini berguna untuk mencari tahu apakah bagian tembok yang retak masih ada lubang atau pori-pori yang belum tertutup oleh plamir. Di proses ini pun kita akan tahu apakah tembok sudah rata atau belum.

Jika dirasa semua proses sudah beres, maka Anda dapat melanjutkannya pada proses pengecatan. Tentunya dengan tembok yang sudah diplamir, pengecatan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan hasil yang lebih maksimal.

Namun jangan lupa, Anda juga perlu memilih cat dengan kualitas terbaik agar hasil cat pada dinding pun sangat baik. Jangan mau dijebak dengan harga yang murah lalu mendapatkan kualitas cat yang encer dan sulit menyatu. Udah susah-susah plamir, catnya jelek. Yah percuma!

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir jika membeli cat dan alat pengecatan di Super Bangun Jaya! Di sini kami menyediakan berbagai kebutuhan bangunan Anda, mulai dari bahan bangunan dasar hingga finishing, lengkap!

Lihat harga terbaru cat Super Bangun Jaya

Supermarket Super Bangun Jaya pun menyediakan fasilitas online sehingga Anda tidak perlu repot datang ke toko kami. Anda bisa langsung menghubungi kami via whatsapp dan berkonsultasi pada kami. Semua pesanan Anda pun kami pastikan aman dan sesuai.

Jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya agar tidak ketinggalan info dan update setiap minggunya. Super Bangun Jaya pasti #jaminangacurang!

LEAVE A COMMENT