memilih granit yang bagus

Baca 5 Hal Penting ini Sebelum Memilih Granit yang Bagus

Memilih granit yang bagus – Granit saat ini memang tengah menjadi tren dan banyak diminati untuk menghias rumah-rumah agar terkesan lebih mewah. Ada orang yang memanfaatkan granit untuk lantai saja, tapi tak sedikit yang juga memanfaatkannya untuk menghias dinding rumahnya. Semua sangat tergantung pada si empunya rumah dan sangat tergantung juga pada budget yang dimiliki.

Selain terkesan mewah dan mengikuti tren pembangunan masa kini, ada banyak orang yang menganggap penggunaan granit juga agar rumahnya terlihat lebih bersih, elegan dan enak dipandang. Apalagi bagi mereka-mereka  yang tak mempersoalkan masalah budget yang cukup tinggi.

Tapi memang memilih granit yang berkualitas susah-susah gampang, karena salah memilih membuat rumah yang dibangun jadi tak sesuai keinginan. Karena itu sebelum membeli, ada baiknya Anda memperhatikan betul hal-hal di bawah ini sebelum memilih granit yang bagus.

5 Hal Penting Sebelum Memilih Granit yang Bagus

memilih granit yang bagus

Hitung luas ruangan yang akan dipasangi granit

Memperhatikan luas ruangan yang akan dipasangi oleh granit merupakan hal yang sangat penting. Karena hal itu akan menyangkut berapa banyak granit yang dibutuhkan dan juga budget yang harus Anda keluarkan. Sayang kan kalau ternyata Anda sudah memesan granit ternyata kelebihan atau kekurangan. Dengan tahu ukuran pasti, granit yang dibeli tak akan sia-sia. 

Tentukan motif dan keseragaman granit

Kemudian kalau luas ruangan yang ingin dipasangi granit cukup luas, harus dipertimbangkan juga apakah akan dipasang granit dengan warna seragam atau mau menggunakan beberapa warna. Pikirkan betul untung rugi kalau pasang granit senada dan pasang granit dengan warna dan corak berbeda. Perhatikan juga unsur estetikanya. Karena hal itu sangat berpengaruh pada estetika bangunannya secara keseluruhan.

Sebelum memutuskan menggunakan granit sebagai bahan dasar lantai atau dinding rumah Anda, alangkah baiknya mengetahui cara perawatan lantai menggunakan granit  terlebih dahulu, agar nantinya Anda tidak kaget ketika sudah menggunakan. 

Sebab diakui atau tidak, granit mempunyai cara perawatan berbeda dan cukup rumit dibandingkan lantai keramik. Misal, jika Anda menumpahkan teh atau kopi pada lantai keramik secara tak sengaja, Anda bisa tenang-tenang saja. Tapi tidak demikian dengan granit, ketika Anda menumpahkan sesuatu maka Anda harus secepatnya membersihkan agar noda teh atau kopi tadi tidak mengering. Sebab kalau sampai mengering akan mempengaruhi warna granit Anda. Bahkan noda teh atau kopi itu akan melekat sampai seterusnya (permanen).

Tak cuma itu, Anda juga harus menyiapkan budget perawatan tahunan untuk membersihkan granit dengan menggunakan lapisan (coating) khusus agar kondisi granit tetap terlihat bersih dan mengkilat. 

memilih granit yang bagus

Tanya Pada Ahlinya

Dalam membeli granit, ada baiknya kita memegang teguh pepatah “malu bertanya sesat , di jalan.” Karena granit memiliki beberapa grade sehingga kita tak bisa asal membeli. Oleh karena itu bertanya pada arsitek atau tukang yang berpengalaman tentu akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan hasil maksimal. Tidak perlu cari harga yang termahal untuk medapatkan kualitas yang baik, tapi kehati-hatian dan ketelitian dalam memilih granit berkualitas tentu juga harus disertai keahlian yang khusus. Jadi tak ada salahnya kalau banyak bertanya, daripada menyesal kemudian. Kalau perlu ajak si ahli untuk mendampingi saat Anda belanja kebutuhan granit rumah Anda, sehingga tak salah pilih.

Dengan kehadiran ahli di sisi Anda, si penjual pun tak akan bisa menipu Anda dengan mengatakan bahwa granitnya berasal dari negara A atau B sehingga harganya jadi mahal. Padahal kenyataannya itu hanya bisa-bisanya si penjual. Carilah informasi mengenai granit terbaik berasal dari negara mana? Nah setelah itu Anda bisa menanyakan harganya terlebih dahulu ke penjual.

Sehingga Anda pun tahu granit yang ditawarkan terlalu mahal atau tidak dengan bantuan si ahli.  Jadi Anda sudah mempunyai patokan perkiraan harga berdasarkan pengetahuan ahli yang Anda mintai pendapat.

cara memilih granit

Periksa Teliti

Ada kalanya penjual nakal menyelipkan barang afkir ke dalam pesanan Anda. Karena itu dalam memilih granit perlulah ketelitian yang ekstra. Tak ada salahnya Anda memperhatikan apakah Anda mendapatkan granit dengan warna yang sama, motif  natural ataupun tidak, adakah r Lakukan pengecekan secara menyeluruh dan dengan seksama, kalau Anda tak mau menyesal kemudian. Kalau perlu Anda memastikan dengan cara membuka dan mengambil beberapa sampling secara acak untuk memastikan keseragaman kualitas. Jika hasilnya baik, kemungkinan semuanya baik. Tak hanya itu pastikan juga ada garansi dari penjual tentang kualitas barang yang Anda beli.

Jangan Pakai Tukang Sembarangan

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, karena harga dan penanganan granit tak sesimpel yang dibayangkan, maka ketika hendak melakukan pemasangan granit pun harus benar-benar dipilih tukang yang ahli. Jangan Anda asal-asalan dalam memilih tukang yang mengerjakan. Sebab memasang dan memotong granit tak bisa asal-asalan juga. Dia harus seorang yang sudah berpengalaman betul dalam urusan granit. Jangan sampai Anda hendak menghemat budget tukang, kemudian Anda menyesal karena pemasangan granitnya tak sesuai dengan ekspektasi Anda.

memilih granit yang bagus

Demikianlah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan jika rumah Anda akan menggunakan granit. Kalau butuh tanya-tanya lebih jauh soal memilih granit yang bagus bisa datang langsung ke toko SBJ atau bisa konsultasi via WA. Karena kami menyediakan berbagai kebutuhan bangunan dan renovasi rumah dari bahan dasar sampai finishing lengkap! Anda pun dapat berkonsultasi dengan nyaman menggunakan whatsapp dengan klik di sini untuk tanya-tanya via whatsapp!

Jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya gak ketinggalan info promo dan kejutan lainnya. Ayo jangan ragu hubungi Super Bangun Jaya sekarang dengan chat via whatsapp!

LEAVE A COMMENT