3 Penyebab Kegagalan Konstruksi Struktur Bangunan

3 Penyebab Kegagalan Konstruksi Struktur Bangunan

Kegagalan Konstruksi Sturktur Bangunan – Sahabat SBJ, dalam membuat rumah, jembatan, atau bangunan, dibutuhkan sebuah perencanaan dan operasional dalam pembangunannya, inilah yang disebut dengan konstruksi. Konstruksi juga dapat diartikan sebagai bangunan atau satuan infrastruktur. Ringkasnya, konstruksi didefinisikan sebagai objek keseluruhan bangunan yang terdiri dari bagian-bagian struktur. 

Banyak pekerjaan yang terkait dalam pembangunan konstruksi ini. Seperti manajer proyek, insinyur desain, dan arsitek proyek. Selain itu ada juga pekerjaan lapangan yang disebut dengan mandor, buruh bangunan, tukang kayu, dan ahli bangunan lainnya untuk mengerjakan langsung proyek sebuah konstruksi bangunan.

Keberhasilannya pun ditentukan oleh perencanaan dan pengerjaan yang tepat. Harus dengan rancangan pembangunan dengan memperhatikan AMDAL, besaran anggaran, jadwal perencanaan, keselamatan kerja, dan logistik yang tepat. Karean banyaknya faktor penentu ini maka akan sangat mungkin terjadi celah pada ketidaksempurnaan pembangunan. Parahnya jika konstruksi tidak diselesaikan dengan benar, maka bisa berakibat fatal apabila menyebabkan kecelakaan timbulnya korban jiwa, cedera dan lainya. 

Kegagalan Konstruksi Sturktur Bangunan

Kegagalan dalam proses pembangunan (maupun ketika sudah jadi) dapat berupa keropos dan juga keretakan. Jika struktur beton bertulang mengalami keretakan dan semakin meluas, maka bisa menyebabkan robohnya suatu bangunan. Ini jelas merugikan. Selain itu, efek dari kerusakannya pun menimbulkan kesulitan karena butuh banyak waktu untuk membersihkan, memperbaiki dan memerlukan biaya untuk mengembalikan seperti bangunan yang seharusnya.

Karena itu, agar tidak terjadi hal buruk dan merugikan, berikut ini hal-hal yang perlu diwaspadai dalam perencanaan dan pelaksanaan struktur bangunan.

Kesalahan Perencanaan dan Pengawasan

Kegagalan Konstruksi Sturktur Bangunan

Faktor utama penyebab bangunan gagal cenderung karena perencanaan yang salah atau kurang matang. Sehingga dalam pelaksanaannya pun tidak sesuai acuan yang ada. Bayangkan bila salah sedikit perhitungan saja, akibat yang bisa ditimbulkan adalah mencelakakan karyawan, penghuni, dan siapapun. 

Karena itulah sebetulnya orang sipil harus sangat berhati-hati dan metodis dalam memastikan desain bangunan. Sehingga ketinggian sebuah bangunan dan beban yang harus ditanggung oleh bangunan tersebut seimbang. 

Baca juga: Pastikan Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai Aman Sebelum Mulai Bangun Rumah

Kesalahan Operasional dan pekerjaan lapangan 

Kegagalan Konstruksi Sturktur Bangunan

Setelah masuk dalam ranah operasional, perencanaan akan diimplementasikan pada konstruksi secara fisik. Para pembangun di sini sangat memiliki peranan penting dan tak dapat diluputkan bila nantinya timbul tanda-tanda kerusakan. Pada bagian ini, sebetulnya kesalahan terjadi karena kelalaian pengawasan yang bertumpu pada tiga pihak seperti konsultan, kontraktor dan pengembang atau pemilik. Ketika tidak ada pengawasan ketat alias lalai memberikan pengawasan, kualitas pekerjaan pun tidak akan sebaik yang diharapkan. 

Kasus lain yang pernah terjadi adalah karena pengubahan fungsi awal dan tujuan awal sehingga menimbulkan terjadinya kegagalan konstruksi. 

Misalnya yang awalnya bertujuan membuat rumah biasa, namun diubah fungsi menjadi sekolah dan mengharuskan untuk dibuat bertingkat. Tentu akan mengacaukan kapasitas yang mampu diemban dari sejak pondasi dibuat. Satu-satunya cara pencegahan jika ingin ada penambahan beban adalah dengan diadakan diskusi terlebih dahulu dengan pihak konsultan perencana. Kalau memang dalam perencanaan bangunan sangat tidak memungkinkan diadakan penambahan beban maka harus dilakukan perkuatan struktur sebelum adanya penambahan beban.

Kesalahan dalam Pemakaian Bahan Bangunan

Kegagalan Konstruksi Sturktur Bangunan

Bukan rahasia lagi, ada banyak kasus yang mengungkap penyebab robohnya sebuah bangunan adalah karena penggunaan bahan bangunan di bawah standar yang ditentukan. Bukan satu dua kali, tindak korupsi pada penggunaan bahan bangunan juga merebak di luar negeri. Sehingga pada konteks ini, murni bukan karena bencana alam, namun karena kelalaian atau kejahatan manusia. Karena itulah memilih pekerja yang bisa dipercaya adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah proyek struktur bangunan. 

Selebihnya, pastikan bahan bangunan yang dibeli benar-benar tepat tanpa ada tindakan kecurangan ukuran, bahan, dan harga di dalamnya. Salah satu tips yang bisa kami berikan adalah, Anda harus tau bahwa ada beberapa bahan bangunan yang dirancang untuk iklim atau kondisi tertentu. Memilih sesuai iklim tentunya dapat membuat konstruksi bertahan lebih lama. Selain mempertimbangkan iklim, tentunya Anda perlu sadari bahwa bahan bangunan yang baik adalah bahan bangunan yang sudah memiliki sertifikasi dan lulus uji ketahanan sebelum diproduksi, sehingga daya tahannya tidak perlu diragukan lagi.

Dalam menentukan bahan bangunan pun sebaiknya pastikan ketersediaan bahan bangunan yang Anda pilih akan terjamin dan terpenuhi secara lengkap. Tentu akan sangat bijak apabila proyek konstruksi bangunan Anda mampu mendukung Anda lebih baik. 

Namun jangan khawatir, Super Bangun Jaya dapat menjadi pemasok bahan bangunan yang baik untuk Anda. Berlokasi di Tangerang Selatan, Super Bangun Jaya kini memiliki fasilitas online yang bisa Anda raih dengan Whatsapp. Jadi, Anda bisa langsung terjun dalam pengawasan, serta memilih produk yang terbaik untuk pembangunan konstruksi rumah Anda. Apa yang Anda cari, mulai dari bahan bangunan dasar seperti semen, pipa, besi, baja ringan, dan lainnya lengkap di sini! Setiap kebutuhan Anda kami kasih #jaminangacurang.

Terakhir, jangan lupa follow dan like instagram @superbangunjaya dan Facebook Page Super Bangun Jaya untuk dapatkan informasi promo dan materi menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT