Cara Membersihkan Stainless Steel yang Berkarat

Stainless Steel Berkarat – Dalam merawat peralatan rumah, khususnya bagian dapur yang banyak menggunakan bahan-bahan stainless, kita perlu mengawasi dan membersihkannya secara ekstra. Sebab ada bagian-bagian berdebu yang sulit untuk disentuh. Untuk membersihkannya dari debu, setidaknya Anda harus mengelapnya setiap minggu, atau membersihkannya dengan lap microfiber. 

Kain microfiber yang lembut ini bisa mengusir debu-debu yang menempel pada barang-barang Anda. Dan pastinya tidak meninggalkan bekas goresan pada permukaan stainless steel tersebut. 

Namun masalah terjadi bukan hanya soal goresan dan debu. Meski dengan mengelap secara rajin dan membiarkannya kering, sudah cukup untuk menjaga peralatan stainless Anda lebih tahan lama dan tetap terlihat mewah. Namun ada saja masalah yang menyebabkan stainless jadi berkarat. Ya, stainless steel bisa berkarat!

Stainless Steel Berkarat

cara menghilangkan karat pada besi - bestseller.superbangunjaya.com

Banyak yang masih beranggapan bahwa stainless steel adalah bahan yang tidak dapat berkarat. Padahal pada dasarnya, stainless steel bukanlah logam mulia seperti emas atau platina. Bahan ini tetap bisa berkarat seperti pada bahan besi lainnya. 

Stainless steel memiliki daya tahan korosi yang tidak terlihat dan mengalami oksidasi dengan oksigen. Karena itulah karat seringkali timbul pada bahan-bahan stainless steel seperti pada keran air, wastafel, dan alat-alat dapur lainnya. Masalahnya, karat ini tentu akan berbahaya karena sering berhubungan langsung dengan peralatan makan. 

Jadi meskipun mewah, peralatan rumah tangga yang terbuat dari stainless steel harus diperhatikan dengan baik agar tidak cepat berkarat. Akan tetapi, apabila karat ini sudah terlanjur nampak pada peralatan Anda, tengan jangan khawatir. Anda masih dapat berusaha membuatnya mengkilap lagi seperti baru. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan bahan alami dan bahan kimia yang beredar di pasaran. Berikut ulasannya!

Gunakan cuka

Selain menjadi penyedap masakan, cuka juga bisa memiliki manfaat untuk membersihkan peralatan dapur berbahan stainless steel. Caranya adalah dengan merendam kain halus bersama dengan cuka. Lalu gosokkan pada kran air, wastafel, rak piring yang berkarat. 

Selain stainless steel, cuka juga ampuh lho dalam mengkilapkan bahan kuningan dan perak. Namun biasanya perlu ada tambahan sedikit soda kue supaya lebih cepat terlihat hasilnya. Jika karat masih membandel, Anda dapat melakukan cara lain, yaitu dengan merendam peralatan tersebut ke dalam air cuka beberapa saat sampai cukanya meresap. Setelah itu barulah gosok hingga noda karatnya mengelupas.

Pakai minyak zaitun

cara menghilangkan karat pada besi - bestseller.superbangunjaya.com

Trik ini adalah cara yang masih jarang diketahui untuk membersihkan wastafel stainless steel. Anda dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan sedikit minyak zaitun pada handuk kertas lalu gunakan untuk membersihkan wastafel. Minyak zaitun sebenarnya lebih optimal digunakan untuk perawatan bahan-bahan besi, stainless steel, dan aluminium sebelum karat muncul. Karena itulah dengan minyak zaitun perabot dapur akan tetap mengkilap selama beberapa minggu sebelum dicuci kembali.

Pakai soda

cairan pengkilap stainless steel - bestseller.superbangunjaya.com

Selain diminum, soda juga bisa lho mengusir kerak dan karat. Dengan efek gelembungnya, soda dapat bekerja dengan baik di wastafel atau perabot stainless lainnya yang mulai berkarat. Anda hanya perlu menuangkan sebotol soda di bagian karat, dan lap lah beberapa kali. Bukan hanya karat, sisa-sisa noda bekas asam dan air juga bisa dibantu hilangkan dengan soda ini.

Gunakan campuran air lemon dan baking soda

cara membersihkan wastafel stainless steel - bestseller.superbangunjaya.com

Dengan perbandingan 1:1, campuran air lemon dan baking soda nantinya akan menjadi berbentuk pasta. Pasta ini bisa langsung dioleskan pada peralatan dapur stainless steel yang berkarat. Diamkan hingga 30 menit, lalu gosok dengan lap basah atau spons. Dijamin bersih dari karat.

Gunakan cairan pengkilap stainless steel

cairan pengkilap stainless steel - bestseller.superbangunjaya.com

Saat ini juga sudah ada lho, cairan pembersih yang diformulasikan khusus dan dibuat dari bahan kimia. Jadi jika Anda merasa terlalu repot untuk meracik cuka, air lemon, atau baking soda, stainless steel cleaner ini bisa membantu Anda dengan efektif. Namun perlu diawasi kadar dan jumlah penggunaannya ya, karena bahan kimia yang terlalu keras justru bisa merusak bahan stainless steel itu sendiri.

Itulah ulasan mengenai bagaimana cara membersihkan stainless steel yang berkarat dengan mudah. Mudah, aman, dan praktis tentunya. Jika Anda membutuhkan perabot dapur, seperti wastafel, kran air, dan lainnya, bisa langsung klik di superbangunjaya.com atau klik CS Whatsapp Super Bangun Jaya untuk terhubung dan konsultasi langsung! Di SBJ semua mudah, dari konsultasi sampai transaksi, aman!

Jangan lupa follow juga instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya untuk dapatkan promo menarik setiap harinya. Super Bangun Jaya udah pasti #jaminangacurang!

LEAVE A COMMENT