renovasi rumah jadi minimalis

6 Langkah Renovasi Rumah Tua jadi Minimalis Modern

6 Langkah Renovasi Rumah Tua jadi Minimalis Modern – Ada waktunya sebuah rumah perlu direnovasi. Khususnya rumah tua yang sudah mengalami beberapa masalah dan perlu diperbaiki. Namun memperbaiki dan sekaligus merenovasi rumah perlu pembiayaan khusus dan perencanaan yang matang. Perencanaan adalah sebuah tahap yang penting sebab jika salah fokus, bisa-bisa uang Anda habis tanpa mendapat hasil renovasi terbaik dan tidak mendapat hasil yang Anda inginkan.

Dalam merenovasi rumah tua menjadi lebih modern, gaya minimalis adalah yang paling banyak dicari. Gaya minimalis ini akan lebih memudahkan Anda dalam perencanaan dan pembiayaan karena Anda mungkin hanya memerlukan beberapa titik untuk diubah.

Sebelum mulai renovasi, Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Jadi, apa saja yang dibutuhkan dalam merenovasi rumah tua jadi minimalis? Berikut ringkasannya!

Periksa kondisi bangunan secara mendetail dan menyeluruh

Hal utama sebelum melakukan perombakan, sudah pasti yang harus Anda lakukan adalah pemeriksaan kondisi bangunan secara menyeluruh. Misal periksa bagian lantai, dinding, dan yang utama yaitu tiang penyangga yang membuat rumah terlihat jadul dan kuno. 

Apakah bagian-bagian tersebut sudah mengalami kerusakan?

Jika mengalami kerusakan, maka kerusakan ini wajib diperbaiki terlebih dahulu. Perbaiki seperlunya, namun jika mengalami kerusakan parah maka mau tidak mau harus diperbaiki secara keseluruhan.

Tampak baru dengan ganti fungsi ruang

pembagian rumah

Setelah melihat kembali kondisi ruangan, Anda dapat mulai merancang rumah tua dengan mengganti fungsi ruangannya. Jika tadinya hanya ada ruang khusus keluarga yang sangat luas, Anda dapat membaginya dan menciptakan ruangan baru. Cara ini dimaksudkan agar ciri khas rumah tua yang biasanya luas, bisa dimaksimalkan dengan kreatifitas. 

Bagilah sebagian ruangan yang ada dengan fungsi yang lain sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya Anda dapat menambahkan satu kamar tidur atau ruang kerja di sebagian ruang tamu yang luas. 

Perbarui dinding dengan mengecat ulang atau wallpaper

Rumah minimalis sebenarnya tidak membutuhkan banyak warna dan aksen untuk membuatnya menjadi semakin cantik. Anda cukup memperbarui warna cat tembok, atau dengan memasang wallpaper. 

Membuat rumah dengan gaya minimalis juga bisa dilakukan dengan membuat dinding bata ekspos yang dicat putih atau dibiarkan dengan cantik.

Jika Anda ingin menciptakan sebuah ruangan yang estetis Anda dapat membuatnya lebih instagramable dengan gaya scandinavian. Yakni dengan memilih cat dengan shade warna putih dan memberi pajangan-pajangan minimalis kekinian. Beri tirai untuk membatasi ruangan tersebut, dan pilihlah warna-warna pastel sebagai padanan dari tembok yang sudah dicat putih. 

Ganti lantai dengan keramik atau granit pilihan Anda

keramik granit

Untuk membantu Anda dalam memilih lantai yang tepat untuk gaya minimalis, Anda dapat menggunakan motif batu alam seperti marmer dan granit. Namun kekurangannya memang keramik ini lebih mahal, sehingga Anda harus mengeluarkan kocek yang lebih dalam. 

Untuk hasil maksimal, gunakan keramik ukuran tile yang besar agar rumah Anda mendapat tampilan gaya minimalis. 

Perbarui furniture rumah terutama pada lemari dan sofa

lemari sofa minimalis

Salah satu hal yang membuat rumah tampak jadul adalah karena isi perabotannya masih menggunakan model lama atau warnanya yang sudah usang. Untuk mengakalinya, Anda dapat memperbaiki atau dengan menggantinya dengan yang baru. 

Jika memilih beli baru, maka Anda dapat mencari referensi terlebih dahulu dari google atau Pinterest seperti apa gaya minimalis yang Anda sukai. Setelah itu Anda dapat melakukan furnishing dengan gaya modern minimalis dengan ornamen pendukung seperti sofa, bantal sofa, lukisan atau pajangan pop art. Tanaman kaktus hias, atau dengan karpet yang cocok dipadukan dengan dinding dan keramik rumah Anda. 

Bila ingin memperbaikinya saja, Anda dapat mengecat kembali furniture seperti lemari, kitchen set, meja, atau perabot lainnya yang memang bisa dicat ulang. Memperbaiki furniture lama akan sangat berarti dalam memberi kesan minimalis pada rumah Anda, begitupun dengan harga yang lebih terjangkau daripada membeli baru. 

Datang atau hubungi toko bangunan yang Anda percaya

Super Bangun Jaya

Supaya lebih matang, Anda dapat merencanakan renovasi rumah tua ini jauh-jauh dari enam bulan sebelumnya. Waktu ini akan sangat cukup untuk melakukan perencanaan seperti gambar desain, memilih perabot, keramik, dan tukang atau kontraktor yang akan Anda pakai untuk merenovasi rumah. Hingga dua bulan sebelum memulainya, Anda dapat mulai membeli barang-barang tersebut dan menghubungi tukang atau kontraktor. Timeline ini akan sangat membantu Anda apalagi jika Anda ingin turun langsung memantau setiap progress namun terbatas karena kesibukan. 

Sebenarnya ada cara yang mempermudah Anda dalam memulai renovasi rumah tua jadi minimalis sesuai dengan impian. Yakni dengan menghubungi Super Bangun Jaya yang telah lama melayani pembelian bahan bangunan. Di sini tersedia bahan bangunan dasar hingga finishing. Semuanya lengkap dan bisa dibeli melalui Whatsapp!

Tunggu apa lagi, langsung hubungi CS Super Bangun Jaya untuk konsultasi sekarang. Jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like facebook page Super Bangun Jaya agar selalu update dengan info dan promo setiap hari! Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT