cara membersihkan keramik kasar - bestseller.superbangunjaya.com

3 Cara Mudah Membersihkan Keramik Kasar, Kusam dan Berkerak

Membersihkan keramik kasar – Seringkali kerak ataupun noda yang menempel pada keramik susah dibersihkan. Dari manakah noda tersebut berasal? Biasanya kerak dan noda semen ini ada justru sejak keramik tersebut baru dipasang. Saat keramik dipasang, ada kemungkinan semen atau nat yang digunakan tercecer di atas keramik. Bisa juga disebabkan saat pengacian tembok dilakukan, semen tercecer di atas lantai keramik. Sehingga membersihkan keramik kasar pun sulit diatasi.

Seperti sifat semen, noda semen yang tercecer ini lama-lama mengeras sehingga menutupi lapisan mengkilap pada keramik. Sehingga jadilah warna kusam yang juga sangat beresiko mengakibatkan permukaan keramik menjadi rawan tergores. Selain menjadi masalah karena tidak nyaman dipijak, kehadiran noda semen yang tercecer ini juga pastinya akan mengganggu pemandangan mata. Menegur tukang untuk lebih berhati-hati pun sudah terlambat kan? Nah, jika noda-noda tersebut sudah terlanjur menempel di keramik, maka Anda perlu memakai beberapa trik berikut.

Membersihkan Keramik Kasar

Membersihkan keramik dengan cara sederhana

cara membersihkan keramik kasar - bestseller.superbangunjaya.com

Masalah pada permukaan keramik yang tampak kusam dipicu oleh kotoran seperti semen yang telah mengeras dan tidak dibersihkan. Jika sisa-sisa semen itu baru menempel di lantai, maka Anda dapat membersihkannya dengan mudah menggunakan air dan kain pel saja. Namun jika situasinya noda semen tersebut sudah mengeras dalam waktu yang lama, maka Anda dapat menggunakan bantuan sapu untuk menggosoknya hingga bersih. Cara membersihkan sisa semen di lantai keramik ini harus dilakukan sesegera mungkin, jangan sampai semen mengering bertahun-tahun karena akan menjadi semakin sulit untuk dibersihkan.

Selain kain pel dan sapu, larutan cuka juga bisa menjadi alternatif solusi permasalahan Anda. Sebab pada dasarnya cuka memiliki sifat asam yang keras. Jadi kotoran semen yang sudah berkerak dan membuat kusam keramik akan dapat dibersihkan menggunakan larutan cuka. Kandungan cuka dapat sangat efektif untuk mengatasi sisa-sisa semen yang terlanjur mengerak di lantai keramik.

Cara menggunakan cuka pun sangat mudah. Anda cukup menyiramkan cuka ke bagian-bagian keramik yang terdapat kerak semen. Biarkan cuka merembes ke beberapa titik dan diamkan beberapa saat agar terjadi interaksi antara larutan dengan semen. Jika semen sudah mulai terkelupas, maka sebaiknya segera bilas atau bersihkan dengan menggunakan kain pel dan sapu.

Membersihkan keramik dengan Ampas Kelapa

cara membersihkan keramik kasar - bestseller.superbangunjaya.com

Belum selesai, Anda juga bisa memanfaatkan ampas kelapa lho untuk menangani masalah ini. Iya, ampas kelapa dari pembuatan santan. Bahkan, dengan ampas kelapa ini, keramik Anda dapat mengkilap seperti baru kembali. Cara membersihkan noda semen di lantai keramik menggunakan ampas kelapa pun terbilang mudah. Caranya adalah dengan menggosokan ampas tersebut ke permukaan lantai yang terdapat kotoran semen. Setelah digosokan secara merata ke seluruh lantai, diamkan beberapa saat. Kemudian gosok dengan kain pel agar keramik benar-benar terlihat bersih. 

Membersihkan Keramik dengan Baking Soda

cara membersihkan keramik kasar - bestseller.superbangunjaya.com

Selain bahan-bahan sederhana, ada pula cara lain yakni menggunakan baking soda dan pasta gigi. Baking soda memang biasanya banyak digunakan untuk membersihkan berbagai peralatan dapur. Namun baking soda juga dapat membantu menghilangkan noda semen kering pada lantai keramik Anda.

Caranya adalah dengan menaburkan campuran baking soda dan pasta gigi ke area keramik yang dituju. Diamkan beberapa saat, dan gosoklah dengan menggunakan sikat atau kain basah. Fwalaa!! Lantai keramik Anda akan tampak mengkilap kembali.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat Anda coba untuk membersihkan keramik yang kasar, kusam, dan berkerak. Namun saat ini sudah ada juga bahan pembersih kerak pada keramik yang dijual di pasaran. Dengan komposisi bahan yang terjamin dan teruji, pembersih lantai keramik ini akan lebih memudahkan Anda. Salah satunya adalah merk Fason.

cara membersihkan keramik kasar, Fason - bestseller.superbangunjaya.com

Caranya adalah dengan keringkan keramik terlebih dahulu, tuangkan Fason ke noda semen atau cat tembok, lalu tunggu hingga beberapa saat. Setelah itu Anda hanya perlu mengelap dan membilasnya dengan air. Fason juga dapat dipakai untuk membersihkan dan mengepel lantai lho! Dengan Fason, keramik rumah Anda jadi bersih dan mengkilap seperti baru. Langsung tanyakan ketersediaan stok dengan whatsapp Super Bangun Jaya! #JaminanGaCurang

LEAVE A COMMENT