biaya bangun rumah minimalis sederhana - bestseller.superbangunjaya.com

Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis Modern

Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis Modern – Rumah merupakan kebutuhan pokok saat ini. Siapa sih yang tidak mau mempunyai rumah sendiri? Banyak orang yang sudah berpenghasilan tentu mau mempunyai rumah sendiri yang aman serta nyaman. Sayangnya, biaya bangun rumah minimalis modern yang cukup besar membuat banyak orang belum mampu melaksanakannya.

Membangun biaya rumah minimalis modern memanglah tidak semudah yang dibayangkan serta biaya yang diperlukan juga tidak murah. Anda wajib mempersiapkan budget spesial untuk mewujudkan mimpi mempunyai rumah idaman.

Untuk membangun rumah minimalis yang di impian, Anda dapat mulai dari menghitung kemampuan pribadi yang disesuaikan dengan tipe rumah yang mau dibentuk. Bila dana yang Anda miliki terbatas, Anda tidak butuh membangun rumah yang elegan serta megah. Anda dapat memilah rumah bergaya minimalis buat jadi rumah idaman.

Nah, jika Anda ingin mengetahui strategi untuk menekan biaya dalam membangun rumah minimalis, Anda dapat merencanakan keuangan dan pembangunan dengan cara berikut.

Buat Rancangan Kebutuhan Secara Rinci

biaya bangun rumah minimalis sederhana - bestseller.superbangunjaya.com

Dengan membuat anggaran kebutuhan bahan secara rinci, Anda dapat mengetahui dengan jelas dana yang Anda keluarkan dihabiskan buat apa saja. Bila Anda telah mengetahui dimensi bangunan, gambaran rumah, serta sasaran waktu pembangunan, mulailah membuat anggaran secara rinci. Dalam menghitung kebutuhan, terdapat dua metode yang bisa dipakai, yaitu biaya bangun rumah per m2, dan biaya bangun rumah dengan sistem harga satuan. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Menghitung Biaya Bangun Rumah Per m2

Perhitungan dengan tata cara ini dapat memberikan hasil yang berbeda. Sebab biaya yang tercantum akan sangat bergantung pada tipe bahan yang digunakan, harga bahan, biaya upah, biaya transportasi serta lain sebagainya.

Untuk menghitung rencana anggaran biaya bangun rumah dengan cara ini, Anda cukup melakukan beberapa hal berikut:

  • Siapkan foto denah rumah
  • Hitung luas bangunan cocok dengan rencana denah
  • Cari biaya per meter yang diperlukan

Jika rumah yang hendak dibentuk mempunyai lebar 6 m serta panjang 6 m. Maka Anda perlu mencari luasnya, yakni 6 m2 x 6 m2 = 36 m2

Berikutnya carilah beberapa harga bangunan yang terdapat di dekat posisi ataupun wilayah tersebut. Misalnya dari data yang didapat, harga per m2 bangunannya Rp. 2.500.000. *Harga tergantung dari wilayah dan tahun.

Setelah memperoleh data informasi luas bangunan serta informasi harga per m2. Berikutnya hitunglah berapa biaya yang diperlukan untuk membangun rumah yang Anda rencanakan. 

Contoh:

Luas bangunan= 32 m2

Harga per m2= Rp 2.500.000

Berikutnya hitung Rencana Anggaran Bangunan Rumah

32 m2 x Rp 2.500.000 = Rp. 90.000.000

Dengan 2 informasi tersebut, Anda dapat menemukan rencana anggaran bangun rumah secara sederhana. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat menaksir biaya langsung dengan cepat. Namun tentu saja, perhitungan ini tidak dapat menghasilkan angka yang cermat, apalagi melihat harga bangunan per m2 sangat bergantung pada wilayah ataupun posisi.

Menghitung Biaya Bangun Rumah Dengan Sistem Harga Satuan

Untuk menghitung dengan harga satuan memang lumayan rinci. Banyak sekali item yang wajib Anda masukkan ke dalam perhitungan. Berikut ini adalah berbagai item yang wajib diperhitungkan.

Pertama, Menghitung Volume

Langkah awal yang wajib dimasukkan dalam membuat RAB adalah menghitung volume. Volume ialah jumlah ataupun banyaknya pekerjaan yang dihitung bersumber pada satuan tertentu.

Buat terlebih dulu item apa saja yang dikerjakan dalam proyek yang hendak dilaksanakan. Kemudian hitung volume masing–masing item pekerjaan beserta sub item. Setidaknya ada 11 item pekerjaan yang tidak lepas dari anggaran volume ini, yaitu:

  • PONDASI
  • BETON
  • DINDING
  • KAP Serta ATAP
  • PLAFOND
  • PLASTERAN ACIAN
  • LANTAI
  • PINTU Serta JENDELA
  • PENGECATAN
  • Peralatan DALAM
  • Peralatan LUAR

Kedua, Menghitung Harga Satuan

Langkah berikutnya adalah membuat harga satuan, yakni terdiri dari harga bahan serta material, dan harga upah tenaga kerja. Namun perlu diingat pula, seringkali terdapat perbedaan harga antara index yang disediakan SNI dengan realitas di lapangan.

Setelah membuat anggaran, saatnya memakai desain rumah minimalis seperti yang telah direncanakan.

Anda tidak perlu bangun rumah elegan serta megah bila dana yang dimiliki tidak terlalu banyak. Anda dapat menyiasatinya dengan membangun rumah minimalis. Tidak hanya style rumah minimalis lagi tren saat ini, rumah minimalis juga memiliki banyak kelebihan.

Salah satu karakteristik konsep rumah minimalis diantaranya membuat suatu ruangan jadi multifungsi. Contohnya, Anda dapat menggunakan ruang dapur sekalian jadi ruang makan. Tanpa banyak ruangan, konsep minimalis sudah pasti dapat menekan jumlah dan biaya bangun rumah. Tak hanya dari fungsinya, Anda juga tidak harus menggunakan arsitek sebab Anda dapat mencari desain rumah yang bagus dengan mencarinya di internet.

Tanya harga jasa tukang

biaya bangun rumah minimalis sederhana - bestseller.superbangunjaya.com

Sebelum memberi pekerjaan, pastikan Anda menggunakan jasa tukang bangunan borongan, bukan setiap hari. Biaya buat membayar jasa merekalah yang sangat menyita anggaran lumayan besar. Selain itu pilihlah tukang yang sudah berpengalaman serta mempunyai reputasi kerja yang baik, supaya dana yang dikeluarkan tidak percuma nantinya.

Mulai survey harga dan tempat membeli bahan bangunan dasar secara langsung

biaya bangun rumah minimalis sederhana - bestseller.superbangunjaya.com

Umumnya toko-toko bangunan memiliki harga material yang sangat bervariatif. Oleh karena itu, saat sebelum mulai membeli bahan bangunan, sempatkan waktu untuk survey harga bahan-bahan bangunan yang hendak digunakan. Anda tidak butuh sungkan buat keluar masuk toko bangunan serta menanyakan harga. 

Saat bertanya-tanya tentang harga, Anda juga dapat sekaligus melakukan survey kualitas bahan bangunan yang bermutu. Jangan salah, kualitas bahan bangunan dasar yang dipakai itu sangat menentukan hasil dari rumah yang dibangun kelak. Tidak mau kan pakai bahan bangunan yang asal untuk rumah idaman, kan? 

Super Bangun Jaya menyediakan berbagai kebutuhan bahan bangunan dasar dengan kualitas dari brand SNI dan terpercaya. Bahkan tak perlu repot, kini Anda dapat tanya-tanya langsung pada CS WhatsApp kami! Selamat membangun rumah!

LEAVE A COMMENT