bak mandi bocor keramik - bestseller.superbangunjaya.com

Mengatasi Bak Mandi Keramik yang Rembes dan Bocor

Mengatasi Bak Mandi Keramik yang Rembes dan Bocor – Ada yang bilang kamar mandi merupakan cerminan seisi rumah. Bila kamar mandi tidak dirawat, bisa jadi pemilik rumahnya juga tidak peduli dengan kebersihan dan keteraturan seisi rumah. Bagaimana menurut Anda? Namun bicara soal kamar mandi, tentu bukan cuma soal dindingnya. Seluruh isi peralatan yang ada di dalamnya seperti gantungan pakaian, gayung, selang, dan bak mandi juga wajib dirawat. Merawat bak mandi tidaklah mudah karena tidak cukup hanya membersihkannya, ada kalanya bak mandi yang sudah lama akan rembes dan bocor. 

Meski sudah bersifat permanen dengan menggunakan semen ataupun yang sudah dilakukan finishing dengan keramik, tetap saja akan ada kemungkinan bak mandi mengalami rembes dan bocor. Kebocoran yang parah biasanya diawali dengan munculnya rembesan. Awalnya hanya rembesan, namun lama-lama akan diikuti dengan air yang keluar dengan deras hingga air bak mandi kosong. Kalau sudah begini, hati-hati sebab lubang-lubang kecil yang bocor itu dimanfaatkan sebagai jalan masuk cacing merah! 

Cacing merah akan sangat merugikan untuk kesehatan Anda dan seisi rumah yang menggunakan air pada bak mandi tersebut. Karena itu segera perbaiki bak mandi Anda agar dapat berfungsi kembali seperti sedia kala. Jangan remehkan bila bak mandi masih rembes, karena dari rembesanlah diawali kebocoran yang parah. Namun bagaimana caranya memperbaiki bak mandi yang rembes? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat memperbaiki bak mandi keramik yang rembes.

mengatasi bak mandi bocor - bestseller.superbangunjaya.com

Mendeteksi Letak Rembes

Kalau kebocoran yang terjadi karena ada guncangan seperti gempa atau karena kejatuhan benda berat, maka akan mudah dideteksi. Akan tetapi jika rembesan terjadi tiba-tiba bukan karena kejadian tertentu, mungkin akan sulit memeriksanya. Karena itu, lakukan cara berikut ini.

Pertama, isi bak mandi sampai penuh. Setelah itu jangan gunakan kamar mandi sampai sekitar 5 jam atau setengah hari. Pada tahap ini pastikan kamar mandi Anda kering tanpa aktifitas apapun. Kemudian lihat bagian bak mana yang basah. Fokuslah pada sisi yang basah itu, dan raba apakah ada lubang kecil yang menjadi sumber bocornya air. 

Biasanya lubang-lubang ini ada di sela-sela nat keramik atau permukaan keramik yang hampir amblas. Bila lubang kebocoran itu sangat kecil, nantinya akan sulit untuk ditutup. Karena itu Anda bisa memperbesar ukuran lubang tersebut dengan cutter. Hal ini dimaksudkan agar proses perbaikan berjalan lebih mudah.

Memperbaiki Bagian Bak yang Rembes dan Bocor

Secara umum langkah paling mudah yang bisa diambil untuk memperbaiki bak yang bocor adalah dengan menggunakan lem silikon untuk akuarium. Lem ini dapat didapatkan dengan mudah. Caranya pun simple dengan menempelkan lem tersebut di bagian permukaan lubang, area tengah, dan belakang lubang. Setelah lemnya diaplikasikan, kemudian tunggu beberapa saat sampai lemnya mengering dan menggumpal.

Cara tersebut sangat praktis untuk masalah yang tergolong kecil. Namun jika Anda mengalami beberapa masalah lain, seperti nat lepas, keramik retak, atau keramik ambles, dibutuhkan cara ekstra untuk dapat memperbaiki bak mandi Anda. Cukup siapkan semen putih, lem fox, dan cetokan pasir. Atau jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah, Anda cukup membeli semen nat yang sudah tersedia di dalam kemasan.

Nat terlepas. Nat yang terlepas biasanya akan merusak keramik juga. Karena itu lepaskan keramik yang ada di sekitar nat terlebih dahulu. Bersihkan dindingnya dan pasangkan keramik dengan pasir dan semen. Tambahkan campuran semen putih dan lem, atau cukup dengan semen nat untuk menambal nat pinggiran keramik.

mengatasi bak mandi bocor - bestseller.superbangunjaya.com

Jika ada keramik yang retak atau pecah, maka Anda harus siapkan perlengkapan tambahan sapu lidi dan keramik baru. Jika semua sudah disiapkan, campurkan semen abu-abu dengan lem fox. Kemudian masukkan adonan ini pada bagian lubang yang retak. Setelah itu gunakan sapu lidi untuk mengisi retakan-retakan yang kecil.

Keramik yang ambles bisa terjadi karena pembuatan bak mandi yang sebelumnya tidak dibangun dengan adonan yang baik. Sehingga akibatnya sedikit goncangan saja dapat membuat bak air jadi ambles. Karena pergeseran yang terjadi, terjadi celah pada bak dan menyebabkan rembes. Nah, untuk mengatasinya, Anda harus mencopot keramiknya terlebih dahulu. Berikan adonan semen baru pada permukaan keramik agar keramik yang baru bisa sejajar dengan keramik lain.

nat kemasan - bestseller.superbangunjaya.com
SBJ menyediakan semen nat dalam kemasan untuk memudahkan Anda dalam mengisi nat keramik. Hubungi CS Whatsapp kami.

Mungkin saja masih banyak yang menganggap sepele bak mandi yang rembes. Padahal sebenarnya bukan hanya rugi materil, namun kerugian juga akan menyerang kesehatan Anda dan penghuni rumah Anda. Rawat selalu kamar mandi dan seisinya agar selalu terjaga kebersihannya. Demikian cara-cara yang bisa Anda terapkan pada permasalahan bak mandi yang rembes. Jika Anda membutuhkan bahan-bahan untuk mengatasi bak mandi yang rembes dan bocor, langsung hubungi kami via CS Whatsapp. Selamat mencoba!

LEAVE A COMMENT