menata taman sempit - bestseller.superbangunjaya.com

7 Cara Menata Taman Depan Rumah yang Sempit

Memiliki taman yang asri di rumah sendiri adalah idaman banyak pemilik rumah. Selain dapat mendatangkan suasana sejuk dan hijau, taman di depan rumah juga dapat memberi nilai estetis bagi siapa saja yang memandangnya. Ketika Anda penat melihat layar komputer yang menyakitkan mata, dengan kehadiran taman ini, Anda dapat disegarkan kembali.

Namun sayangnya tidak semua pemilik rumah memiliki lahan yang cukup untuk membuat taman yang diinginkan. Bahkan tak jarang perumahan yang kecil dan padat tidak menyediakan lahan untuk dibuat taman sama sekali. 

Tak perlu berkecil hati, Anda juga bisa membuat taman yang asri meski dengan lahan yang terbatas. Hanya butuh sedikit kreativitas dan kemauan, halaman rumah yang sempit dapat diubah menjadi taman yang asri dan indah. Untuk itu, segera siapkan lahan Anda untuk mulai membangun taman kecil impian Anda. 

menata taman sempit - bestseller.superbangunjaya.com

Tambahkan jalur yang rata untuk menjadi jalan setapak

Hal utama yang bisa dilakukan dalam menata lahan kecil depan rumah adalah dengan menambahkan jalur rata untuk dijadikan jalan setapak. Jalan setapak ini bisa berbagai ukuran dan disesuaikan dengan anggaran Anda baik menggunakan beton, bata, batu loncatan. Anda dapat memilih bebatuan dengan warna yang berbeda. Kalau batu loncatan terkesan gersang di mata Anda, maka bisa diganti dengan konblok. Pastikan Anda telah mencocokkannya dengan warna eksterior rumah.

Beri hiasan yang hemat

Jika halaman depan rumah Anda sempit dan cukup untuk teras saja, Anda dapat menggunakan sedikit hiasan dengan budget hemat seperti container garden. Container garden merupakan konsep tanaman dalam kemasan. Sehingga Anda tidak membutuhkan bidang yang luas, namun hanya butuh beberapa tanaman favorit yang diletakkan dalam pot.

Atur pencahayaan yang minimalis

Mungkin Anda tidak terlalu suka dengan keadaan lampu yang mencolok dan ramai. Karena itu Anda dapat menata taman dengan pencahayaan yang tepat. Bisa dengan lampu gantung, lampu yang ditanam, atau lampu taman berdiri. Selain itu Anda juga dapat menambahkan lampu surya untuk menerangi rumput di sekitar teras. Yang jelas, agar biaya listrik Anda tidak membengkak, gunakan lampu LED.

menata taman sempit - bestseller.superbangunjaya.com

Ciptakan taman di sudut 

Untuk menyiasati taman yang kecil, Anda bisa menciptakan taman di sudut rumah Anda. Cara ini merupakan cara alternatif supaya Anda masih memiliki suasana asri dengan sisa lahan yang cukup luas. Buat sudut taman dengan batas lengkung dan isi dengan berbagai bunga, batu, dan tanaman hias. 

Buat komposisi yang seimbang

Taman di teras rumah yang sempit bisa diakali tampak lebih luas dengan teknik komposisi yang seimbang. Bagaimana cara mengaturnya? Anda bisa membagi tiga bagian bidang tanah dengan memisahkan rumput dan batu-batuan sesuai dengan warna dan ukurannya. 

Manfaatkan dinding

Jika Anda tidak suka dengan pot-pot bunga yang terlalu memenuhi halaman rumah, Anda dapat meletakkan tanaman tersebut pada dinding rumah atau memberi tanaman rumput yang merambat. Cara ini bukan saja meminimalisir ruang teras, namun juga dapat memberi mood yang menyenangkan di pagi hari. 

menata taman sempit - bestseller.superbangunjaya.com

Buat serba hijau

Ribet membeli furniture tambahan dan bahan-bahan lain untuk menghias taman kecil rumah? Kenapa nggak bikin semuanya jadi hijau? Buat satu titik halaman menjadi lokasi yang sejuk dan asri dengan pemandangan yang menyehatkan. Dengan menghadirkan berbagai macam tanaman dalam sudut halaman, tempat ini pasti akan menyegarkan suasana rumah Anda. 

Itulah berbagai cara mudah yang dapat Anda aplikasikan untuk menata taman depan rumah yang sempit. Segera mulai persiapan jika taman depan rumah Anda ingin ditata tampilannya. Sebagai tampilan depan rumah, tentu taman yang tertata rapi dan cantik akan sangat penting untuk menunjang penampilan rumah Anda. Cari bahan dan peralatan yang Anda butuhkan di Super Bangun Jaya, dan jadikan halaman rumah sebagai salah satu bagian rumah idaman Anda. Semoga menginspirasi.

LEAVE A COMMENT