rumah genset minimalis - bestseller.superbangunjaya.com

Tips dalam Membeli dan Memasang Genset untuk Rumah Tinggal

Belum lama Indonesia dihebohkan dengan kejadian mati listrik yang serentak hampir di seluruh wilayah Banten, Jakarta, hingga Jawa Barat. Tentu saja hal ini sedikit banyak meresahkan warga, sebab jika listrik yang mati bukan saja gelap yang dirasa. Tapi juga banyak nyamuk, air habis, dan lain sebagainya. Aktivitas vital jadi terhambat karena fenomena pemadaman listrik ini tidak terjadi dalam waktu yang singkat. Bahkan di sebagian wilayah sampai merasakan tidak ada listrik seharian. Tak bisa dihindarkan, genset pun menjadi buruan sebagian warga yang tak sabar menanti listrik dapat nyala lagi.

Sebenarnya apa itu genset? Istilah ini memang lebih dikenal daripada nama aslinya generator set. Genset merupakan sebuah perangkat yang dapat menyediakan tenaga listrik dan daya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan. Genset biasanya dijumpai di gedung-gedung dengan kapasitas yang banyak orangnya seperti perkantoran, hotel, apartemen, dan rumah sakit. Namun tak jarang kini banyak orang rumahan yang memilikinya. 

Mengingat saat ini banyak terjadi pemadaman listrik, memang genset cukup menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Apalagi jika Anda memerlukan listrik sebagai sumber utama Anda dalam bekerja. Mungkin Anda juga salah satu yang tertarik membeli genset? Namun sebelum itu, mari kita cari tahu apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli genset. 

Jenis Genset yang Sesuai Kebutuhan Rumah

Genset standby

Genset ini dipasang permanen dan dapat berfungsi langsung ketika listrik PLN padam. Secara otomatis genset akan bekerja sehingga Anda langsung merasakan listrik kembali normal. Genset ini menggunakan bahan bakar berupa gas. Namun masih dihargai cukup mahal dan belum banyak tersedia di Indonesia. Berikut beberapa kelebihan genset standby:

  • Mudah dioperasikan karena menggunakan peralatan otomatis
  • Lebih aman karena ditempatkan tersendiri dan permanen
  • Suara tidak berisik 

Genset Portable

Genset inilah yang saat ini cukup populer di Indonesia karena harganya cukup murah dan mudah untuk didapatkan. Seperti namanya, “portable” genset jenis ini mudah ditempatkan dimanapun dan dapat dibawa bahkan ketika Anda ingin beraktifitas di luar ruangan. Genset portable biasanya menggunakan bahan bakar bensin atau solar. Adapun kekurangannya adalah suaranya cukup berisik dan sulit dioperasikan karena menggunakan recoil/engkol. Sebenarnya ada genset portable yang tidak berisik namun harganya cukup mahal karena menggunakan starter elektrik.

Merk Tipe dan Merk Genset

Sebelum membeli genset, sebaiknya cari tau informasi lebih dulu tentang merek dan segala tipe yang Anda butuhkan. Bandingkan, dan baca reviewnya jika ada. Dan jangan lupa baca secermat mungkin bagaimana cara pemasangan dan penggunaannya sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Karena jika salah pasang justru akan membahayakan keselamatan Anda. 

Kebutuhan Listrik Rumah yang Disesuaikan dengan Daya Genset

Pastikan terlebih dahulu peralatan apa saja yang akan Anda gunakan saat listrik mati. Karena jika Anda hanya memerlukan peralatan rumah tangga seperti lampu, TV, kulkas, maka Anda dapat memilih genset dengan daya watt yang kecil. Namun jika Anda memerlukan semua peralatan listrik Anda menyala dan bekerja maksimal seperti memakai listrik PLN, maka belilah genset dengan kapasitas watt yang lebih tinggi dari KWH di rumah. Misal, jika rumah Anda memasang 1300 watt, maka Anda memerlukan genset dengan kapasitas 2500 watt.

Aman menggunakan genset

Itulah tiga hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan membeli genset. Berikutnya yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana menggunakan genset dengan aman. 

Hindari memasang genset portable di stop kontak. Sebab memasukan generator di stopkontak dapat memudahkan jaringan listrik mati dan dapat merusak utilitas dan tetangga di rumah Anda. Karena itu sebaiknya hubungkan peralatan pada kabel luar menuju outlet tempat genset.

Hindari menghubungkan genset langsung pada kabel rumah. Karena genset yang terhubung langsung dengan rumah dapat memberikan umpan balik menuju saluran listrik rumah Anda. Inilah yang dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada utilitas maupun genset Anda.

Hindari membebani mesin genset dengan berbagai peralatan yang melebihi daya outputnya. Sebab pemakaian genset yang overload dapat merusak berbagai peralatan dan elektronik berharga dalam rumah Anda. Karena itu sebaiknya dalam keadaan darurat, hanya prioritaskan menyalakan peralatan yang penting. 

Jauhkan genset dari bahan bakar. Tentu saja, Anda harus menyimpan genset di tempat yang aman dari area bahan bakar. Sekaligus pastikan pengisian bahan bakar jauh dari api dan rokok. Untuk lebih aman, sebaiknya sediakan juga pemadam kebakaran.

rumah genset minimalis - bestseller.superbangunjaya.com

Itulah cara memilih dan memasang genset dengan tepat dan aman. Jika Anda ingin berkonsultasi atau memiliki genset, silahkan hubungi CS Super Bangun Jaya di WhatsApp 087886865050. Belanja genset mudah dan aman, sedia berbagai merek. Ayo hubungi SBJ sekarang juga!

LEAVE A COMMENT