lampu yang baik untuk kamar tidur

Tips Menentukan Posisi dan Jenis Lampu yang Baik untuk Kamar Tidur

Posisi dan jenis lampu pada sebuah ruangan akan sangat mempengaruhi kenyamanan penghuninya, akan tetapi masih banyak yang mengabaikan hal ini karena menganggap bahwa semua bola lampu bisa digunakan untuk seluruh ruangan di dalam rumah. Padahal jika posisi dan jenis lampu dipilih dengan tepat, setiap ruangan pasti akan tampak lebih nyaman dan indah.

Dari jenisnya, kita dapat membedakan berbagai jenis lampu menjadi beberapa jenis. Umumnya tiga jenis lampu ini sangat umum digunakan di dalam rumah.

Lampu yang baik untuk kamar tidur - bestseller.superbangunjaya.com

Pertama, lampu pijar. Lampu pijar atau yang biasa kita sebut dengan bohlam adalah jenis lampu yang tidak asing lagi sebab sangat umum digunakan oleh banyak kalangan. Warna yang paling khas adalah warna kuningnya yang hangat. Dari segi harga, bohlam pun dibandrol dnegan harga yang cukup murah dan sangat mudah didapatkan. Namun sayangnya lampu yang terdiri dari elemen kawat pijar, gas nitrogen, kripston, hydrogen, argon, dan sebagainya rentan rusak dan mati. Maka jangan heran bisa dalam waktu 3 bulan Anda mesti mengganti bohlam dengan lampu yang baru lagi. 

Kedua, lampu neon alias fluorescent. Lampu ini sering ditemui jika Anda mampir ke toko-toko atau minimarket. Kenapa? Karena lampu ini lebih terang dan hemat energi bila dibandingkan dengan lampu bohlam. Bahkan ada yang mengklaim lampu fluorescent ini dapat dipakai hingga sepuluh tahun. Karena itulah lampu ini dihargai lebih mahal. 

Ketiga, lampu LED atau Light Emitting Diodes yang merupakan sebuah teknologi pencahayaan terkini dan sedang banyak diminati. Dibandingkan dengan lampu pijar dan fluorescent, LED tentu saja memiliki efisiensi yang lebih tinggi. Karena lebih sedikit mengonsumsi energi dan layak dijadikan sebagai pencahayaan utama di rumah. Namun, karena harganya relatif lebih mahal, masih banyak yang enggan memakai lampu ini. 

Untuk kamar tidur, lampu memiliki peran yang penting untuk mempengaruhi tingkat kenyamanan penghuninya. Karena di sinilah Anda mengawali dan mengakhiri aktivitas Anda sehari-hari, sehingga segala elemen yang ada di dalam kamar sangat bisa membentuk suasana hati Anda. Jika akan tidur, tentunya lampu perlu diatur sedikit redup sehingga kamar dapat memberi kesan menenangkan untuk beristirahat. Namun jika terlalu gelap, aktivitas bisa terganggu karenanya. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menyesuaikan keadaan kamar tidur dengan lampu? Berikut tipsnya!

Perhatikan ukuran lampu dengan luas kamar

Lampu yang baik untuk kamar tidur - bestseller.superbangunjaya.com

Supaya pencahayaan lebih fokus, sebaiknya pilihlah ukuran lampu berdasarkan luas kamar Anda. Hal tersebut untuk menghindari disfungsi desain ruangan dengan pencahayaannya. Jika lampu yang digunakan terlalu besar, ruang kamar yang kecil akan terasa sangat panas dan menyilaukan mata. Sebaliknya jika ruang kamar tidur Anda luas namun menggunakan lampu yang kecil akan terasa gelap. Karena itu, sangat penting menyesuaikan ukuran lampu dengan ruangan kamar tidur yang Anda miliki. 

Posisi lampu sebaiknya tidak tepat di atas tempat tidur

Posisi lampu kamar tidur - bestseller.superbangunjaya.com

Perlu diketahui, pencahayaan yang baik di dalam kamar tidak boleh berada di atas tempat tidur, sebab pancaran cahayanya dapat membuat mata jadi lelah dan tidak sehat. Sehingga akan menyulitkan Anda untuk beristirahat. Karena itu sebaiknya letakkan cahaya yang redup di samping tempat tidur atau di pojok ruangan saat Anda hendak beristirahat. 

Warna lampu yang hangat akan lebih menenangkan

Warna lampu untuk kamar tidur - bestseller.superbangunjaya.com

Nuansa redup dapat diciptakan dengan warna lampu oranye yang hangat dalam intensitas yang rendah. Selain memberi efek menenangkan, warna oranye juga dapat memberi kesan dramatis di dalam kamar. Namun Anda juga bisa mengubah mood ruangan dengan menambahkan dimmer pada lampu kamar. Jadi bisa atur sendiri sesuai mood yang Anda inginkan.

Optimalkan pencahayaan di area tertentu

Posisi lampu kamar tidur - bestseller.superbangunjaya.com

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di kamar seperti bermain komputer, menjahit, ataupun membaca harus mendapat pencahayaan yang optimal. Sehingga untuk area tersebut bisa diprioritaskan. Sementara untuk bagian kamar tidur dan bersantai bisa menggunakan cahaya pantulan sehingga bisa menerangi tempat tersebut dengan lembut.

Semoga dengan artikel ini Anda dapat memilih jenis lampu dan menempatkan lampu yang tepat sehingga dapat membuat ruang kamar tidur Anda lebih nyaman dengan penerangan yang baik. Baca terus ulasan-ulasan lainnya hanya di blog bestseller.superbangunjaya.com!

LEAVE A COMMENT