Jangan Sembarang PIlih Baja Ringan untuk Atap Rumah Anda! Begini Caranya!

Ingin membangun atau merenovasi rumah? Sebaiknya pilih bahan bangunan yang terbaik dan berkualitas. Sebab bangunan yang kokoh akan tercermin dari bahan-bahan bangunan yang terbaik pula. Terutama pada bahan baja sebagai penguat utama dari sebuah rumah.

Secara umum baja digunakan diantaranya sebagai bagian sloof atau pondasi, kolom sebagai penguat dinding, dan ring balok yang pembuatannya di bagian paling atas. Ring balok ini berfungsi sebagai pengunci kolom paling atas, serta untuk memperkuat dinding dalam menahan beban atap.

 

Keuntungan Memakai Baja Sebagai Material Struktur Bangunan

  • Baja memiliki kekuatan yang besar untuk menahan kekuatan Tarik dan tekan tanpa membutuhkan banyak volume.
  • Baja memiliki kekuatan yang tinggi. Meski terbuat dari jenis yang paling rendah kualitasnya, baja tetap memiliki perbandingan kekuatan pervolume yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan bahan-bahan bangunan umum lainnya.
  • Mudah dalam pemasangan. Hal ini dikarenakan semua bagian konstruksi baja bias dipersiapkan di toko, sehingga kegiatan yang dilakukan di lapangan adalah pemasangan bagian-bagian konstruksi yang telah dipersiapkan.
  • Baja memiliki keseragaman. Sifat-safat baja sebagai bahan bangunan maupun dalam bentuk struktur dapat terkonstruksi dengan baik.
  • Dapat dilas atau system baut
  • Komponen-komponen strukturnya bisa digunakan lagi untuk keperluan lainnya.
  • Komponen yang sudah tidak dapat digunakan masih bernilai sebagai besi tua
  • Struktur yang dihasilkan bersifat permanen dan cara pemeliharaannya pun tidak sulit.

 

Melihat berbagai keuntungan di atas, tentu baja memiliki banyak ketertarikan tersendiri untuk dipilih sebagai material bahan bangunan. Sebagai pembuat struktur atap, baja memiliki sebuah jenis bahan yang disebut baja ringan. Dalam memilih baja ringan ini, tentu saja Anda perlu memilih kualitas baja yang berkualitas. Oleh sebab itu, sebelum membeli baja Anda perlu tahu cara memilih baja yang tepat.

 

Pertimbangkan mereknya

Tidak dapat dipungkiri, merek merupakan salah satu tolok ukur yang bisa diandalkan dalam pemilihan sebuah produk, terutama baja ringan. Meski harganya terasa sedikit lebih mahal, namun kualitas tentu sebanding dengan harga yang ditawarkan. Biasanya atap baja ringan yang lebih mahal akan jauh lebih awet.

 

Pertimbangkan elastisitasnya

Ciri dari baja ringan yang baik adalah bobotnya yang ringan. Tidak terlalu keras dan lentur. Untuk mengujinya, Anda bisa pegang baja ringan dan kemudian coba lenturkan. Jika tingkat kelenturannya tidak terlalu tinggi, maka bisa dikatakan kualitas baja ringan tersebut cukup baik.

 

Pilih ketebalan yang ideal

Baja ringan yang baik tentu memiliki kriteria khusus, seperti ketebalan yang ideal. Ketebalan yang ideal yakni sekitar 0,75 mm. Ukuran ini merupakan ukuran yang ideal menerut SNI. Dengan ketebalan yang ideal ini tentu akan semakin memudahkan Anda dalam pemasangannya.

 

Pilih jenis baja ringan yang paling sesuai

Pada prinsipnya baja ringan memiliki dua jenis, yakni galvanize dan zincalume. Keduanya umum digunakan oleh para tukang, namun untuk kualitasnya, jenis zincallume cenderung lebih sering dipilih karena dipercaya memiliki kualitas yang lebih baik.

 

Jika Anda ingin membangun dengan baja ringan, sebaiknya konsultasikan dulu Bersama SBJ! Sebab Anda bisa mendapatkan kualitas baja ringan yang terbaik dengan harga yang nggak dicurangin. Kadang selisih harga hanya sedikit saja, hasilnya bisa membuat Anda menyesal nantinya. Semoga bermanfaat!

 

Lihat daftar harga terbaru Baja Ringan di sini: bestseller.superbangunjaya.com/best-product/baja-ringan/

LEAVE A COMMENT